Nutrisi Vitamin D untuk Bantu Jaga Kadar Kalsium

Share dan Tag Temanmu di :

Vitamin D merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menjaga kadar fosfat dan kadar kalsium. Larut dalam lemak, vitamin ini dibutuhkan untuk membantu tubuh menyerap kalsium dimana kalsium itu sendiri memiliki fungsi untuk melindungi dan membentuk struktur gigi dan tulang. Nutrisi vitamin D untuk bantu jaga kadar kalsium bisa kita dapatkan dari sumber vitamin D, seperti sinar matahari yang diserap lalu diolah oleh kulit. Sementara jika dari makanan, vitamin D bisa didapat dari sarden, telur, tuna, salmon, serta susu.


Defisiensi atau kekurangan vitamin D bisa menyebabkan rakhitis yang terjadi pada anak-anak. Rakhitis merupakan pelunakan dan pelemahan tulang. Pada orang dewasa yang kekurangan vitamin D, risikonya bisa terjadi osteomalasia yakni melemahnya tulang. Orang-orang yang rentan mengalami kekurangan vitamin D adalah bayi, ibu hamil, balita, serta lansia di atas 65 tahun. Pencegahan bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi suplemen vitamin D.


Obat yang berbentuk tablet, kapsul, maupun obat cair bisa dikonsumsi baik oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Meski bisa dibeli secara bebas dan tersedia dalam berbagai merk, namun obat ini harus hati-hati jika dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui terutama mereka yang berisiko terkena hipertensi. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa membahayakan kesehatan bayi. Mereka yang menderita penyakit ginjal juga harus berhati-hati dalam mengonsumsinya karena vitamin D yang berlebihan bisa membuat ginjal rusak.

Dosis nutrisi vitamin D untuk bantu jaga kadar kalsium secara umum ada pada angka 25 mikrogram setiap hari. Namun dosis juga disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien, tingkat keparahan defisiensi, dan umur. Untuk dosis anak-anak, tanyakan pada dokter. Gunakan suplemen vitamin D sesuai dengan anjuran dokter dan sebelum meminumnya, baca terlebih dahulu keterangan pada kemasan. Suplemen vitamin D bisa dikonsumsi dengan makanan atau dikonsumsi setelah makan. Jika lupa mengonsumsinya, segera meminumnya begitu ingat. Tidak dianjurkan untuk menggandakan dosis jika dosis sebelumnya terlewat.

Jika dikonsumsi dengan dosis yang benar, suplemen nutrisi vitamin D untuk bantu jaga kadar kalsium tidak akan menyebabkan efek samping. Namun jika terlalu banyak, bisa menyebabkan beberapa efek samping berikut ini seperti tidak nafsu makan, mual dan muntah, sensasi rasa logam dalam mulut, mulut kering, hingga sakit kepala. Pastikan untuk membaca terlebih dahulu bahan yang terkandung dalam setiap suplemen. Sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari satu suplemen yang mengandung vitamin D dalam waktu yang bersamaan. Hal ini dilakukan agar over dosis bisa dihindari.


By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 28 Juli 2016 14:53:10

Related Post :
Ibu Dan Anak
Cara Cepat Menumbuhkan Rambut…

Cara cepat menumbuhkan rambut…

Penyakit
Penyebab Hipertensi Sekunder dan…

Penyebab hipertensi sekunder dan…

Ibu Dan Anak
Bedanya Mastitis, Saluran Air…

Ada beberapa hal yang…

Alami
Cara Alami Mengatasi Penuaan…

Berikut adalah beberapa cara…

Kesehatan
Ini Bahaya Mata Minus…

Ini bahaya mata minus…

Tips
Memiliki Pipi Tembem? Kecilkan…

Memiliki pipi tembem memang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Jenis Makanan Pembakar Lemak Tubuh Paling Cepat Yang Ampuh

Daftar makanan pembakar lemak berikut…

Kesehatan
Penyebab Sakit Leher Belakang Sebelah Kanan Dan Kiri

Berbagai penyebab sakit leher belakang…

Kesehatan
Kenali Berbagai Gejala Kanker Pankreas Berikut Ini

Mengenal kanker pankreas lengkap dengan…

Kirim Pertanyaan
Top