Nutrisi Vitamin D untuk Bantu Jaga Kadar Kalsium

Vitamin D merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menjaga kadar fosfat dan kadar kalsium. Larut dalam lemak, vitamin ini dibutuhkan untuk membantu tubuh menyerap kalsium dimana kalsium itu sendiri memiliki fungsi untuk melindungi dan membentuk struktur gigi dan tulang. Nutrisi vitamin D untuk bantu jaga kadar kalsium bisa kita dapatkan dari sumber vitamin D, seperti sinar matahari yang diserap lalu diolah oleh kulit. Sementara jika dari makanan, vitamin D bisa didapat dari sarden, telur, tuna, salmon, serta susu.


Defisiensi atau kekurangan vitamin D bisa menyebabkan rakhitis yang terjadi pada anak-anak. Rakhitis merupakan pelunakan dan pelemahan tulang. Pada orang dewasa yang kekurangan vitamin D, risikonya bisa terjadi osteomalasia yakni melemahnya tulang. Orang-orang yang rentan mengalami kekurangan vitamin D adalah bayi, ibu hamil, balita, serta lansia di atas 65 tahun. Pencegahan bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi suplemen vitamin D.


Obat yang berbentuk tablet, kapsul, maupun obat cair bisa dikonsumsi baik oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Meski bisa dibeli secara bebas dan tersedia dalam berbagai merk, namun obat ini harus hati-hati jika dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui terutama mereka yang berisiko terkena hipertensi. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa membahayakan kesehatan bayi. Mereka yang menderita penyakit ginjal juga harus berhati-hati dalam mengonsumsinya karena vitamin D yang berlebihan bisa membuat ginjal rusak.

Dosis nutrisi vitamin D untuk bantu jaga kadar kalsium secara umum ada pada angka 25 mikrogram setiap hari. Namun dosis juga disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien, tingkat keparahan defisiensi, dan umur. Untuk dosis anak-anak, tanyakan pada dokter. Gunakan suplemen vitamin D sesuai dengan anjuran dokter dan sebelum meminumnya, baca terlebih dahulu keterangan pada kemasan. Suplemen vitamin D bisa dikonsumsi dengan makanan atau dikonsumsi setelah makan. Jika lupa mengonsumsinya, segera meminumnya begitu ingat. Tidak dianjurkan untuk menggandakan dosis jika dosis sebelumnya terlewat.

Jika dikonsumsi dengan dosis yang benar, suplemen nutrisi vitamin D untuk bantu jaga kadar kalsium tidak akan menyebabkan efek samping. Namun jika terlalu banyak, bisa menyebabkan beberapa efek samping berikut ini seperti tidak nafsu makan, mual dan muntah, sensasi rasa logam dalam mulut, mulut kering, hingga sakit kepala. Pastikan untuk membaca terlebih dahulu bahan yang terkandung dalam setiap suplemen. Sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari satu suplemen yang mengandung vitamin D dalam waktu yang bersamaan. Hal ini dilakukan agar over dosis bisa dihindari.


By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 28 Juli 2016 14:53:10

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Sakit perut saat haid apakah berbahaya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya sering kali sakit perut atau kram saat haid berlangsung mulai dari pertama kali saya mengalami menstruasi. Namun biasanya nyeri itu hanya berlangsung 1-2 hari pertama haid. Namun, beberapa bulan…

  • Buat Obat infeksi paru-paru

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah bisa buat obat infeksi paru-paru untuk anak-anak ?...

  • menyembuhkan suara serak

    1 Balasan

    Kesehatan

    apakah yang harus dilakukan bila suara serak dalam seminggu tidak dapat sembuh?

  • makanan untuk otak

    1 Balasan

    Kesehatan

    makanan apa yang cocok untuk mengisi nutrisi otak ? trima kasih

  • makanan apa saja yang sehat baik untuk kesehatan ginjal

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya mau tanya, harus mengkonsumsi makanan apa agar ginjal saya tetap sehat dan terhindar dari penyakit ginjal? ditunggu jawabannya terimakasih..


Kesehatan
6 Gangguan Pernafasan yang Tidak Boleh Diabaikan

Meskipun terlihat sepele, namun sebaiknya…

Kesehatan
Kesehatan
Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Polip Rahim

Selain mengonsumsi obat polip rahim,…

Tambah Pertanyaan
Top