Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penyebab Vagina Berbau Tak Sedap

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab vagina berbau tak sedap pada umumnya bisa di sebabkan oleh beberapa faktor kesehatan tubuh, hingga beberapa kebiasaan yang mungkin tidak anda sadari sebelumnya. Adapun untuk memastikannya, sebaiknya anda menyimak informasi berikut ini.


Setiap wanita pastinya memiliki aroma vagina yang unik dan berbeda antara satu wanita dengan yang lainnya. Dan semua itu normal, tanpa harus di ributkan. Akan tetapi, jika anda secara tiba-tiba menyedari bahwa aroma yang timbul dari vagina anda menjadi lebih menusuk hidung bahkan berbau busuk, mungkin saja itu sebagai pertanda adanya masalah pada kesehatan vagina anda.

Namun, bau tak sedap yang timbul dari vagina juga timbul dari kurangnya kebersihan pribadi, pemilihan pakaian dan berbagai kesalahan umum lainnya yang di lakukan oleh wanita, yang mungkin tidak di sadari sebelumnya oleh mereka.

Kebiasaan buruk yang menjadi penyebab vagina berbau tak sedap

1. Jarang mencuci vagina

Meski vagina memiliki sistem pembersihan otomatis berupa lendir yang di produksi oleh leher rahim, namun hal tersebut bukan berarti anda bisa absen membersihkan vagina. Terutama setelah berkeringat dari olahraga, selama menstruasi, ketika mengalami banyak keputihan hingga setelah melakukan hubungan seks. Adapun menjaga kebersihan pribadi sendiri sangatlah penting, salah satunya untuk menghindari masalah vagina bau.

2. Menggunakan vaginal douche

Vaginal douche adalah aktivitas mencuci atau membilas bagian dalam vagina, dengan penyemprot berisi air yang di campur dengan komponen lainnya seperti baking soda, cuka, yodium hingga parfum. Aktivitas ini sendiri bertujuan untuk melawan infeksi pada vagina. Namun praktik ini sendiri malah lebih meningkatkan resiko pertumbuhan bakteri dan juga infeksi pada vagina yang terkait dengan vagina yang bau.

3. Salah menggunakan celana dalam

Pemakaian celana dalam yang terlalu ketat tak jarang menyebabkan freskuensi gesekan menjadi lebih sering, sehingga berbagai masalah bisa bermunculan mulai dari iritasi hingga rambut yang tumbuh ke dalam. Selain itu, pemakian celana dalam yang terlalu ketat juga menyebabkan vagina berpotensi menjadi tempat yang ideal untuk berkembangnya ekosistem jamur dan bakteri, yang tak hanya menyebabakan bau sekitar vagina juga mengancam kesehatan vagina.

4. Membilas dari belakang ke depan

Kebiasaan yang satu ini juga pastinya tidak sedikit di lakukan oleh para wanita. Sebaba menyeka dari bokong ke depan akan memindahkan berbagai macam bakteri asing ke dalam vagina. Sehingga akibatnya tak jarang bau tak sedap pun muncul dari vagina.

5. Jarang mengganti pembalut

Pada saat haid, banyak dari pakar kesehatan yang menyarankan untuk mengganti pembalut setiap 4-6 jam sekali. Dan itu adalah salah satu praktik kebersihan yangg baik, supaya dapat mencegah vagina berbau anyir dan juga tidak sedap. Karena pembalut sendiri nyatanya bersifat lembab dan mengangkut organisme asing dan keringat dari alat kelamin anda, sehingga jika orgaganisme menetap di tempaty yang lembab terlalu lama maka maka cenderung akan berkembang biak  dan menyebabkan masalah seperti infeksi saluran kemih, infeksi vagina shingga vagiana menjadi berbau tak sedap.

6. Berlama-lama mnggunakan baju renang yang basah

Kebanyakan kolam renang menggunakan klorin yang berfungsi untuk membunuh bakteri dalam air. Namun di samping itu, jika anda menggunakan baju renang yang lembab dalam waktu yang lama, bisa saja sisa klorin yang menempel di bahan kain masuk terlalu dalam ke vagina sehingga membunuh koloni bakteri baik yang seharusnya membuat vagina menjadi sehat. Sehingga tak heran jika seandainya berbagai permasalahan muncul pada vagina, mulai dari iritasi hingga munculnya bau tak sedap di vagina.

7. Terburu-buru menggunakan pakaian setelah mandi

Pada umumnya, setalah selesai mandi orang menggunaklan handuk setengah hari, cepat-cepat memakai baju dan berangkat bekerja. Namun, berpakaian lengkap sebelum sepenuhnya badan kering ternyata tidak baik untuk kesehatan vagina anda. Dan menggunakan celana dalam saat anda setengah kering sama saja dengan anda membiarkan daerah vagina menjadi ladang bakteri dan jamur. Sehingga selain dapat menimbulkan bau tak tak sedap juga dapat menimbulkan infeksi.

8. Mengonsumsi makanan penyebab vagina bau

Kebiasaan buruk yang mungkin tamnpa anda ketahui mampu menjadi pemicu vagina berbau tak sedap adalah mengonsumsi makanan tertentu. Adapun beberapa jenis makanan yang di anggap dapat meubah aroma vagina hingga menimbulkan bau tak sedap pada vagina adalah daging merah, susu, produk susu serta alkohol yang berlebihan.

Adapun selain dari itu dari pada itu, beberapa masalah kesehatanpun bisa menjadi faktor munculnya baroma tidak sedap dari dalam vagina, seperti vaginosis bakterialis, pnyakit menular seksual trichomoniasis hingga penyakit yang tergolong berbahaya seperti penyakit kanker vagina, kanker serviks dan fitsula rektovaginal. Untuk berbagai permasalahan tersebut, selain bau tidak sedap juga sering kali di iringi dengan gejala lainnya. Untuk memastikan di sarankan untuk segera memeriksakan diri anda ke pusat kesehatan terdekat.

Namun secara garis besar, kurangnya menjaga kebersihan daerah kewanitaan menjadi penyebab utama timbulnya vagina berbau. Anda bisa menjaga kebersihan kewanitaan anda dengan beberapa cara di bawah ini:

  • Menjaga kebersihan miss V dengan benar. Seperti rajin mengganti pembalaut saat menstruasi, hindari penggunaan pantyliners di luar masa mentruasi, menyeka dari depan kebelakangan dan lainnya,.
  • Memperhatikan kelembaban miss V. Seperti dengan menghindari penggunaan celana ketat dan menggunakan celana dalam berbahan katun.
  • Hindari pemakaian cairan pembersih vagina. Lantaran penggunaan caira pembersih vagina ini dapat menurunkan pH atau tingkat kelembaban pada vagina, sehingga dapat memicu pertumbuhan bakteri atau jamur di vagina.

Bagi anda yang kini yang tengah mengalami masalah bau tidak sedap, sehingga membuat anda menjadi kurang percaya terlebih di depan seuami, jangan khawatir lagi. Karena kini telah hadir produk kewanitaan pertama berbahan herbal secara menyeluruh dan di olah dengan menggunakan nano teknologi, yang dapat menuntaskan masalah vagina bau tidak sedap yakni Walatra Bersih Wanita Kapsul. Informasi selengkapnya terkait produk tersebut, anda bisa klik Walatra Bersih Wanita.

Terimakasih telah menyimak informasi hingga selesai terkait berbagai kebiasaan buruk yang jadi penyebab vagina berbau tidak sedap.  Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

By Nida Saripah - Kewanitaan Kamis, 09 November 2017 13:35:20

Related Post :
Kesehatan
Efek Samping Operasi Caesar…

Selain efek samping jangka…

Ibu Dan Anak
Ternyata Anak Juga Bisa…

Bukan hanya pada orang…

Manfaat
Manfaat Akupuntur Terapi Tusuk…

Manfaat akupuntur terapi tusuk…

Daun
Segudang Kebaikan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Kesehatan
Mengenal Berbagai Gejala Abses…

Informasi tentang abses payudara…

Obat Kimia
Obat Oles Gatal Kutu…

Obat oles gatal kutu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…

  • darah haid menggumpal tanda penyakit apa ?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    darah haid saya menggumpal sebesar ibu jari kurang lebih itu pertanda penyakit apa ya ? saya takut tidak bisa punya anak


Kewanitaan
Kewanitaan
Tanda-Tanda Penuaan Dini Pada Wanita Ini Patut Di Waspadai!

Berikut adalah tanda-tanda penuaan dini…

Kewanitaan
Tanda dan Gejala Menopause Dini Pada Wanita

Tanda dan gejala menopause dini…

Kirim Pertanyaan
Top