Apa Benar Micin Bisa Bikin Bodoh? Ketahui Fakta Berikut!

Share dan Tag Temanmu di :

Agar masakan menjadi lebih nikmat, tidak sedikit orang yang menambahkan berbagai jenis bumbu, mulai dari rempah-rempah, garam, kaldu bubuk, bahkan penyedap rasa micin atau MSG. Namun, mungkin Anda pernah mendengar mengenai micin yang bisa menyebabkan bodoh. 

Hal ini memang sering kali diungkapkan oleh banyak orang. Bahkan, tidak sedikit pula masyarakat yang menghindari menggunakan micin karena bisa membawa dampak negatif bagi tubuh, salah staunya adalah bisa membuat kita menjadi bodoh. Tapi, apa benar micin bisa bikin bodoh ?


Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Nutrition, disebutkan bahwa meskipun ada penelitian yang membuktikan bahwa dampak MSG bisa menyebabkan kerusakan otak, namun penelitian ini memiliki kelemahan yang mendasar. 

Kelemahan pertama adalah subjek penelitian yang berupa tikus atau primata bukannya manusia yang memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda, dan dengan dosis yang terlalu tinggi jika dibandingkan dengan yang dikonsumsi oleh manusia. Selain itu, kadar MSG yang diberikan pada sukjek penelitian juga disuntikkan, dan bukan dikonsumsi secara langsung dari makanan. 

Pakar kesehatan Leona Victoria Djajadi menyebutkan bahwa sampai saat ini belum ada buktiilmiah yang menyebutkan bahwa anak akan menjadi bodoh karena mengonsumsi micin terlalu banyak. Hanya saja, jika ada orang yang mengalami hipersensitif pada micin sehingga mengalami gejala seperti gatal-gatal, pusing, mual, keringat dingin, atau bahkan perubahan perilaku menjadi hiperaktif atau ADHD, hal ini benar adanya. 

Fakta Seputar Micin yang Perlu Diketahui dan Rekomendasi Penggunaannya

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini fakta seputar micin yang perlu diketahui :

Micin memang sering disebut dapat membawa dampak negatif terhadap tubuh. Tidak hanya bisa menurunkan kecerdasan, micin juga disebut-sebut bisa menyebabkan kemandulan, obesitas, diabetes, hingga kanker. Namun, hal ini tidak bisa mencegah penyebaran dan penggunaan micin dalam makanan yang sering dikonsumsi setiap harinya. 

Meskipun sering disebut memiliki dampak negatif, ternyata micin sebenarnya mengandung zat yang sering disebut sebagai glutamat. Glutamat adalah asam amino yang diperlukan tubuh karena perannya dalam membentuk protein. 

Selain membantu pengiriman sinyal-sinyal dalam otak, glutamat juga dapat membantu fokus, ingatan, serta konsentrasi. Ternyata glutamat juga bisa memudahkan kita dalam mempelajari hal-hal baru. Selain itu, glutamat sendiri memang merupakan zat yang bisa membuat makanan menjadi semakin lezat, karena merupakan penyedap rasa alami.

Meskipun terdengat aman, namun tetap saja akan menjadi berbeda jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, WHO sudah menetapkan batas aman konsumsi micin perharinya.

Menurut WHO, jumlah micin yang aman dikonsumsi yaitu tidak lebih dari 6 gram per hari. Sedangkan, Menkes RI merekomendasikan batas aman micin sebanyak 5 gram. 

Dengan mengetahui informasi seputar fakta micin tersebut, kini Anda tidak perlu khawatir lagi dengan isu micin yang bisa menyebabkan menurunnya kecerdasan. Selama penggunaannya tepat dan sesuai dengan yang direkomendasikan, maka micin aman untuk dikonsumsi. Namun, jika Anda mau, menjauhkan micin dari makanan akan jauh lebih baik.

Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 10 November 2017 11:00:30

Related Post :
Penyakit
Diagnosis Kanker Hati Dan…

Diagnosis kanker hati sangat…

Manfaat
Jenis-jenis Buah Berry Dan…

Banyak sekali buah-buahan yang…

Manfaat
Manfaat Daun Apel yang…

Bukan hanya buah apel…

Alami
Khasiat Manfaat Air Kelapa…

Buah Multiguna Bernama Kelapa…

Kesehatan
Ini Penyebab Rambut Beruban…

Ini dia penjelasan lengkap…

Obat Cina
Obat Herbal Kanker Hati…

Obat herbal kanker hati…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
Gejala Penyebab Dan Pengobatan Hepatitis A

Gejala penyebab dan pengobatan hepatitis…

Kesehatan
Ini Ragam Makanan Berwarna Hitam Yang Bisa Dikonsumsi

Beragam makanan berwarna hitam dan…

Kesehatan
Gejala dan Penyebab Kanker Lidah yang Patut Diwaspadai

Mengetahui dan mewaspadai gejala serta…

Kirim Pertanyaan
Top