Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Share dan Tag Temanmu di :

Hingga saat ini makanan yang sering dikonsumsi oleh semua masyarakat baik itu pria apalagi wanita yaitu mie instan karena dapat mengganjal perut saat lapar atau dikonsumsi saat waktu musim hujan atau waktu tertentu bahkan sebagian orang mie instan sebagai makanan pokok atau sarapan karena tak sempat memasak.


Lalu bolehkah bumil makan mie instan?? Semua makanan yang instan seperti mie tidak masalah dikonsumsi oleh ibu hamil asal tidak berlebihan bahkan dijadikan makanan pokok setiap hari karena didalam mie instan terdapat kandungan kimia yang cukup tinggi. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai komposisi yang ada pada mie instan.

Mie instan memiliki komposisi kandungan seperti mineral, berbagai jenis vitamin, kalori, protein rendah, lemak, dan serat yang baik untuk tumbuh kembang janin dan calon ibu namun kandungan garam yang cukup tinggi pada mie instan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan keluhan kaki bengkak serta berbagai keluhan kesehatan lainnya.

Kemudian komposisi yang cukup bahaya lainnya pada mie instan yaitu Mono Sodium Glutaman (MSG) yang dapat menyebabkan reaksi hipersensitif seperti lemas, sakit kepala, mual dan muntah. Memang sangat tepat mie instan bisa dijadikan sebagai pengganjal perut namun karena memiliki bahaya bagi ibu hamil sehingga harus menghindari mie instan.

Berikut ini ada beberapa dampak negatif jika ibu hamil terlalu sering makan mie instan, diantaranya :

  • Membahayakan janin dalam kandungan

Jika terlalu banyak mengkonsumsi mononatrium glutamat atau MSG bahan pada mie instan maka dapat menimbulkan mual muntah, lemas, sehingga menyebabkan dampak negatif berbahaya pada janin yang dikandung maka calon ibu hatus memperhatikan asupan gizi dari makanan yang masuk kedalam tubuh.

  • Menyebabkan obesitas pada ibu hamil

Ketika masa kehamilan calon ibu tentu akan mengalami perubahan fisik terutama pada bagian tubuh karena berat tubuh ditambah dengan janin dalam kandungan namun asupan gizi juga harus diperhatikan saat makan karena akan mempengaruhi pada berat badan salah satunya seperti obesitas. Hal tersebut diperkuat dengan adanya kandungan garam dan lemak yang cukup tinggi pada mie instan jika kedua zat tersebut dikonsumsi berlebihan maka dapat menyebabkan obesitas pada ibu hamil. Maka dari itu, boleh sesekali saja ibu hamil mengkonsumsi mie instan dalam setiap bulannya asalkan jangan berlebihan dan perlu anda ingat juga jangan pernah mie instan dijadikan sebagai makanan pokok karena cukup berbahaya bagi janin dalam kandungan dan calon ibu.

Efek samping ibu hamil makan mie instan dalam jangka panjang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti nyeri diseluruh tubuh, asma, hipertensi, bahkan hingga kanker. Dan yang lebih parah jika masih mengkonsumsi akan berdampak buruk pada tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Berikut ini ada beberapa tips mengkonsumsi mie instan bagi ibu hamil yang patut dicoba, seperti :

1. Ketika merebus mie instan usahakan gunakan 2 kali takaran air yang dianjurkan setelah selesai angkat mie dan buang air rebusannya. Jika memasak mie yang berkuah gunakan air rebusan baru agar zat bahaya yang ada dalam kandungan dari hasil rebusan mie instan tidak tercampur dengan mie yang akan dikonsumsi.

2. Masukan kembali mie yang telah ditiriskan dan masukan air yang sudah panas supaya rasa dari mie tidak hilang.

3. Tambahkanlah toping lain yang lebih sehat seperti ikan, sayuran, tomat, ayam, dan telur agar dapat nutrisi yang cukup. Selain dapat rasa yang lebih enak, dampak negatif dapat dikurangi karena toping tersebut mengandung gizi yang cukup baik bagi ibu hamil.

4. Usahakan ketika mengonsumsi mie instan jangan menggunakan wadah plastik karena jika mie terlalu panas dan leleh maka dapat beresiko bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan.

Jadi kesimpulannya, bahwa calon ibu boleh makan makanan cepat saji namun jangan berlebihan atau terlalu banyak, dan dianjurkan lebih baik mengkonsumsi makanan yang lain yang memiliki gizi cukup tinggi. Semoga bermanfaat.

By Ana Rediana - Ibu Hamil Jum'at, 10 November 2017 15:12:09

Related Post :
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Blewah adalah buah yang…

Kesehatan
Metode Pengobatan Ayurveda Dari…

Ayurverda biasa dikenal oleh…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Tips
Cara Melakukan Olahraga Mata…

Layaknya tubuh, mata juga…

Kesehatan
Anjuran Makanan Yang Bagus…

Berikut adalah anjuran makanan…

Kesehatan
Penyebab dan Cara Mengatasi…

Hidung mampet sering kali…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Ibu Hamil
Mengenali Penyebab Keguguran pada Ibu Hamil

Keguguran sangat identik dan rentan…

Ibu Hamil
Kenali Ciri Air Ketuban Merembes dan Waspadai Bahayanya

Kenali ciri air ketuban merembes…

Kirim Pertanyaan
Top