Susu Kambing Dan Manfaatnya Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Susu kambing dan manfaatnya yang beragam untuk kesehatan bukanlah rahasia umum lagi. Hal tersebut  lantaran selain mengandung kalsium yang tinggi, susu kambing juga di perkaya dengan berbagai elemen senyawa dan nutrisi alami lainnya. Sehingga tak jarang susu inipun di sebut-sebut memiliki khasiat kyang luar biasa untuk tubuh.


Hampir semua orang pastinya suka mengonsumsi susu. Baik itu anak, dewasa bahkan pada ibu hamil sekalipun. Karena selain menyehatkan, susu juga merupakan sumber kalsium yang mampu membantu pertumbuhan dan menguatkan tulang. Dan susu sapi umumnya menjadi pilihan utama jenis susu yang sering di konsumsi masyarakat. Karena selain mudah di dapatkan dalam berbagai kemasan, banyak masyarakat juga yang menganggap bahwa susu sapi adalah satu-satunya jenis susu yang memiliki kandungan nutrisi terlengkap untuk kesehatan.

Namun, tahukah anda? selain dari pada susu sapi, masih banyak jenis susu yang tak kalah menyehatkan untuk di konsumsi. Salah satu diantaranya adalah susu kambing. Seperti hanyanya yang kita ketahui bersama, Susu kambing adalah susu yang di hasilkan oleh kambing betina setelah melahirkan dalam jangka waktu 0-3 hari. Susu yang di hasilkan pun merupakan susu kolostrum yang sangat kaya akan zat gizi jika di bandingkan dengan susu sapi.

Maka dari itu, banyak dari pada ahli yang menyebutkan bahwa susu kambing sendiri memiliki struktur yang hampir sama dengan ASI. Sehingga tak sdikit yang mengklaim bahwa susu kambing adalah susus no dua setelah Air Susu Ibu. Meski demikian manfaat ASI tetap yang paling utama dan no 1.

Sama seperti halnya susu sapi, susu yang di ambil dari kambing perah juga terdiri dari komposisi berupa air, hidrat arang, energi KCL, protein, kalsium, P dan lemak. Dan menurut beberapa sumber terpercaya, dapat di simpulkan bahwasannya kandungan susu kambing kaya akan mineral yang lengkap dan sangat baik untuk kesehatan. Diantaranya adalah:

  • Zincum (Zn)
  • Mineral alkaline
  • Zat flourine dan betaksein
  • Kandungan A2-betakasein dan asam amino essensial
  • Cynokabalamin
  • Kalium (K)
  • Enzim xanthine oxydase dan niasin (vit. B3)
  • Kalsium
  • Kandungan MCT (Medium Chain Trygliseride)
  • Lactoglulin
  • Mineral
  • Belerang metionin
  • Antioksidan
  • Zinc dan antioksidan
  • Riboflavin (Vit B2 & B3)
  • Lactoferrin (LF), lactoperoxidase, lysozyme dan peptide

Dari berbagai kandungan senyawa tersebut, tentunya tidak mengherankan apabila susu ini tak hanya menyehatkan juga memberikan manfaat untuk kesehatan. Lalu, apa saja khasiat susu sapi bagi kesehatan? Untuk mengetahui informasi lebih detailnya, simak terus ya informasi berikut sampai selesai!

Susu kambing dan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan tubuh

Semakin hari pengguna susu kambing susu kambing di ketahui semakin meningkat. Bahkan untuk memenuhi keinginan konsumen, layaknya pada susu sapi, susu ini juga tak hanya tersedia dalam susu kambing cair murni melainkan juga telah tersedia dalam berbagai varian bentuk seperti full cream dan juga susu bubuk.

Beberapa diantara merek susu kambing yang kini tengah di minati  adalah susu kambing etawa, gomars dan skygoat. Mereka mengonsumsinya bukan tanpa tanpa alasan. Karena selain menyehatkan, beberapa sumber dan tidak sedikit para ahli yang mengutarakan bahwa susu kambing memiliki berbagai manfaat seperti berikut.

1. Sumber kalsium dan antioksidan

Tak berbeda jauh seperti susu sapi, susu kambing juga nyatanya di perkaya akan kandungan kalisum dan fosfor yang bermanfaat sebagai pembentukan tulang. Selain itu, di dalamnya juga terkandung senyawa zinc dan juga mineral yang merupakan antioksidan untuk mencegah penyakit saraf.

2. Baik untuk sistem pencernaan

Menurut penelitian para ahli di Journal of American medicine, susu kambing adalah asupan susu yang paling lengkap kandungannya. Selain itu, kandungannya yang sangat berssahabat dengan lambung, menjadikan susu ini sangat mudah di cerna oleh tubuh. Sistem pencernaan setidaknya memerlukan waktu hanya 20 menit untuk mencerna susu kambing dan sekitar 2-3 jam untuk berhasil mencerna susu sapi.

3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Seperti apa yang telah di sampaikan sebelumnya bahwa susu dari kambing merupakan sumber kalsium yang melimpah. Dan kalsium yang terdapat di dalam susu kambing sendiri di ketahui sangat bermangaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi khsusnya pada balita dan anak. Adapun untuk dewasa hingga lansia, kalisum sendiri sangat baik untuk mencegah osteoporosis tulang linu, nyeri sendi dan lainnya.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Di dalam susu kambing juga di ketahui terdapat kandungan flourine yang lebih banyak dari pada susu sapi. Bahkan menurut penelitian, jumlah flourin yang terdapat di dalam susu kambing 10-100 kali kandungan florine pada susu sapi. senyawa ini sendiri di ketahui mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

5. Membantu mengatasi gangguan pernafasan

Kandungan flourin dan betakasein yang terdapat di dalam susu kambing di ketahui sangat baik untuk mengobati berbagai gangguan pernapasan seperti sesak napas, asma, TBC, flek paru dan lainnya. Hal tersebut telah banyak di buktikan oleh mereka yang telah mengonsumsi susu kambing secara teratur.

6. Meningkatkan kesuburan reproduksi

Banyak hal yang dapat menjadi faktor adanya masalah pada kesuburan dan gangguan repropduksi. Mulai dari usia, kelainana alat reproduksi hingga kurangnya asupan nutrisi bagi tubuh. Namun dengan berbagai nutrisi lengkap yang terdapat di dalam susu kambing di percaya baik untuk kesuburan, karena mampu meningkatkan sistem reproduksi pada wanita serta meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma pada pria.

7. Tidak menyebabkan alergi

Ini merupakan salah satu keunggulan dari susu kambing. Sehingga bagi anda yang memiliki alergi dengan laktosa pada susu sapi, susu ini bisa menjadi pilihan alternatifnya, Karena susu kambing sendiri di klaim tidak menyebabkan alergi maupun diare dan juga perut yang melilit.

8. Sebagai antiseptik alami

Tak hanya mampu meningktakan kekebalan tubuh, senyawa flourin yang melimpah di dalam susu kambing juga berfungsi sebagai antiseptik alami yang dapat menekan perkembang biakan bakteri jahat yang bersarang di dalam tubuh.

9. Menormalkan tekanan darah

Meski pada dasarnya daging kambing bersifat panas dan dapat menyebabakan hipertensi, namun berbeda susunya malah dapat mentralkan tekanan darah. Dengan kandungan kalium (postassium) yang terkandung di dalamnya justru mampu menormalkan tekanan darah, sehingga sangat baik di konsumsi oleh penderita tekanana darah tinggi atau hipertensi maupun penderita hipotensi atau tekanan darah rendah.

10. Menjaga kesehatan jantung

Meski banyak yang menyebutkan bahwa susu dapat mengatasi penyakit jantung, namun menurut kami itu kurang tepat. Adapun yang lebih tepatnya adalah sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung bukan mengobatinya. Kandungan kaliumnya yang mampu menormalkan tekanan darah sangat baik untuk me jaga kesehatan jantung. Dengan baiknya kesehatan jantung dan peredaran darah yang lancar di dalam tubuh, menjadikan tubuh dapat terhindar dari penyakit stroke.

11. Baik untuk kesehatan ibu hamil

Susu kambing boleh di konsumsi oleh ibu hamil? Dan jawabannya adalah boleh bahkan manfaat susu kambing untuk ibu hamil sangat di anjurkan. Hal tersebut di karenakan kalsium yang terkandung di dalam susu kambing 6x lebih tinggi di bandingkan pada susu sapi. Dimana kalsium sendiri nyatanya sangat di butuhkan oleh ibu hamil terutama yang telah memasuki usia kandngan 6 bulan ke atas untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

12. Meningkatkan produksi ASI

Mengonsumsi susu kambing setiap hari juga di ketahui dapatt meningkatkan kualitan dan kuantitas ASI. Sehingga selain bagi ibu hamil, susu kambing juga dianjurkan bagi ibu menyusui.

13. Mengobati anemia

Susu kambing jika di konsumsi setiap hari juga mampu memperbaiki kondisi anemia zat besi.  Hal tersebut karena susu ini mampu meningkatkan penggunaan zat besi oleh tubuh serta merangsang pembaruan hemoglobin. Dan berbeda dengan susu sapi, susu kambing mampu meminimalisasi interaksi antara kalsium serta zat besi di dalam tubuh. Adapun interaksi kedua zat mineral tersebut bisa menimbulkan efek sling menghambat.

14. Membersihkan usus besar

Di dalam susu kambing juga di ketahui di perkaya dengan oligosaccharides atau senyawa gula yang sederhana. Dan dengan komposisinya yang hampir sama dengan ASI, oligosaccharides dari susu kambing memiliki peranan sebagai probiotik di dalam tubuh kita. Senyawa tersebut ini mampu membersihkan usus besar dari jamur dan bakteri penyakit yang di hasilkan dari sisa makanan.

15. Mencegah dan mengobati penyakit maag

Manfaat susu kambing untuk lambung sendiri di ketahui dari kandungan alkaline, yang mana mampu mencegah dan mengobati penyakit maag. Susu kambing juga sangat baik untuk menurunkan asam lambung yang berlebih.

16. Meningkatkan kecerdasan otak

Riboflavin (Vit B2) dan Vit B3 adalah sal;ah satu nutrisi yang bermanfaat dalam tumbuh kembang sel otak serta sistem saraf. Maka dari itu, mengapa susu kambing ini sangat penting di konsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil, karena untuk meningkatkan kecerdasan anak di dalam kandungan. Selain dapat m,eningkatkan kecerdasan senyawa riboflavin dan vit B3 sendiri di ketahui baik untuk menghindari sakit kepala seperti migrain.

17. Mencegah dan mengobati penyakit diabetes

Kandungan A2-Betakasein dan asam amino essesial yang terdapat di dalam susu kambing di kenal dapat membantu pembentukan insulin yang nyatanya sangat baik untuk penderita diabetes. Namun yang perlu di catat disini adalah, susu kambing yang di gunakan disini adalah raw goat milk susu kambing asli yang masih murni dan fresh dari peternakan serta belum di tambahkan dengan sesuatu apapun.

18. Meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit

Tak hanya untuk kesehatan, susu kambing juga nyatanya baik untuk kecantikan, seperti di jadikan sebagai masker wajah dan lulur. Cara ini sendiri di ketahui mampu menghaluskan kulit, mengecilkan pori-pori, hingga mengatasi berbagai permasalajhan kulit wajah lainnya seperti jerawat. Bahkan saat ini telah banyak beredar sabun susu kambing khusus untuk meningkatkan kecantikan anda.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi fakta seputar manfaat susu kambing bagi kesehatan. Beberapa diantaranya adalah bisa menjadi alternatif pengobatan untuk penyakit rematik, asam urat, liver, hepatitis dan masih banyak lagi yang lainya. Untuk menambah keefektifan khasiatnya, bisanya beberapa orang mengkombinasikan susu ini dengan bahan alami lainnya seperti madu dan juga kurma.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar susu kambing dan manfaatnya yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda juga seputar kesehatan. Salam sehat.

By Nida Saripah - Manfaat Jum'at, 10 November 2017 16:08:11

Related Post :
Penyakit
Telapak Kaki Sering Terasa…

Telapak kaki sering terasa…

Kesehatan
Ini Penyebab Suara Serak…

Selain batuk, ini penyebab…

Kesehatan
8 Cara Untuk Mencegah…

Agar gejala asma tidak…

Kesehatan
Mengetahui Bahaya Penggunaan Penyedap…

Meskipun dapat menambah cita…

Penyakit
Komplikasi Dan Bahaya Sakit…

Ketahui komplikasi dan bahaya…

Kesehatan
Terapi Jus Sayur dan…

Selain dengan mengonsumsi obat-obatan,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat
Mengetahui Kebaikan dan Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Selain bisa meningkatkan nilai ibadah…

Manfaat
Mengenal Keju Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Keju pada dasarnya mempunyai kesehatan.…

Kirim Pertanyaan
Top