Jangan Berlebihan! Ini Bahaya Konsumsi Gula Terlalu Banyak

Share dan Tag Temanmu di :

Sama sepert garam, gula juga termasuk bahan tambahan yang digunakan sebagai penyedap makanan. Bahkan gula juga termasuk salah satu bahan dalam pembuatan kue. Selain itu, gula sering dicampurkan pada minuman seperti kopi dan teh. Sehingga sulit untuk kita menghindari konsumsi gula. Namun, konsumsi gula sewajarnya saja karena bila dikonsumsi terlalu banyak berbahaya bagi kesehatan.


Bahaya Konsumsi Gula Terlalu Banyak

Obesitas

Bahaya terlalu banyak konsumsi gula bagi kesehatan adalah menyebabkan obesitas. Bila anda mengalami obesitas maka harus anda waspadai karena bisa mendatangkan berbagai macam penyakit.

Meningkatkan resiko penyakit jantung

Selain obesitas, bahaya terlalu banyak konsumsi gula untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan serangan jantung. Perlu anda ketahui bahwa serangan jantung bisa menyebabkan dampak buruk termauk kematian.

Menyebakan kerusakan pada gigi

Dampak buruk yang paling sering terjadi akibat mengonsumsi gula terlalu banyak adalah mampu menyebabkan kerusakan gigi dan bisa memunculkan gangguan pada gigi seperti sakit gigi, gigi berlubang.  Oleh karena itu batasi konsumsi gula, terutama anak-anak bila anak anda menyukai konsumsi gula sebaiknya batasi konsumsi gula tersebut.

Menurunkan kemampuan otak

Tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan gigi saja, konsumsi gula secara berlebihan juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan otak dan bisa menyebabkan terjadinya penuaan pada sel-sel otak. Selain itu juga dapat menyebabkan sel-sel otak mengalami penurunan fungsi lebih cepat.

Merusak fungsi hati

Tidak hanya konsumsi alkohol, mengkonsumsi gula terlalu banyak juga bisa menyebabkan kerusakan pada hati. Sebab bisa menimbulkan racun bagi hati. Sehingga tidak hanya terlalu banyak minum minuman alkohol, yang dapat menyebabkan gangguan pada hati juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL)

Bahaya terlalu banyak konsumsi gula bagi kesehatan adalah mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). Selain itu juga mampu meningkatkan trigliserida. Memang konsumsi gula yang terlalu banyak bukan menjadi faktor utama yang menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Karena banyak faktor yang dapat menyebabkan kolesterol jahat. Namun, tidak ada salahnya untuk membatasi penggunaan atau konsumsi gula.

Gangguan kekebalan tubuh

Dampak buruk terlalu banyak konsumsi gula untuk kesehatan adalah dapat memunculkan gangguan kekebalan tubuh. Semakin banyak mengkonsumsi gula, maka kinerja dari sistem kekebalan tubuh juga akan semakin buruk dan akan membuat tubuh mudah terkena penyakit dan berbagai infeksi.

Itulah bahayanya bila konsumsi gula secara berlebihan atau terlalu banyak. Setelah mengetahui bahaya konsumsi gula terlalu banyak, diharapkan bagi anda yang suka mengkonsumsi atau menggunakan gula terlalu banyak untuk mengurangi penggunaan atau mengkonsumsi gula.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Sabtu, 11 November 2017 11:29:38

Related Post :
Penyakit
Faktor Penyebab Timbul Memar…

Faktor penyebab timbul memar…

Obat Kimia
Manfaat Obat Celecoxib Untuk…

Manfaat obat celecoxib untuk…

Kesehatan
Jangan Panik! Inilah Penyebab…

Jangan panik terlebih dahulu!…

Kesehatan
Waspada Leukemia Penyakit Penyebab…

Suami artis Ririn Ekawati…

Penyakit
Penyakit Kardiomegali Penyebab Gejala…

Apa itu penyakit kardiomegali?…

Tips
Cara Efektif Mengatasi Bibir…

Cara efektif mengatasi bibir…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Kesehatan
Kesehatan
Waspada! Ini Bahayanya Bila Sering Mengunyah Es Batu

Meskipun bagi sebagian orang mengunyah…

Kirim Pertanyaan
Top