Obat Untuk Meringankan Gejala Batuk Hingga Sesak Nafas

Terbutaline, Obat Untuk Meringankan Gejala Batuk, Mengi, dan Sesak Nafas

Obat yang tergolong bronkodilator ini biasa dipakai untuk meringankan gejala batuk, mengi, hingga sesak nafas. Terbutaline bekerja dengan melebarkan saluran udara yang menyempit karena gejala-gejala tersebut. Ketika saluran udara melebar, otomatis udara yang masuk ke paru-paru menjadi lebih lancar.


Obat untuk meringankan gejala batuk hingga sesak napas ini tidak hanya tersedia dalam bentuk sirop dan tablet, tetapi juga ada dalam bentuk inhaler dan nebulizer. Untuk yang berbentuk inhaler dan nebulizer biasanya dipakai sebagai penyelamatan pada penderita asma serta penderita penyakit paru obstruktif kronik dengan gejala berupa sesak nafas mendadak karena reaksinya cepat serta efeknya bisa bertahan sampai dengan enam jam. Terbutaline ada pula yang berbentuk suntik. Umumnya diberikan pada penderita asma akut.

Untuk perempuan hamil, dosis harus disesuaikan dengan anjuran dokter. Sementara untuk perempuan yang menyusui dilarang mengonsumsinya. Harap hati-hati jika obat ini dikonsumsi oleh penderita hipertensi, diabetes, hipertiroidisme, dan gangguan jantung. Jika terdiagnosis kekurangan kalium, hati-hati jika mengonsumsi terbutaline yang berbentuk inhaler. Tidak dianjurkan mengonsumsi terbutaline bersama dengan obat-obatan lain termasuk obat herbal. Hal ini dikhawatirkan bisa memberikan efek samping yang berbahaya.

Mengenai dosisnya, di sesuaikan dengan bentuk obat dan usia penderita:

  • Terbutaline yang berbentuk tablet untuk dewasa dan manula, dosis pemeliharaan sebanyak 2,5 miligram tiga kali dalam sehari selama satu sampai dua minggu awal penggunaan. Kemudian dokter biasanya akan menaikkan dosis menjadi 5 miligram untuk tiga kali sehari.
  • Terbutaline berbentuk tablet untuk anak usia 7 sampai dengan 15 tahun, dosis pemeliharaan diberikan 2,5 miligram dua kali dalam sehari. Untuk pasien tertentu, dosis dinaikkan dokter menjadi 2,5 miligram tiga kali sehari.
  • Untuk sirop yang setiap 1 mililiternya mengandung terbutaline 0,3 miligram, dosis pemeliharaan untuk dewasa dan manula biasanya sekitar 10 mililiter tiga kali sehari. Jika perlu, dokter akan menaikkan dosis menjadi 15 mililiter tiga kali sehari.
  • Untuk sirop yang setiap 1 mililiternya mengandung terbutaline 0,3 miligram, dosis pemeliharaan untuk anak-anak biasanya disesuaikan dengan berat badan, yakni 0,25 mliliter untuk tiap kilogram berat badan, sebanyak tiga kali sehari. Dosis maksimalnya adalah 15 mililiter tiga kali sehari. Tidak diperbolehkan lebih dari itu.
  • Inhaler untuk dewasa dan manula yang terkena serangan sesak akut, dosisnya satu sampai empat hisap per hari tergantung dari rekomendasi dari dokter.
  • Inhaler untuk anak-anak, dosisnya harus dikonsultasikan dengan dokter.
  • Suntik untuk dewasa dan manula, dosisnya 0,25 miligram sampai dengan 0,5 miligram sebanyak empat kali sehari.
  • Suntik untuk anak-anak yang berusia 2 sampai 15 tahun, dosisnya disesuaikan berat badan. Takaran yang diberikan umumnya 0,01 mg/kg berat badan. Total dosis tidak boleh lebih dari 0,3 miligram per hari.

Efek samping terbutaline diantaranya adalah jantung berdebar, sakit kepala, merasa gugup dan gemetar, kram otot, serta penurunan kadar kalium dalam darah.

By Nida Saripah - Obat Kimia Jum'at, 29 Juli 2016 11:37:13

Obat Untuk Meringankan Gejala Batuk Hingga Sesak Nafas
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Obat untuk meringankan gejala batuk hingga sesak nafas terbutaline, bisa anda dapatkan di apotik. Dosis berbeda-beda sesuai bentuk obat dan usia penderita.
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Obat Kimia
Efek Samping Penggunaan Obat Nyeri Sendi Jangka Panjang

Efek samping penggunaan obat nyeri…

Obat Kimia
Nama Obat Disfungsi Ereksi Tadalafil di Apotek

Nama Obat Disfungsi Ereksi Tadalafil…

Obat Kimia
Obat Simvastatin Penurun Kolesterol Dalam Darah

LDL atau kolesterol jahat gampang…

Tambah Pertanyaan
Top