Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pilih Program KB

Share dan Tag Temanmu di :

Banyak alasan mengapa banyak pasangan menunda untuk memiliki momongan. Khususnya bagi pasangan muda, berbagai alasan seperti ingin menikmati masa pacaran setelah menikah atau belum siap menjadi orang tua adalah alasan umum yang mereka miliki. Maka dari itu, tidak sedikit dari mereka yang mengikuti program Keluarga Berencana (KB).

Program KB ini memang sangat penting untuk diikuti. Selain untuk memenuhi program 2 anak lebih baik, ada banyak faktor yang juga mendasarinya, seperti faktor usia dan juga kaitannya dengan risiko kesehatan. 

Menunda hingga si kecil berusia 2 tahun merupakan pilihan yang paling baik. Pasalnya, ibu yang hamil terlalu dekat bisa saja mengalami gangguan kesehatan. Begitu juga dengan risiko pada saat persalinan. 


Ada banyak jenis KB yang bisa digunakan. Diantaranya banyak orang yang menyarankan untuk menggunakan KB non-hormonal agar tidak pusing dengan perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh. Namun, ada pula yang menyebutkan bahwa KB hormonal lebih baik. 

Dari beberapa jenis KB ini, ada beberapa yang mungkin cocok dengan Anda. Namun, hal tersebut juga tergantung pada beberapa hal, yaitu kesehatan serta keadaan tertentu, seperti gaya hidup dan usia. 

Agar program KB yang dipilih tepat dengan kondisi Anda, berikut ini terdapat beberapa hal yang harus diketahui sebelum pilih program KB, diantaranya :

  • Pilih sesuai tujuan

Menurut dr Boyke Dian Nugraha, terdapat 2 jenis KB secara umum, yaitu KB yang hanya untuk menjarangkan kehamilan atau memberi jarak, dan juga KB untuk selamanya. Anda harus memilih diantara dua jenis KB tersebut yang sesuai dengan apa yang Anda dan pasangan inginkan. Dan tentunya harus sesuai dengan kondisi kesehatan Anda juga. 

  • KB pil

KB pil termasuk KB hormonal. Namun, Anda harus terus mengonsumsi pil ini selama Anda tidak ingin hamil. Namun, jika Anda lupa mengonsumsinya, maka risiko kehamilan bisa saja terjadi.

  • KB suntik

KB suntik juga termasuk KB hormonal. Dibandingkan dengan KB spiral, KB suntik ini dapat memengaruhi hormon dalam tubuh. Selain itu, KB jenis ini juga dapat menimbulkan efek samping, yaitu kenaikan berat badan. Karena ini termasuk KB hormonal, beberapa wanita mengalami stop menstruasi untuk sementara dan bisa terjadi penggumpalan darah. 

  • KB spiral

KB spiral merupakan salah satu jenis KB non-hormonal. Namun, menurut dr Boyke, 3 dari 100 wanita yang menggunakan KB jenis ini hamil. Jadi, KB ini tidak bisa 100% melindungi Anda dari adanya pembuahan. Akan tetapi, KB ini tidak akan memengaruhi hormon Anda. 

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memilih program KB. Jadi, Anda harus mengetahui jenis KB mana yang Anda butuhkan. Dan jangan lupa juga untuk selalu berdiskusi dengan dokter kandungan dan pasangan Anda. 

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 11 November 2017 13:32:49

Related Post :
Kesehatan
Ketahui Efek Samping Kerokan…

Tehnik pengobatan kerokan dikatakan…

Obat Kimia
Mengurangi Peradangan dengan Manfaat…

Indomethacin termasuk salah satu…

Penyakit
Mengenal Gejala Dan Penyebab…

Mengenal gejala dan penyebab…

Penyakit
Penyebab Hipertensi Sekunder dan…

Penyebab hipertensi sekunder dan…

Penyakit
Tips Mencegah Penyakit Maag…

Tips mencegah penyakit maag…

Obat Kimia
Nama Obat Radang Amandel…

Nama obat radang amandel…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengetahui Manfaat Daging Burung Belibis Bagi Tubuh

Disamping memiliki rasa yang gurih…

Kesehatan
Awas! Penyakit Ini Timbul Akibat Penggunaan Ponsel Berlebihan

Awas!! Penggunaan ponsel secara berlebihan…

Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Crystal X Untuk Kesuburan Wanita

Manfaat dan khasiat crystal x…

Kirim Pertanyaan
Top