Ini Penyebab Suara Serak Berkepanjangan Yang Perlu Di Waspadai!

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab suara serak pada dasarnya di sebabkan akibat adanya gangguan pada pita suara, yang mana biasanya dapat membaik dalam beberapa hari. Lantas, bagimana jika suara serak tersebut bertahan selama berhari-hari hingga berminggu-minggu? Apa penyebabnya? ketahui jawabannya secara terperinci dalam ulasan singkat berikut.


Suara adalah salah satu faktor penting dalam berbicara, sehingga komunikasi yang terjalin antar manusia dapat berlangsung dengan baik. Selain dari pada itu, dengan suara yang baik juga, beberapa orang mampu menjalankan profesinya. Baik itu penyanyi, pembisnis, pedagang dan lainnya. Namun, tak selamnya suara baik. Terkadang suarapun mengalami gangguan sepertihalnya serak.

Ya, pastinya sebagian orang pernah mengalami masa-masa dimana suara mereka terdengar parau, kasar, lemah bahkan tak terdengar sama sekali secara tiba-tiba. Bahkan tak hanya pada dewasa, kondisi ini pun juga sering kali di alami oleh anak-anak bahkan bayi sekalipun.

Secara garis besar, pemicu suara serak bisa di sebabkan oleh du faktor, yakni faktor internal dan ekstrenal. Untuk faktor internal suara serak yang timbul bisa di sebabkan oleh adanya gangguan pada vita suara hingga gejala suatu penyakit. Sedangkan faktor eksternal, bisa timbul akibat tindakan diri sendiri.

Fakor penyebab suara serak berkepanjangan yang perlu di waspadai

Pada umumnya, suara serak umumnya akan hilang dalam beberapa hari hingga seminggu. Namun, pada beberapa orang masalah suara serak ini berkepanjangan atau bertahan selama berminggu-minggu, yang tentunya sangat menggu kenyamanan. Dan setelah kami kumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya, ternyata terdapat beberapa penyebab yang memicu timbulnya suara serak berkepanjangan, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Batuk

Pada saat seseorang mengalami batuk, kemungkinan dahak akan terkumpul pada bagian tenggorokan sehingga mengakibatkan suara menjadi serak. Selain dari pada itu, batuk yang terjadi secara terus menerus juga bisa menyebabkan suara menjadi serak. Jika kondisi ini tidak segera di atasi secepatnya, maka kondisi suara serak pun akan berkepanjangan.

2. Radang tenggorokan

Selain batuk, radang tenggorokanpun bisa menjadi penyebab suara menjadi serak yang berkepanjangan. Pada kondisi ini, suara yang serak juga bisa di sertai denga sakit saat berbicara dan saat menelan hingga menurunnya nafsu makan. Adapun jika anda mengalami kondisi anda mengonsumsi obat antibiotik radang tenggorokan atau memeriksakannya ke dokter.

3. Pola hidup yang tak sehat

Merokok, mengonsumsi alkohol adalah beberapa pola hidup yang tidak sehat yang dapat mengakibatkan suara menjadi serak. Pada kondisi ini, suara serak bisa saja sembuh dengan sendirinya asalkan penderitanya bisa menghentikan kebiasaan buruknya tersebut.

4. Adanya benjolan pada tenggorokan

Jika pada tenggorokan terdapat benjolan yang merupakan tumor jinak, polip maupun kista tak jarang kondisi tersebutpun bisa menjadi penyebaba suara serak tak kunjung sembuh. Hal tersebut di karenakan semakin besarnya benjolan, maka semakin menyempitnya saluran udara pada tenggorokan bahkan pita suara juga bisa terjepit. Apabila anda merasa terdapat benjolan di sekitar tenggorokan yang di sertai dengan suara serak berkepanjangan ada baiknya segera hubungi dokter untuk melakukan pengobatan.

5. GERD atau masalah pada lambung

Gastro Esofageal Reflux Disease atau GERD adalah penyakit sesak nafas yang di sebabakan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan. Selain dari pada itu, kondisi ini pula tak jarang menyebabakan penderitanya kesulitan berbicara hingga duaranya yang serak. Jika masalah GERD ini tidak segera di atasi, maka terdapat kemungkinan suara serakpun akan menjadi berkepanjangan.

6. Laringitis

Laringitis adalah peradangan pada pita suara yang diakibatkanoleh alergi. Tak jarang kondisi ini menyebabkan pita suara menjadi membengkak, sehingga suarapun menjadi serak. Selain serak, tanda seorang mengalami laringitis juga bisa berupa suara yang terasa pelan, gatal pada tenggorokan dan juga sakit saat berbicara.

7. Kanker tiroid

Tiroid merupakan kelenjar berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak pada bagian depan leher serta mengatur berbagai hormon. Adapun gangguan pada tiroid seperti halnya kanker tiroid di ketahui menimbulkan berbagai gejala yang salah satunya adalah suara serak berkepanjangan.

8. Stroke

Penyakit yang satu ini juga dapat menyebabakan suara menjadi serak. Hal tersebut lantaran troke sendiri bisa merusak bagian otak yang bertugas untuk mengirimkan pesan ke kotak suara. Sehingga apabila seseorang telah mengalami stroke maka suaranya yang serak bahkan hilang dapat dipastikan karenanya.

9. Kanker pita suara

Penyebab suara yang serak yang berkepanjangan juga bisa di akibatkan oleh kondisi serius seperti kanker pita suara hingga kanker paru-paru. Selain suara yang serak biasanya kondisi ini di sertai dengan gejala lainnya seperti sakit tenggorokan, seperti ada ganjalan saat menelan, dahak berdarah, batuk konstan, hingga suara yang hilang. Adapun untuk memastikannya, anda bisa memerikasakan kondisi anda ke dokter.

Nah, itulah berbagai penyebab suara serak berkepanjangan yang nyatanya sangat patut anda waspadai. Sehingga apabila anda mengalami suara serak yang bertahan selama berminggu-minggu, selain menggunakan obat alami untuk mengatasi suara serak, ada baiknya anda segera periksakan kondisi tersebut ke dokter. Karena terdapat kemungkinan kondisi tersebut adalah suatu gejala dari kondisi tertentu. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Senin, 13 November 2017 10:52:47

Related Post :
Manfaat
Ini Dia Beragam Manfaat…

Tahukah anda apa manfaat…

Kesehatan
Tertarik Melakukan Sedot Lemak?…

Tertarik melakukan sedot lemak?…

Penyakit
Ciri-Ciri Penyakit Abses Penularan…

Mengenal ciri ciri penyakit…

Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Senam…

Sama seperti olehraga lainnya,…

Manfaat
Manfaat Sehat Mengunyah Makanan…

Manfaat sehat mengunyah makanan…

Ibu Hamil
Penyebab Kram Perut Pada…

Aryanto.id - Kram perut…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Gejala Mata Lelah Serta Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Informasi tentang gejala mata lelah…

Kesehatan
Mengenal Gejala Penyebab Dan Pencegahan Mata Minus

Informasi tentang penyebab mata minus…

Kesehatan
Ini Pantangan Makanan Untuk Penderita Tekanan Darah Rendah !

Berikut adalah berbagai jenis pantangan…

Kirim Pertanyaan
Top