Amankah Ibu Hamil Memelihara Kucing?

Share dan Tag Temanmu di :

Kucing merupakan sumber utama dari penyebaran parasit Toxoplasma Gondii yaitu organisme yang bisa memicu toksoplasmosis.

Waspadai Kontak dengan Tinja Kucing

Saat kucing memakan mangsanya yang sudah terkena infeksi T.gondii mungkin bisa terjadi karena organisme yang menyerang sel di usus kucing akan membentuk sel ookista yaitu bentuk awal kehidupan parasit yang belum matang dan masih terbungkus oleh selubung berdinding tebal sehingga kucing akan membuang sel-sel tersebut melalui tinja yang kemudian tersimpan ditanah atau tempat pembuangan tinja seperti bak pasir atau kandang.


Sebenarnya jika kucing berada disekitar kita tidak masalah bahkan memelihara kucing saat hamil namun harus berhati-hati saat membersihkan kandangnya karena tinja kucing termasuk pasir atau tanah tempat membuang tinja yang bisa memicu toksoplasmosis sehingga tubuh kucing harus selalu anda bersihkan.

Perlu anda ketahui, toksoplasmosis dapat memicu kematian atau cacat lahir pada janin saat ibu hamil terinfeksi. Untuk memastikan infeksi atau efek pada janin dapat dilakukan pemeriksaan USG karena bahaya parasit yang melalui  plasenta serta menularkan infeksi sehingga bisa mengalami gangguan pada otak, mata, paru-paru, jantung pada janin dan meningkatkan resiko keguguran.

Tips Aman Bagi Ibu Hamil yang Memelihara Kucing

Agar tidak terjadi atau untuk mencegah toksoplasmosis pada ibu hamil, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan antara lain :

  • Membersihkan kandang kucing secara rutin dan teratur

Saat anda hamil coba minta bantuan orang lain untuk membersihkan tinja dan kandangnya untuk mencegah terjangkit toksoplasma. Infeksi dapat terjadi saat anda menyentuh tinja kucing kemudian tangan menyentuh mulut. Maka harus hati-hati jika anda terpaksa harus membersihkan kandang kucing karena biasanya parasit tidak akan menular dalam waktu 1 sampai 5 hari jadi sebaiknya bersihkan kandang kucing setiap hari. Tak lupa juga untuk memakai sarung tangan yang sekali pakai ketika membersihkan kandang kucing dan buanglah sarung tangan pada tempat sampah serta cucilah tangan dengan bersih menggunakan sabun.

  • Berhati-hati dengan bak pasir dan saat berkebun

Hal yang sama yang harus diperhatikan jika kucing anda membuang tinja pada tempat khusus seperti bak pasir dan sedang berkebun maka gunakan cara yang sama dengan membersihkan kandang yaitu memakai sarung tangan dan jangan jangan lupa cuci tangan.

  • Jangan biarkan kucing peliharaan berada diluar rumah

Saat hamil demi keamanan anda jangan biarkan kucing berkeliaran diluar rumah karena bisa meningkatkan resiko toksoplasmosis. Jika anda menemukan kucing liar diluar membutuhkan perawatan mintalah orang lain untuk merawatnya.

  • Perhatikan makanan yang dikonsumsi kucing

Untuk mencegah toksoplasmosis jangan biarkan kucing anda makan daging mentah atau setengah matang karena saat kucing mengkonsumsi makanan yang telah terkena infeksi atau memakan daging setengah matang yang mengandung parasit maka akan terkena infeksi. Sebaiknya berilah makanan kering atau makanan kalengan yang khusus untuk kucing.

Anda perlu perhatikan hal-hal diatas jika masih tetap ingin memelihara kucing ketika hamil dan jangan khawatir terinfeksi toksoplasmosis, segera bawa ke dokter untuk melakukan tes darah berupa pemeriksaan TORCH dan memastikan apakah anda sudah terinfeksi atau memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit tersebut. Dan jika perlu periksa juga hewan peliharaan anda pada dokter hewan supaya kesehatannya terjamin dan bebas dari beragam penyebab penyakit yang tidak diinginkan.

By Ana Rediana - Ibu Hamil Senin, 13 November 2017 15:21:09

Related Post :
Tips
Tips Mudah Atasi Mata…

Tidak hanya menggunakan obat…

Ibu Hamil
Resep Obat Flu Alami…

Ibu hamil jangan mengonsumsi…

Kesehatan
Gejala Penyebab Dan Pengobatan…

Gejala, penyebab dan pengobatan…

Obat Kimia
Cara Kerja Tamsulosin untuk…

Tamsulosin merupakan obat yang…

Kesehatan
Ternyata Nonton Film di…

Selain menyenangkan, ternyata nonton…

Kulit
Waspadai Faktor-Faktor Penyebab Ketombe…

Waspadai faktor-faktor penyebab ketombe…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Begini Posisi Yang Aman Berhubungan Intim Saat Hamil Tua

Begini posisi yang aman berhubungan…

Ibu Hamil
Keluhan Yang Sering Dirasakan Ibu Hamil dan Solusinya

Keluhan yang diraskaan ibu hamil…

Ibu Hamil
Hindari Makanan Penyebab Keguguran Hamil Muda

Untuk para ibu hamil hindari…

Kirim Pertanyaan
Top