12 Tips Menghilangkan Suara Serak Secara Alami Dengan Cepat

Share dan Tag Temanmu di :

Tips menghilangkan suara serak berikut bisa menjadi alternatif paling mudah bagi anda untuk mengobati suara serak dengan cepat akibat batuk, flu maupun kondisi lainnya. Untuk mengetahui informasinya secara lebih rinci, langsung saja simak ulasan singkat berikut ini ya!


Tak hanya pada burung pleci, seseorang yang tengah mengalami suara serak juga tentunya tidak merasa senang, terlebih bagi mereka yang berprofesi sebagai penyanyi yang mengandalkan suara sebagai modal utamanya. Selain itu, suara sendiri sangat penting dalam kehidupan. Karena tanpa suara jalinan komunikasi juga akan sulit untuk di lakukan.

Adapun penyebab suara serak sendiri bisa di akibatkan oleh beberapa faktor. Namun yang tersering di akibatkankan oleh batuk, flu, merokok dan juga sakit tenggorokan. Bahkan selain itu, mengonsumi makanan yang tidak sehat hingga beberapa jenis penyakit pun bisa menjadi pemicunya.

Secara garis besar, suara serak sendiri bisa bersifat akut maupun kronis. Adapun pada kondisi akut biasanya tidak serius. Akan tetapi pada kondisi suara serak yang kronis atau berkepanjangan dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang cukup serius.

Namun anda juga tak usah khawatir, jika kini anda tengah mengalami suara serak saat bernyanyi maupun batuk seperti saat ini. Nanyatanya masalah tersebut bisa segera di atasi dengan cara yang alami, baik itu dengan pola hidup yang sehat maupun dengan memanfaatkan beberapa bahan alami yang mudah anda temukan di rumah.

12 Cara dan tips menghilangkan suara serak secara alami dan cepat yang mudah

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi suara serak atau parau bahkan hilang, agar bisa seperti biasa kembali.

1. Istirahatkan suara anda

Pada saat mengalami suara serak sebaiknya anda jangan terlalu banyak bicaran beberapa saat, terkecuali benar-benar perlu. Pada saat kondisi tersebut juga tahan dulu keinginan anda untuk bernyanyi. Dan jikalaupun anda harus berbicara di tempat umum, manfaatkanlah pengeras suara.

2. Konsumsi air rebusan jahe

Jahe merupakan salah satu rempah pada masakan, yang juga di gunakan sebagai salah satu bahan obat-obatan. Di dalamnya di ketahui mengandung senyawa keton bernama zingeron, yang mana senyawa tersebut menyebabkan rasa pedas yang dominan pada jahe. Sehingga jahe sendiri sering kali di olah sebagai minuman uantuk menghangatkan tubuh.

Adapun untuk mengatasi suara serak menggunakan ramuan air jahe, anda bisa merebus 3 ruas jahe yang telah di geprek sebelumnya dengan 2 gelas air menggunakan api kecil, hingga jhanya tersisa 1 gelas saja. Setelah hangat tambahkan sedikit madu ke dalamnya, dan minum minuman herbal tersebut sampai habis. Lakukan cara ini 3x sehari secara teratur hingga suara anda menjadi tidak serak lagi.

3. Minum perasan air jeruk nipis

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwasannya jeruk nipis memiliki rasa yang sangat asam lantaran di dalamnya kaya akan kandungan vitamin C dan juga asam sitrat. Namun jangan salah, karena kandungannya tersebut, bahan alami yang satu ini sering kali di manfaatkan untuk pengobatan, salah satunya mengatasi suara serak.

Adapun pemanfaatan jeruk nipis untuk menghilangkan suara serak nyatanya sangat mudah. Anda cukup campurkan 1 sendok makan perasan air jeruk nipis dan 1 sendok madu ke dalam 1 gelas air hangat. Kemudian minumlah 2x sehari sampai suara serak hilang.

4. Menghirup uap panas

Uap panas jika di hirup di ketahui bisa membuuat nafas anda menjadi lega, terlebih jika anda sedang filek maupun asma. Hal tersebut juga berlaku jika anda kini tengah mengalami suara serak. Jika anda tidak memiliki alat khusus uap, anda bisa menggunakan cara tradisional yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Caranya, siapkan baskom berisi air panas. Kemudian posisikan kepala anda di dekat baskom. Dan tutuplah kepala anda dengan handuk sampai menutupi baskom, sehingga uap bisa di hirup secara maksimal. Lakukan kegiatan ioni setidaknya selama 10-15 menit untuk menghidrasi tenggorokan. Boleh juga di tambahkan dengan dun mint, irisan kulit jeruk maupun aroma essensial lainnya.

5. Berkumur dengan larutan air garam

Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan suara serak yakni dengan berkumur menggunakan larutan garam. Garam yang di gunakan adalah garam dapur.

Caranya, siapkan 1 gelas air hangat, kemudian tambahkan 1 sendok makan garam ke dalamnya. Aduk sampai larurt dengan benar. Kemudian segeralah berkumur dengan posisi kepala yang tengadah, sehingga air garam sedikit masuk ke dalam tenggorokan. Cara yahng satu ini juga di percayai ampuh membunuh bakteri yang menyebabkan suara anda menjadi serak. Lakukan aktivitas ini rtidaknya 3 kali sehari.

6. Mengonsumsi air rebusan kencur

Sama seperti halnya pada jahe, kencur juga memiliki ifat mengahngatkan. Selain sering di gunakan dalam masalah, kencur juga baik untuk pengobatan. Hal tersebut lantaran di dalamnya mengandung minyak atsiri dan juga alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan.

Adapun untuk mengatasi suara serak, anda bisa merebus 2 ruas kencur yang telah di geprek, dan tambahkan sedikit dengan 2 gelas air dalam api kecil hingga tersisa hanya 1 gelas saja. Setelah di saring, konsumsi sebanyak setengajh gelas pada saat air rebusan masih hangat. Lakukan hal ini setiap 2 kali sehari. Anda jug bisa memanaskan kembali sisa air rebusan kencur pada saat akan di konsumsi di ja kedua.

7. Mengonsumsi rebusan akar manis

Akar manis atau liquorice     adalah tanaman akar sejenis polong-polongan. Pada umumnya akar manis ini di gunakan sebagai pemanis untuk permen dan aneka minuman. Namun di samping itu, bahan alami yang satu ini juga sering di gunakan sebagai obat-obatan.

Adapun untuk mengatasi suara serak, anda bisa merebus 1 sendok makan akar manis bubuk atau 2-3 batang akar manis bersama 500 ml air  dengan api kecil selama 15-20 menit. Saring ke dalam gelas lalu biarkan sampai hangat. Minum ramuan ini 2 kali sehari secara teratur hingga suara serak hilang. Selain di rebus anda juga bisa mengunyah langsung sepotong akar manis selama 5-15 menit. Jangan di telan, cukup anda menghisap sari yang keluar dari akar manis tersebut.

8. Menyeduh daun mint

Di dalam daun mint di ketahui mengandung zat antimikroba yang dapat memperlambat pertumbuhan beberapa jenis jamur dan bakteri. Sehingga tak jarang bahan alami ini sering kali di temukan dalam klomposisi pasta gigi, balsam, aroma terapi dan lainnya.

Adapun untuk menngatasi suara serak, anda bisa menyeduh daun mint  ke dalam segelas air panas. Setelah menjadi hangat, anda bisa meminumnya 2 kali sehari sampai suara anda kembali normal.

9. Konsumsi air rebusan kunyit

Selain sering kali di gunakan sebagai rempajh dalam masakan, kunyit juga nyatanya seriing kali di olah menjadi minuman dan juga obat-obatan. Hal tersebut lantaran di dalamnya mengandung senyawa curcumin serta minyak atsiri yang sangat berkhasiat dalam pngobatan berbagai jenis penyakit.

Adapun untuk mengatasi suara serak, anda bisa merebus 2 ruas jari kunyit yang telah di geprek menggunakan 2 gelas air dalam api kecil. Tambahkan sedikit garam dan biarkan sampai tersisa satu gelas saja. Setelah di saring ke dalam gelas, minum ramuan ini selagi hangat setengah gelas saja.

10. Berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol

Jika anda tengah mengalami suara serak, sebaiknya anda berhenti merokok dan juga mengonsumsi alkohol. Hal tersebut lantaran keduanya mampu membuat tenggorokan anda menjadi kering serta menyebabkan iritasi pada pita suara. Selain itu hindari juga asap rokok apabila anda perokok pasif.

11. Hindari pemakaian obat dekongestan

Dekongestan adalah sejenis obat yang digunakan untuk meredakan kongesti nasal atau hidung tersumbat yang di sebabakan oleh flu. Namun apabila anda tengah mengalami suara serak sebaiknya anda tidak mengonsumsi obat ini lantaran di ketahui mampu mengeringkan tenggorokan yang memperburuk kondisi anda.

12. Perbanyak mengonsumsi air hangat

Jika anda tengah mengalami suara serak, sebaiknya anda memilih untuk meminum air hangat daripada air dingin  ataupun air es. Hal tersebut lantaran air hangat bisa membantu kelembaban tenggorokan. Selain dari pada itu, hindari mengonsumsi makanan yang pedas lantaran bisa membuat iritasi pada tenggokan anda.

Nah itulah 12 cara maupun tips menghilangkan suara serak secara alami dengan cepat. Selain dari pada itu, masih banyak tips yang bisa anda lakukan untuk mengusir suara serak. Seperti diantaranya memperbanyak mengonsumsi air putih, gunakan humidifier, mengurangi mengonsumsi makanan yang asam, melakukan yoga dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Tips Selasa, 14 November 2017 13:46:00

Related Post :
Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Manfaat
Susu Kambing Dan Manfaatnya…

Susu kambing dan manfaatnya…

Alami
Mudah Dicoba ! 10…

Cara alami menghilangkan benjolan…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Spiramycin Untuk…

Spiramycin biasanya dipakai untuk…

Kewanitaan
Ibu Dan Anak
Mengetahui Cara Merawat Bayi…

Bayi yang lahir prematur…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Mengatasi Gagal Ginjal dan Efek Sampingnya

Selain dengan mengonsumsi obat dan…

Tips
Cara Mencegah Asam Lambung Tinggi Agar Tidak Kambuh

Selain mengobati, penderita juga harus…

Tips
Tips Penting Sebelum Menyimpan Daging Kurban Kedalam Freezer

Tips penting sebelum menyimpan daging…

Kirim Pertanyaan
Top