Hindari Makanan Ini Jika Anda Sedang Mengalami Suara Serak!

Share dan Tag Temanmu di :

Hindari makanan ini jika anda sedang mengalami suara serak. Hal tersebut lantaran beberapa jenis makanan ini termasuk kedalam salah satu faktor penyebab suara serak yang dapat memperburuk kondisi suara parau anda. Lalu, makanan apa saja yang di maksud? selengkapnya bisa anda ketahui dalam ulasan singkat berikut ini.


Sejatinya sebelum akhirnya masuk ke dalam tubuh, makanan atau minuman yang kita konsumsi tentunya akan masuk terlebih dulu melalui kerongkongan atau tenggorokan. Maka dari itu, bagi anda yang kini tengah mengalami suara serak tidak semua makanan baik di konsumsi. Karena beberapa makanan justru dapat menyebabkan fungsi pita suara menurun dan memperburuk suara parau anda bahkan menjadi hilang.

Inilah daftar pantangan makanan yang perlu di hindari jika sedang mengalami suara serak:

1. Makanan bercitarasa pedas

Makanan pedas sendiri di ketahui dapat mengiritasi tenggorokan, yang tentunya dapat semakin memperburuk suara serak anda. Bahkan tak hanya menimbulkan iritasi melainkan juga menjadi penyebab acid reflux serta membuat iritasi esofagus menjadi memburuk.

2. Gorengan

Makanan cemilan masyarakat Indonesia ini umumnya sering di nikmati dengan teh maupun kopi. Tak hanya dapat menyebabkan kolesterol tinggi, jika gorengan di konsumsi oleh anda yang tengah mengalami suara serak, hal tersebut dapat memparah kondisi anda. Ini dapat terjadi lantara gorengan juga bisa menjadi penyebab radang tenggorokan hingga batuk.

3. Makanan yang bercitarasa asin atau gurih

Makanan ringan yang memiliki rasa asin atau gurih juga jika terlalu banyak di konsumsi bisa menyebabkan keringnya pitasuara. Dan saat pita suara mengering, secara otomatis suarapun akan menjadi ikut serak, sebab pita suara kehilangan elastisitasnya. Bahkan yang lebih parahnya lagi makanan ini juga bisa menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Maka sangat di sarankan bagi anda yang suka mengonsumi makanan jenis ini imbangi pula dengan asupan cairan yang cukup.

4. Produk susu dan olahannya

Saat mengonsumsi produk susu, umumnya ada banyak lendir yang akan terbentuk di dalam tenggorokan, sehingga suara bisa menjadi serak setelah mengonsumsinya. Adapun produk-produk susu yang kiranya perlu anda batasi jika suara serak anda tidak ingin bertambah parah adalah susu, keju, es krim, yogurt dan mentega.

5. Minuman berkafein

Pada umumnya uara mudah serak juga bisa di karenakan mengonsumsimmakanan maupun minuman yang mengandung kafein. Padahal tentunya banyak orang yang gemar akan minuman yang satu ini. Apakah anda salah satunya? Kafein sendiri  adalah direutik alami yang mempu membuat otot tenggorokan bisa dengan mudahnya mengalami dehidrasi. Untuk itu apabila anda kini tengah mengalami ataupun tidak ingin mengalami suara serak sebaiknya anda menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh dan soda tertentu.

6. Makanan dan minuman dingin

Terlalu sering minuman maupun makanan yang memiliki suhu rendah juga patut di waspadai terlebih bagi anda yang kini sedang mengalami suara serak. Hal tersebut di karenakan keruksakan ppita suara bisa saja terjadi akibat pita suara kehilangan elastisitasnya dan membuatnya kering.

7. Makanan dan minuman panas

Mengkonsumsi makanan maupun minuman yang panas juga sebaiknya di batasi ataupun di hindari, sebaba pita suara pun bisa rusak karenanya. Disfusi juga bisa saja terjadi saat kita mengonsumsi makananmaupun minuman yang terlalu panas. Meski lidah dan mulut seumpamanya tidak bermasalah, namun pertimbangkanlah kembali kondisi tenggorokan anda yang nantinya dapat terpengaruh dan berbicarapun menjadi terasa susah.

8. Minumal beralkohol

Minuman yang satu ini sebaiknya juga tidak anda konsumsi. Selain memang tidak baik untuk kesehatan, minuman beralkohol juga nyatanya bisa membuat pita suara kita menjadi terganggu. Sebaba selain membuat orang yang mengonsumsinya menjadi mabuk juga cenderung sering mengeluarkan cairan, sehingga tubuhpun mengalami dehidrasi dan pita suarapun menjadi kering.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi berbagai jenis makanan maupun minuman yang sebaiknya anda hindari saat mengalami suara serak diantaranya adalah makanan yang mengandung lemak tinggi, makanan kering dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika di lihat dari secara kesuluruhan makanan tersebut menyebabkan dehidrasi sehingga mampu memperparah kondisi suara serak anda. Untuk itu, saat anda mengalami suara serak, selain mengonsumsi obat alami untuk mengobati suara serak, jangan lupa untuk mencukupi asupan cairan 8 gelas perhari ya, agar tenggorokan anda lembab. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Rabu, 15 November 2017 16:06:07

Related Post :
Kesehatan
Makanan yang Harus Dihindari…

Selain mengonsumsi obat penurun…

Ibu Hamil
Penyebab Sesak Nafas saat…

Sesak nafas merupakan hal…

Kesehatan
Heboh! Pil PCC Sebabkan…

Penyalahgunaan pil PCC seperti…

Tips
8 Cara Untuk Mencegah…

Pencegahan batu empedu bisa…

Alami
Obat Rematik Alami dari…

obat rematik alami kronis…

Tips
Tips Mengobati Asam Lambung…

Tips mengobati asam lambung…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengenal Penyebab Lidah Putih Dan Cara Mengatasinya Yang Tepat

Berikut adalah berbagai penyebab lidah…

Kesehatan
Penyebab Pusing saat Berolahraga yang Perlu Diketahui

Pusing saat berolahraga bisa disebabkan…

Kesehatan
Selain Melangsingkan Makanan Ini Juga Menyehatkan Mata

Tidak hanya menyehatkan dan membantu…

Kirim Pertanyaan
Top