Ini yang Terjadi Jika Anda Berhenti Konsumsi Daging Merah

Share dan Tag Temanmu di :

Daging merupakan salah satu sumber makanan yang cukup banyak diminati. Selain memiliki rasa yang nikmat, daging ini juga bisa diolah menjadi beragam jenis menu masakan, sehingga tidak akan bosa ketika mengonsumsinya. 

Daging merah diketahui memiliki beragam kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, disisi lain, menurut beberapa penelitian mengonsumsi daging merah juga memiliki dampak buruk. Dampak negatif mengonsumsi daging ini terutama disebabkan karena kandungan lemak dan kolesterol yang dimilikinya disebut-sebut dapat memicu penyakit kardiovaskular. 


British Social Attitute dalam surveinya menemukan bahwa sepertiga orang Inggris mengurangi konsumsi daging tahun lalu. 9% mempertimbangkan mengonsumsi asupan daging atau berhenti makan daging sama sekali. Dan sekitar 3% sudah menajdi vegetarian. 

Alasan terbanyak menjadi vegetarian adalah untuk alasan etis atau perhatian akan bahaya daging merah bagi kesehatan. Maka tak heran jika beberapa jenis diet dan pola makan sehat menjauhkan menu daging dengan alasan kesehatan tubuh akan lebih terjaga. 

Lalu, apa yang terjadi jika berhenti konsumsi daging merah ?

  • Risiko penyakit jantung menurun

Baru-baru ini ilmuwan menemukan, daging merah dapat menyebabkan penyakit jantung. Studi yang dilakukan oleh Lerner Research Institute di AS membuktikan bahwa karnitin, nutrisi yang ditemukan pada makanan dapat menyebabkan reaksi mikroba usus yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung

  • Meningkatnya bakteri baik

Terdapat 2 jenis bakteri dalam usus, yaitu yang baik bagi pencernaan dan yang buruk. Ketika Anda berhenti konsumsi daging merah, maka jumlah bakteri baik akan meningkat sehingga kesehatan pencernaan lebih terjaga. 

  • Lebih bertenaga

Anda akan merasa lebih bertenaga dan kuat daripada ketika masih mengonsumsi daging merah. Tubuh juga akan terasa ringan saat berolahraga. Hal ini dikarenakan tidak ada lagi tumpukan lemak dan toksin hasil oksidasi dari pencernaan daging di dalam usus.

  • Berat badan turun

Tim dari George Washington University School of Medicine mengungkapkan, berat badan akan mengalami penurunan ketika kita menjadi vegetarian. Riset yang diterbitkan di Journal of the Academy of Nutrition and Dietecs menemukan peserta yang mengurangi daging rata-rata turun 5 kg tanpa harus memperhatikan kalori atau jumlah olahraga. 

  • Kulit cantik

Umumnya pelaku diet vegetarian yang menjauhi konsumsi daging merah akan memiliki kulit yang lebih cantik, sehat, dan bebas dari masalah jerawat. Dibandingkan dengan daging merah, buah dan sayur kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang membuat kulit sehat.

Meskipun terdengar sederhana, namun hal ini cukup sulit dilakukan bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang sangat menyukai daging. Anda bisa mengurangi daging dalam menu harian Anda secara bertahap hingga bisa menjadi kebiasaan untuk menghilangkan daging dari menu harian Anda. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 16 November 2017 13:32:46

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Jangan Sentuh! Zat Ini…

Narkoba memang diketahui dapat…

Alami
Obat Rakitis Alami Pada…

obat rakitis alami pada…

Ibu Dan Anak
Inilah Kebiasaan Yang Menjadi…

Inilah berbagai kebiasaan yang…

Ibu Dan Anak
Jenis Vitamin Untuk Meningkatkan…

Memberikan beberapa jenis vitamin…

Kesehatan
Berbagai Penyebab Pendengaran Berkurang…

Selain faktor usia dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Daya Ingat Dengan Makanan Ini

Selain olahraga teratur dan melatih…

Kesehatan
Waspada! Bahan Kimia Ini Sering Ditambahkan pada Makanan

Beberapa makanan, khususnya makanan kemasan…

Kesehatan
Pantangan Makanan Dan Minuman Bagi Penderita Radang Amandel

Larangan atau pantangan makanan dan…

Kirim Pertanyaan
Top