Kebaikan dan Manfaat Mengonsumsi Daging Landak Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Apakah Anda tahu landak ? Sebagian besar orang pasti sudah mengetahui jenis hewan yang satu ini. Dilansir dari Wikipedia, landak adalah hewan pengerat (Rodentia) yang memiliki rambut yang tebal dan berbentuk duri tajam. Hewan ini ditemukan di Asia, Afrika, ataupun Amerika, dan cenderung menyebar di kawasan tropika. 

Dari segi ukuran tubuh, landak merupakan hewan pengerat terbesar ketiga setelah kapibara dan berang-berang. Hewan ini agak membulat serta tidak terlalu lincah jika dibandingakn dengan tikus. Karena rambut durinya, hewan lain yang mirip namun bukan pengerat, seperti hedgehog dan landak semut (Echidna), juga dikenal sebagai 'landak'. 

Landak merupakan hewan yang cukup jarang ditemukan. Hal ini kemungkinan disebabkan karena perburuan liar dan penebangan hutan secara liar yang membuat keberadaannya terancam punah. Perburuan landak sering dilakukan untuk mengambil bagian daging dan durinya. 

Kebaikan dan Manfaat Mengonsumsi Daging Landak Bagi Tubuh


Meskipun sering dianggap sebagai hama tanaman pertanian, namun masyarakat menjadikan landak sebagai salah satu bahan pangan. Sate landak merupakan salah satu menu khas dari Kabupaten Karanganyar yang cukup terkenal. Daging landak memiliki tekstur yang sangat lembut dan tidak amis. Selain itu, salah satu alasan kenapa banyak yang memburu landak yaitu karena manfaatnya yang konon sangat baik bagi vitalitas kaum pria. Selain itu, mengonsumsi daging landak secara rutin juga dapat membuat tubuh lebih sehat sekaligus terhindar dari penyakit. 

Dalam daging landak ini diketahui terkandung kadar protein tinggi, zat besi, lemak jenuh yang tidak berlebih, omega-3, dan yang terpenting adalah tidak mengandung kolesterol sama sekali, berbeda dengan daging pada umumnya yang tinggi akan kandungan kolesterol. 

Dengan begitu, maka tak heran jika daging landak ini cukup banyak diminati. Lebih lengkapnya, berikut ini manfaat daging landak bagi tubuh yang bisa didapatkan, diantaranya :

  • Asupan daging bebas kolesterol

Daging menjadi salah satu asupan yang penting dan harus tetap dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan gizi dalam tubuh. Namun, seringkali orang menghindari konsumsi daging karena memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Namun, tidak dengan daging landak. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daging landak merupakan daging yang tidak memiliki kandungan kolesterol. Sehingga ini bisa menjadi solusi asupan daging terbaik bagi penderita kolesterol tinggi. 

  • Protein penguat

Dalam setiap 100 gram daging landak terkandung 13,3 gram protein hewani. Jumlah ini mampu memenuhi 29% kebutuhan protein harian wanita dan 24% kebutuhan protein pria. Protein sendiri diperlukan untuk meningkatkan energi tubuh dan menjaga fungsi organ. Jadi, secara tidak langsung mengonsumsi daging landak ini juga dapat membantu tubuh mempertahankan fungsi organ. 

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Senyawa kitotefin yang ada didalam daging landak dapat merangsang pembentukan antibodi. Maka dari itu, mengonsumsi daging hewan bermoncong ini juga dapat memperluat sistem imun. 

  • Menghangatkan tubuh

Sama halnya seperti daging yang tergolong ekstrim lainnya, daging landak juga memiliki efek menghangatkan. Bahkan, ada yang percaya jika duri landak dapat mengobati masuk angin dan perut kembung. 

  • Mempercepat penyembuhan luka

Tidak hanya nikmat, daging landak juga mengandung gen yang mampu mempercepat penyembuhan luka. Kandungan protein tinggi yang ada didalamnya juga mampu mempercepat regenerasi sel.

  • Meningkatkan vitalitas pria

Bagi Anda yang memiliki masalah vitalitas, daging landak yang berada pada bagian ekor mungkin bisa menjadi alternatif pengobatan yang efektif. Daging yang berada didekat ekor landak dipercaya dapat membantu mengatasi impotensi dan juga ejakulasi dini. 

  • Meningkatkan fungsi organ reproduksi

Tidak banyak yang mengetahui jika daging landak dapat meningkatkan fungsi organ reproduksi. Hal ini disebabkan karena daging landak mengandung zinc yang cukup tinggi untuk merangsang organ reproduksi. Maka tak heran jika banyak yang percaya jika daging landak, terutama landak laut dapat mengatasi masalah kesuburan. 


  • Menguatkan stamina

Tidak hanya dapat menguatkan stamina pria, landak juga memiliki khasiat untuk meningkatkans tamina atau energi. Maka dari itu, makanan olahan landak sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki aktivitas yang padat. 

  • Mengurangi risiko penyakit jantung

Khasiat daging landak lainnya yang bisa kita dapatkan yaitu mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan omega 3 yang ada didalamnya mampu menyehatkan jantung serta mengurangi risiko penyakit kardio.

  • Mengobati asma

Daging dan juga organ hati landak sudah lama dipercaya mampu mengobati penyakit asma dengan cara di abkar sampai mengeluarkan minyak. Selain itu, daging dan juga hati landak juga ampuh menyembuhkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, karena kandungan kitotefin yang ada didalamnya. Senyawa ini akan meningkatkan kontraksi otot polos di saluran pernapasan sehingga saluran napas bisa semakin lebar. 

  • Mengobati diabetes

Mengonsumsi daging landak dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah secara bertahap. Selain itu, kandungan didalamnya juga mampu mempercepat penyembuhan luka serta mengatasi infeksi pada penderita diabetes basah. 

Uniknya lagi, selain menurunkan kadar gula darah, kandungan protein yang ada didalam daging landak juga dapat memperbaiki organ pankreas. Jika pankreas dapat bekerja dengan baik, maka produksi insulin juga akan meningkat sehingga kadar gula darah tidak akan melonjak kembali.

  • Menurunkan berat badan

Khasiat daging landak lainnya yaitu sebagai menu andalan untuk menurunkan berat badan. Meskipun tinggi protein, namun pada nyatanya daging landak tidak memiliki kandungan kolesterol. Maka dari itu, mengonsumsi daging landak ini dapat membantu menurunkan berat badan secara cepat dan tidak membuat badan terasa lemas. 

By Sri Maryati - Manfaat Jum'at, 17 November 2017 11:47:58

Related Post :
Kesehatan
Jenis-Jenis Bekas Jerawat yang…

Sbelum menentukan langkah pengobatan,…

Daun
Mengenal Khasiat dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Alami
Kandungan Gizi Buah Kersen…

Kersen, terutama buahnya memiliki…

Manfaat
Mengetahui Beragam Manfaat Daging…

Di Indonesia sendiri daging…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Informasi tentang ikan salmon,…

Kesehatan
Apakah Buta Warna Bisa…

Apakah Buta Warna Bisa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Buah Yang Mengandung Senyawa Flavonoid dan Manfaatnya

Buah Yang Mengandung Senyawa Flavonoid…

Manfaat
Mengetahui Beragam Manfaat Daging Kelinci Bagi Tubuh

Dibalik kelucuan dan kegemasannya, ternyata…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah Blackberry Bagi Kesehatan

Beragam manfaat buah blackberry bagi…

Kirim Pertanyaan
Top