Waspadai Ini 3 Bahaya Olahraga Setelah Makan

Share dan Tag Temanmu di :

Bahaya olahraga setelah makan memang sering kali banyak orang yang tidak menyadarinya bahkan sebelum olahraga sebagian orang harus menambah nutrisi atau asupan makanan dahulu dengan alasan supaya saat olahraga mempunyai energi yang cukup padahal sebenarnya ada beberapa bahaya yang harus anda perhatikan khususnya pada orang yang memiliki penyakit asam lambung atau maag.


Menurut para ahli kesehatan bahwa olahraga yang paling baik itu dilakukan dalam kondisi sebelum makan atau perut kosong namun boleh juga dilakukan setelah makan asalkan harus ada jeda waktu yang pas sesuai dengan makanan apa yang dikonsumsi. Apabila hanya mengonsumsi air atau minuman supaya tidak dehidrasi maka boleh menunggu sekitar 15 sampai 20 menit setelah itu anda bisa melakukan olahraga. Namun jika anda mengonsumsi makanan berat dengan karbohidrast atau serat tinggi, maka anda perlu memberi jeda waktu hingga 2 jam.

Berikut ini ada 3 bahaya olahraga setelah makan yang harus anda waspadai, diantaranya :

  • Asam lambung meningkat

Asam lambung yaitu zat yang memang akan keluar jika anda mengonsumsi makanan. Secara natural asam lambung yaitu zat kimia yang membantu proses penghancuran makanan dalam lambung supaya kandungan nutrisinya diserap. Asam lambung akan memberikan manfaat bagi anda jika dalam keadaan jumlah yang normal namun jika dalam jumlah berlebihan dapat berbahaya dan asam lambung akan naik.

Bila sebelum olahraga anda makan maka yang akan terjadi yaitu refluks atau meningkatnya asam lambung yaitu asam lambung dikeluarkan secara normal untuk memetabolisme makanan kemudian asam lambung dikeluarkan karena anda beraktivitas. Bagi orang yang biasa hidup sehat, kadang hal ini tidak memberikan efek yang signifikan namun bagi penderita asam lambung, sakit yang hebat akan dirasakan sehingga anda harus menghentikan olahraga.

Jika tidak makan sebelum olahraga bagi penderita asam lambung tetap akan membuat asam lambung naik. Maka dari itu, tipsnya anda harus memberi jeda waktu dengan memakan makanan yang ringan seperti cukup minum air putih kemudian beri jeda hingga 30 menit kemudian baru anda bisa berolahraga.

  • Tersedak

Bagi sebagian orang tersedak dianggap hal yang biasa namun bagi penderita gangguan pernafasan atau penderita asma, tersedak yaitu hal yang berbahaya karena pada saat tersedak saluran pernafasan akan tertutup oleh makanan sehingga anda tidak bisa bernafas secara normal. Oleh sebab itu, jika ada orang yang tersedak maka harus segera berikan pertolongan pertama dengan benar.

Jika asupan okseigennya kurang dapat meningkatkan resiko asma dan kasus lain jika mengalami tersedak makanan dengan ukuran yang cukup besar dapat menyumbat saluran pernafasan sehingga anda tidak bisa bernafas. Apabila tidak ditangani dalam hitungan menit efek yang paling fatal yaitu kematian.

  • Mual dan muntah

Mual dan muntah yaitu efek dari yang pertama yakni meningkatnya asam lambung. Tentunya sebagian orang pernah mengalaminya, makan banyak kemudian melakukan aktivitas olahraga berat seperti basket, sepak bola, atau lari tak lama beberapa menit akan merasakan mual, mata mulai berkunang-kunang lalu dipaksakan sehingga akan mengalami muntah.

Itulah informasi mengenai bahaya olahraga setelah makan tanpada ada jeda waktu yang cukup. Sebaiknya sebelum olahraga anda mengkonsumsi minuman jus buah yang sehat lalu beri jeda sebentar selanjutnya boleh melakukan olahraga. Jika anda memaksa mengonsumsi makanan berat maka bisa jadi 3 bahaya diatas akan terjadi pada tubuh anda.

By Ana Rediana - Kesehatan Jum'at, 17 November 2017 15:33:32

Related Post :
Obat Kimia
Obat Pseudoephedrine Untuk Mengatasi…

Obat pseudeophedrine untuk mengatasi…

Obat Kimia
Obat Pereda Bronkitis Akut…

Obat Pereda Bronkitis Akut…

Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita…

Selain minum obat-obatan, baik…

Tips
Cara Benar Mengolah Buah…

Tahukah anda bagaimana cara…

Penyakit
Gejala-Gejala Lain Yang Mungkin…

Gejala-gejala lain yang mungkin…

Ibu Dan Anak
Cara Mencegah Penyakit Diabetes…

Cara mencegah penyakit diabetes…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengenal Penyakit Aorta Dissection yang Dialami Dahlan Iskan

Setelah lama tak terdengar kabarnya,…

Kesehatan
Awas! Penyakit Ini Timbul Akibat Penggunaan Ponsel Berlebihan

Awas!! Penggunaan ponsel secara berlebihan…

Kesehatan
Ingin Peredaran Darah Lancar? Konsumsilah 4 Makanan Ini !

Makanan untuk melancarkan peredaran darah…

Kirim Pertanyaan
Top