Mengenal Gejala Gegar Otak Yang Diduga Dialami Setya Novanto

Share dan Tag Temanmu di :

Gejala gegar otak bisa saja di alami oleh siapa yang mengalami benturan keras pada kepala, akibat jatuh maupun kecelakaan lalu lintas seperti halnya yang dialami oleh Setya Novanto pada kamis malam lalu. Untuk mengetahui lebih mendalam seputar penyakit gegar otak selengkapnya, anda bisa menyimak informasi berikut ini.


Pada 2 hari yang lalu, tepatnya hari kamis (16/11/2017), masyarakat di gemparkan dengan berita kecelakaan mobil Toyota Fortuner yang menabrak tiang listrik, yang di alami oleh ketua DPR RI yakni Setya Novanto. Berita tersebut terus mencuat dan semakin heboh, karena memang setya Novanto sendiri saat ini telah di tetapkan menjadi tersangka dan tengah menjadi Daftar Orang Dicari atau buronan KPK, akibat dugaan kasus korupsi E-KTP yang telah bergulir cukup lama.

Beberapa saat setelah kecelakaan terjadi, Ketua partai golkar tersebut langsung di larikan ke Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Jakarta Selatan dalam keadaan pingsan. Pengacaranyapun menuturkan, bahwa kecelakaan terjadi tidak jauh dari rumah sakit tersebut. Lanjutnya, saat itu Novanto terburu-buru menuju ke studio salah satu stasiun televisi swasta untuk menyiarkan siaran langsung.

Setelah itu, Novanto pun berencana akan mendatangi Komusi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberikan keterangan. Namun pada sekitar pukul 19.00 WIB, Fredich di hubungi oleh salah satu ajudannya, dan di kabari bahwa Novanto mengalami kecelakaan.

Disamping banyaknya kejanggalan dalam kecelakaan tersebut, pengacara Setya Novanto, Fredich Yunadi ini menyebut bahwa kliennya pada saat ini diduga mengalami gejala gegar otak, akibat benturan saat kecelakaan yang menyebabkan timbulnya benjolan sebesar bakpau di bagian atas pelipis kirinya. Namun menurutnya tim dokter juga akan mengecek Novanto mengalami gegar otak atau tidak.

"Sekarang Dokter cuma bilang biar istirahat total. Karena besok pagi masuk ke MRI scan. Apakah benar-benar gegar otak atau bagaimana. Karena ini di khawatirkan pusing dan bengkak luar biasa" pungkas Fredich saat di wawancarai di lantai 3 RS. Medika Pratama Hijau, Jakarta Selatan.

Mengenal berbagai gejala gegar otak yang diduga dialami Setya Novanto

Setelah mencuat kabar bahwasannya Setnov di duga mengalami penyakit gegar otak, pastinya anda penasaran bukan seperti apa jenis penyakit yang kini diduga diderita oleh Ketua DPR RI itu?

Gegar otak (Concussion) adalah istilah untuk tipe cereda di otak teringan dengan tipe cedera otak lainnya. Sebab, cidera otak sendiri terbagi ke dalam 3 bagian, yakni ringan, sedang dan berat. Adapun penyebab gegar otak sendiri bisa di sebabkan akibat benturan keras pada kepala, seperti saat jatuh, berolahraga hingga kecelakaan lalu lintas.

Sejatinya, posisi otak sendiri mengambang dalam cairan dalam tengkorak kepala. Sehingga, saat kepala menghantam benda keras, otak dapat bergeser dan membentur rulang tengkorak kepala. Hal tersebut membuat kinerja otak menjadi berubah dalam sesaat. Dan kondisi tersebutlah yang di maksud dengan gegar otak.

Jika di lihat dari tingkat keparahannya, gegar otak sendiri terbagi menjadi tiga macam:

- Gegar otak ringan. Kondisi gegar otak ini umumnya berlangsung kurang dari 15 menit dan penderita tifdak mengalami hilang kesadaran.

- Gegar otak sedang. Gejala pada umumnya dapat bertahan hingga 15 menit, dan penderita juga tidak mengalami kehilangan kesadaran.

- Gegar otak berat. Penderitanya mengalami hilangan kesadaran, keseimbangan bahkan hilang ingatan atau amnesia, meski hanya dalam itungan detik juga bisa di kategorikan mengalami gegar otak berat.

Gejala gegar otak sendiri umumnya bisa berlangsung  lama maupun hanya dalam beberapa detik saja. Bahkan ada juga seseorang yang tidak langsung mengalami gegar otak. Dan berikut adalah ciri-ciri seseorang mengalami kondisi gegar otak:

  • Mengalami sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Merasa kebingungan
  • Penglihatan yang kabur
  • Mengalami kesullitan untuk berkonsentrasi
  • Mengalami hilang keseimbangan di dalam tubuh
  • Sensitif terhadap suara dan cahaya
  • Telinga terasa berdenging
  • Bicara yang tiba-tiba menjadi cadel
  • Terjadi perubahan perilaku pada pasien
  •  Hilang ingatan (amnesia)

Adapun untuk langkah pertolongan pertama saat anda melihat ada orang yang mengalami gegar otak, ataupun anda mengalami cidera pada kepala akibat benturan yang cukup keras, anda sebaiknya hentikan aktivitas dan duduklah dengan tenang. Hindari aktivitas yang bisa memicu terjadi gegar otak selanjutnya, agar gejala tidak berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Sedangkan, apabila gegar otak terjadi pada anak maupun balita, sebaiknya di perlukan pengawasan orang dewasa untuk mengetahui apakah ada perubahan perilaku. Pengawasan  di lakukan minimal pada hari pertama, sebaba anak mungkin sulit untuk mengungkapkan apa yang dialaminya. Selain itu jangan pula berikan ia obat tanpa resep dopkter, terutama jenis aspirin karena itu dapat memicu terjadinya pendarahan.

Namun sebaiknya penderita gegar otak perlu secepatnya mendapatkan pertolongan medis, apabila gejala di sertai dengan demam, keluar cairan atau darah dari lubang hidung atau telinga, kejang, tidak bisa menggerakan bola mata, muntah yang berulang, mengalami kelemahan otot, kebingungan yang berkepanjangan hingga kehilangan kesadaran dalam waktu yang lama bahkan koma.

Adapun untuk upaya pencegahan gegar otak, sebaiknya selalu lindungi kepala anda, baik itu menggunakan helm saat bersepeda atau menaiki motor, dan juga menggunakan sabuk pengaman saat berpergian dengan mobil. Dan apabila anda jatuh sebisa mungkin lindungi kepala anda dengan tangan atau dengan posisi yang tidak membahayakan kepala.

Nah, itulah ulasan dingkat terkait gejala gegar otak yang kini di duga tengah diderita Setya Novanto. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran anda terhadap kondisi yang di sebut-sebut tengah di derita oleh Setnov. Adapun untuk kebenaran kondisi Setia Novanto yang sesungguhnya, mari kita serahkan pada tim medis dan Alloh SWT sepenuhnya. Salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Sabtu, 18 November 2017 14:46:54

Related Post :
Tips
Cara Ampuh Menurunkan Lemak…

Banyak cara orang untuk…

Manfaat
Manfaat Akupuntur Terapi Tusuk…

Manfaat akupuntur terapi tusuk…

Penyakit
Penyebab Radang Tenggorokan Dan…

Radang tenggorokan adalah peradangan…

Penyakit
Mengenal Penyebab Bronkitis Dan…

Berikut adalah informasi tentang…

Kesehatan
Olahraga Terbaik Untuk Menurunkan…

Olahraga terbaik untuk menurunkan…

Penyakit
Cara Mengidentifikasi Penyakit Migrain

Penyakit migrain seringkali tidak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Tanda Tanda Penyakit Liver Yang Sudah Parah

Tanda penyakit liver yang sudah…

Penyakit
Komplikasi Penyakit Kolera Jika Tidak Segera Ditangani

Jika tidak segera ditangani dengan…

Penyakit
Faktor Yang Meningkatkan Risiko Terkena Kanker Lambung

Faktor yang meningkatkan risiko terkena…

Kirim Pertanyaan
Top