Cara Ini Efektif Mengobati Vaginitis Secara Alami Dengan Mudah

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mengobati vaginitis ternyata tak harus selalu ke dokter maupun membeli obat ke apotik. Karena beberapa bahan alami yang mudah di temukan di rumah juga nyatanya bisa di manfaatkan untuk mengatasi masalah infeksi atau peradangan vagina ini. Adapun bagi anda yang tak sabar untuk mengetahui informasinya, anda bisa menyimak informasi berikut ini.


Vaginitis adalah suatau penyakit infeksi atau peradangan yang menyerang daerah organ intim wanita. Penyakit yang di sebut-sebut sebagai penyakit menular sksual ini umumnya dapat terjadi akibat adanya perumbuhan jamur maupun bakteri,

Adapun selain dari pada itu, terdapat berbagai faktor lainnya yang menjadi penyebab vaginitis. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Adanya alergi dan iritasi pada organ intim wanita.
  • Kekurangan hormon estrogen.
  • Adanya infeksi jamur dan ragi.
  • Adanya bacterial Vaginosis (BV), yakni Gardnerella vaginosis akibat hubungan seksual tidak sehat
  • Mengalami trikmopniasis (salah satu jenis penyakit menular seksual).

Dan sebagaimana informasi yang telah kami sapaikan pada artikel sebelumnya, gejala vaginitis yang kerap kali muncul diantaranya adalah nyeri saat berkemih, mengalami keputihan dan bau tidak sedap, gatal didaerah vagina, mengalami iritasi, rasa tidak nyaman saat berhubungan badan atau BAK, dan masih banyak lagi yang lainnya,

Cara mengobati vaginitis secara alami dengan mudah di rumah

Selain dari pada memperhatikan berbagai gejalanya, vaginitis sendiri bisa di tetapkan dengan pasti pada seseorang dengan melakukan diagnosis vaginitis. Selain dokter akan menanyakan berbagai gejala yang di alami, riwayat kesehatan serta memeriksa kondisi vagina, dokter juga akan mengambil sampel cairan dari vagina serta memeriksa kesimbangan pH pada vagina.

Jika anda poisitif mengalami vaginitis, jangan khawatir. Anda bisa menerapkan beberapa cara alami ini sebagai langkah pengobatan alternatif vaginitis di rumah.

1. Mengonsumsi buah jeruk

Untuk cara mengatasi vaginitis yang pertama anda bisa menggunakan buah jeruk. Jeruk sendiri pada dasarnya mengandung vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melindungi dari berbagai macam infeksi.

2. Bawang putih

Selain menjadi rempah yang sering di gunakan dalam masakan, bawang putih sendiri termasuk ke dalam obat-oabatan alami yang memiliki khasiat untuk meredakan infeksi bakteri termasuk pada area kewanitaan. Caranya, anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau meletakannya di area vagina dan membilasnya menggunakan air bersih.

3. Minyak pohon teh

Minyak essensial yang satu ini di ketahui mampu meredakan gejala penyakit vaginitis. Adapun salah satu kandungan di dalamnya adalah sifat antibakteri alami sekaligus sebagai antijamur yang mampu mengobati infeksi pada area kewanitaan. Selain dari pada itu, minyak alami ini juga mampu menghilangkan bau tak sedap diarea kewanitaan.

Untuk caranya sendiri, anda bisa mencampurkan 4 hingga 5 tetes minyak pohon teh ke dalam semangkuk kecil yang berisi air hangat. Setelah itu, gunakan ramuan tersebut untuk mencuci area organ intim. Lakukan cara ini sebanyak sekali dalam sehari hingga vaginitis anda sembuh. Namun bagi wanita hamil, sebaiknya menghindari metode ini.

4. Mengonsumsi yogurt

Produk olahan susu yang satu ini di ketahui mengandung probiotik, yang merupakan bakteri baik yang dapat menjadi kultur aktif untuk mengobati masalah kewanitaan. Caranya, anda bisa mencelupkan tampon pada yogurt, lalu menerapkannya pada organ intim selama beberapa jam. Ulangi cara ini sebanyak 2 kali dalam sehari hingga gejalanya menghilang.

5. Memanfaatkan sari cuka apel

Bahan alami yang satu ini juga bisa diamnfaatkan sebagai obat rumah untuk mengatasi vaginitis. Adapun untuk caranya, anda bisa mencampurkan cuka sari apel dalam bak mandi dan rendam vagina dalam wadah tersebut selama 15-20 menit.

6. Kunyit dan susu

Pengobatan alami selanjutnya yakni dengan memanfaatkan kunyit dan juga susu. Caranya, campurkan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok teh ke dalam segelas susu hangat. Aduk hingga merata dan konsumsi ramuan ini secara teratur hingga gejala mereda.

7. Kompres dingin

Cara alami mengatasi vaginitis yang tak kalah efektif yakni dengan menggunakan kompres dingin. Nantinya, kompres sendiri akan membantu mengontrol peradangan yang menjadi salah satu gejala vaginitis. Suhu dingin pada kompres sendiri akan membuat area organ intim menjadi mati rasa, sehingga mampu membantu menghilangkan rasa gatal, nyeri serta berbagai ketidaknyamanan.

Adapun untuk cara penggunaannya anda bisa menggunakan es batu yang di letakan di atas kain. Setelah diikat, letakkan kompres tersebut ke organ intim selama 1 menit. Istirahat sejenak, lalu ganti dengan es yang baru secara berulang selang waktu beberapa menit, hingga anda merasakan nyaman tanpa merasakan kembali gejalanya.

Selain dari pada itu, ada juga beberapa tips yang dapat membantu mempercepat pemulihan vaginitis yang sebaiknya juga perlu anda perhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Selalu menggunakan celana dalam berbahan katun.
  • Jangan menggunakan douche vagina
  • Jangan menggunaklan petroleum jelly atau minyak untuk pelumasan vagina.
  • Jika anda menggunakan obat untuk mengatasinya, perhatikan petunjuk pemakaian yang tepat.
  • Jangan melakukan hubungan seksual terlebih dahulu selama pengobatan.
  • Jangan menggaruk apabila vagina terasa gatal.
  • Hindari kontak vagina dengan sesuatau yang dapat mengiritasi vagina seperti produk kesehatan feminim dan sebagainya.
  • Selalu gunakan kondom saat melakukan hubungan seksual.
  • Disarankan mengonsumsi prosuk kesehatan walatra bersih wanita.
  • Selalu membersihkan vagina dari depan ke belakang setelah buang air besar mauopun kecil.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar cara mengobati vaginitis secara alami dengan mudah. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesepatan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda semua. Salam sehat!

By Nida Saripah - Tips Senin, 20 November 2017 11:15:21

Related Post :
Penyakit
Mengenal Penyebab Bronkitis Dan…

Berikut adalah informasi tentang…

Kesehatan
Makanan Yang Harus Dihindari…

Makanan yang harus dihindari…

Daun
Mengenal Lebih Dekat Khasiat…

Selain sering kali di…

Tips
Tips Cara Memasak Sayuran…

tips cara menikmati sayuran…

Ibu Dan Anak
Benarkah Tisu Basah Berbahaya…

Benarkah tisu basah berbahaya…

Ibu Dan Anak
Bahaya Bayi Tidur Tengkurap…

Mayoritas orang tua belum…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Sehat Untuk Ibu Hamil Penderita Penyakit Epilepsi

Berikut adalah berbagai tips sehat…

Tips
Tips Ampuh Atasi Sesak Nafas Tanpa Obat

Berikut ini merupakan beberapa tips…

Tips
Kirim Pertanyaan
Top