Jangan Bersihkan Telinga dengan Cutton Bud! Ini Bahayanya

Share dan Tag Temanmu di :

Cutton bud atau sering disebut juga dengan korek kuping merupakan salah satu alat yang umum digunakan untuk membersihkan kotoran yang ada didalam telinga. Tidak  butuh waktu lama, mudah didapatkan dan harganya yang murah menjadikan cutton bud sebagai pilihan untuk membersihkan telinga. 

Namun, dibalik kemudahan yang diberikannya, ternyata cutton bud disebut-sebut sebagai pemicu ribuan anak di Amerika Serikan di larikan ke rumah sakit setiap tahunnya karena cedera pada telinga.


Pada sebagian orang, kotoran telinga bisa menumpuk dengan sangat cepat hingga mengurangi kemampuan mendengar, dan di beberapa kasus, timbul rasa sakit. Untuk menghilangkan kotoran tersebut, banyak orang yang memilih cutton bud. Padahal, meskipun membersihkan telinga dengan cutton bud umum dilakukan, para ahli mengungkapkan bahwa membersihkan telinga dengan cutton bud bisa menyebabkan gangguan pendengaran atau kerusakan pada saluran dalam telinga. 

Ketua American Academy of Otolaryngology, Dr Seth Schwartz, menyatakan bahwa secara tidak sadar, banyak orang yang megorek telinga terlalu dalam sehingga serum atau kotoran telinga justru bisa terdorong lebih dalam ke saluran telinga. 

Selain itu, mengorek kotoran telinga menggunakan cutton bud juga bisa menusuk gendang telinga, merusak tulang rawan di telinga, hingga menyebabkan infeksi. Akibat lainnya, yaitu bisa menyebabkan nyeri, gatal, rasa penuh di telinga, berdengung, aroma yang tidak sedap dari telinga, dan berujung pada gangguan pendengaran. 

Tidak hanya itu, berikut ini merupakan bahaya bersihkan telinga dengan cutton bud yang perlu diketahui, yaitu :

  • Tuli sebelah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penggunaan cutton bud untuk membersihkan telinga bisa menyebabkan kotoran masuk lebih dalam. Hal ini bisa berdampak tertutupnya gentang telinga, sehingga suara tidak bisa terdengar. Maka dari itu, sebaiknya kunjungi dokter untuk membersihkan telinga dengan benar dan aman.

  • Masuknya  binatang

Jika Anda terlalu sering membersihkan telinga, kama Anad tidak memiliki lagi penjaga. Artinya, binatang kecil, seperti semut akan mudah masuk. 

Pasalnya, kotoran telinga juga bermanfaat untuk membunuh binatang kecil yang masuk ke dalam telinga. Hal ini pernah dialami oleh seorang wanita di Amerika Serikat. Awalnya ia merasa telinganya gatal. Ketika diperiksa, ternyata ada laba-laba yang hidup di dalam telinganya, dan bahkan sudah bertelur.

  • Jerawat dalam telinga

Kondisi ini juga pernah terjadi di Negeri Paman Sam. Dalam Women's Health Magazine disebutkan bahwa seorang wanita membersihkan telinga dengan cutton bud terlalu dalam, yang berakibat terjadinya sebuah infeksi di dalam telinga.

infeksi tersebut kemudian menimbulkan jerawat di dalam telinga. Karena letaknya yang sangat dalam, dokter pun kesulitan untuk mengatasi jerawat tersebut. Akhirnya dokter memberikan obat tetes untuk mengobati bisul atau jerawat dan menghentikan infeksi. Namun, ini bukan obat tetes biasa, karena harganya mencapai 1,3 juta rupiah. 

Membersihkan telinga bukanlah hal yang dilarang. Namun, sebaiknya Anda berhati-hati ketika membersihkan telinga dan lakukan dengan tepat, karena salah membersihkan telinga bisa rusak sistem pendengaran. Untuk mengurangi timbulnya risiko akibat kesalahan dalam membersihkan telinga, sebaiknya Anda kunjungi dokter untuk melakukan pembersihan telinga.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 20 November 2017 15:43:03

Related Post :
Ibu Dan Anak
Inilah Manfaat Ajaib Madu…

Beragam manfaat dan khasiat…

Penyakit
Waspada! Ini Bahaya Sindrom…

Waspada!! ini bahaya sindrom…

Manfaat
Manfaat Daun Apel yang…

Bukan hanya buah apel…

Obat Kimia
Obat Simethicone Untuk Mengatasi…

Anda pernah mengalami bersendawa…

Tips
Cara Mudah Cegah Perut…

Jika Anda sering mengalami…

Ibu Hamil
Inilah Daftar Makanan Sehat…

Berikut ini daftar makanan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Ketahui Gejala Penyebab Dan Pencegahan Jantung Bengkak

Informasi tentang penyebab, gejala dan…

Kesehatan
Perawatan Luka Diabetes Terbaru Dan Modern Di Rumah

Tata cara perawatan luka diabetes…

Kesehatan
Manfaat Lain Tisu Basah yang Jarang Diketahui

Tisu basahkini tidak hanya identik…

Kirim Pertanyaan
Top