Lakukan Hal Ini Jika Telinga Kemasukan Semut !

Share dan Tag Temanmu di :

Karena memiliki bentuk yang kecil, maka semut bisa dengan mudah masuk ke manapun, termasuk ke dalam telinga manusia. Telinga merupakan salah satu organ tubuh yang paling sensitif. Maka dari itu, jika ada benda asing yang masuk ke dalam saluran telinga maka bisa berakibat fatal. Pasalnya, selain bisa menyumbat telinga, hal ini juga bisa menyebabkan iritasi bahkan mengganggu pendengaran untuk sementara waktu.


Ketika telinga kita kemasukan semut, sebiaknya jangan panik dan tetap tenang. Namun, karena khawatir, sebagian besar orang yang mengalami hal ini akan menggunakan cutton bud untuk mengeluarkan semut atau serangga yang masuk ke telinga. 

Namun, apakah Anda tahu jika hal tersebut justru akan mendorong semut masuk semakin dalam. Selain itu, cara lain yang juga biasa dilakukan untuk mengeluarkan semu yaitu dengan memasukkan air ke dalam telinga. Namun, cara ini tidak akan efektif. Justru cara ini akan membuat semut merasa terancam dan dikhawatirkan mereka akan menggigit bagian dalam telinga. 

Sebenarnya, ada cara mudah yang bisa dilakukan jika telinga kemasukan semut. Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan mengarahkan telinga yang kemasukan semut ke arah cahaya. Hal ini disebabkan karena biasanya semut akan mencari sumber cahaya. Dengan begitu, maka diharapkan semut akan keluar dengan sendirinya. 

Selain itu, Anda juga bisa mengusapkan baby oil ke telinga yang kemasukan semut. Cara ini diharapkan bisa membunuh serangga atau semut terlebih dahulu, sehingga mereka tidak bisa bergerak ke mana-mana dan tidak masuk lebih dalam. Jika tidak terdapat baby oil, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa yang dingin dan bersih. 

Langkah lain yang juga bisa dilakukan, yaitu dengan menutup lubang telinga yang satunya yang tidak kemasukan semut. Misalkan, jika yang dimasuki semut adalah telinga kiri, maka yang ditutup adalah telinga kanan. Tahan posisi ini dlaam beberapa detik atau menit. Cara tersebut diyakini dapat membuat semut keluar dari lubang telinga secara perlahan.

Perlu diketahui, jika selama ini ada yang beranggapan bahwa semut yang masuk ke dalam telinga bisa memasuki area otak, sebenanrnya hal tersebut salah. Ketika semut memasuki telinga dan semakin masuk ke dalam, maka ia akan terjebak karena terhalang oleh gendang telinga. Jadi, selama gendang telinga masin normal dan belum robek, maka sebenarnya itu masih tetap aman. Sehingga kita tidak perlu merasa cemas akan bahaya masuknya semut ke dalam telinga. 

Ketika mengalami hal ini, sebaiknya jangan memasukkan cairan ke dalam telinga secara sembarangan. Jika terpaksa mau mencoba, sebaiknya gunakan baby oil dan jangan menggunakan minyak goreng. Selain itu, hindari mengorek bagian dalam telinga Anda. Semoga membantu.

By Sri Maryati - Tips Selasa, 21 November 2017 14:28:57

Related Post :
Kesehatan
Makanan Yang Berbahaya Bagi…

Ada beberapa makanan yang…

Ibu Dan Anak
Mengenal Penyakit Trisomi 13…

Adam Fabumi akhir-akhir ini…

Kesehatan
Sayur dan Buah yang…

Mata minus memiliki tingkat…

Kesehatan
Perbedaan Tumor dan Kanker…

Tidak semua benjolan yang…

Kesehatan
Wajib Tahu! 10 Buah…

Selain minum obat, untuk…

Kesehatan
Makanan yang Harus Dihindari…

Selain mengonsumsi obat penurun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Membersihkan Usus Besar Yang Kotor Secara Alami

Cara dan tips membersihkan usus…

Tips
Tips Agar Lancar Buang Air Besar Setiap Hari

Ada beberapa tips agar lancar…

Tips
Kirim Pertanyaan
Top