Inilah Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Otak Dan Kesehatan Lainnya!

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat ginkgo biloba pada saat ini sudah mulai dirasakan oleh segelintir orang yang telah menggunakannya. Bahkan, herba yang satu ini telah di promosikan sebagai salah satu bahan herbal yang diyakini memiliki khasiat penting untuk pembentukan energi dan juga kesehatan.


Ginkgo biloba adalah sejenis herbal dari tanaman yang berasal dari Tiongkok yang di temukan sejak 5000 tahun yang lalu. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Salisburia adiantifolia ini sendiri telah sejak lama di gunakan untuk pengobatan berbagai jenis penyakit, yang mana keefektifannya sudah banyak terbukti.

Salah satu jenis tanaman obat herbal yang satu ini diketahui merupakan ekstrak alami dari daun pohon ginkgobiloba yang bernama pohon maidenhair. Tak sedikit dari pada peneliti yang berasal dari beberapa negara seperti China, Jerman, Prancis berhasil membuktikan akan efektivitas dari ekstrak ginkgo biloba tersebut.

Hanya saja informasi terkait khasiat herbal yang satu ini masih terbatas. Sehingga tak banyak yang tahu bahwasannya kinerja utama dari ginkgo biloba sendiri adalah untuk memperlancar sirkulasi darah. Dan tak banyak pula yang paham akan kinerja ginkgo biloba, yang ternyata bisa bekerja mempengaruhi kinerja otak dan mata secara sekaligus. Bahkan pada kenyataannya, kegunaan ginkgo biloba lebih luas dari pada apa yang diinformasikan oleh berbagai media selam ini.

Kandungan nutrisi dan gizi ginkgo biloba

Selain daun unik melebarnya yang khas, daun ini juga di ketahui mengandung deretan  khasiat vitamin, mineral dan senyawa alami penting didalamnya. Menurut berbagai sumber terpercaya yang telah kami rangkum berikut, tanaman perdu yang konon termasuk jenis tanaman yang paling kuno didunia ini memiliki kandungan senyawa sebagai berikut:

  • Vitamin C
  • Ginkgolida (senyawa antioksidan berupa flavonoid)
  • Terpenoid
  • Quertecin
  • Kaempferol
  • Zat 4-0- metil piridoksin (suatu zat anti vitamin B6 neurotoksin)
  • Isorhamnetin
  • Proanthocyanidin quertecion
  • Magnesium
  • Potassium
  • Zinc
  • Niacin
  • Sodium
  • Vitamin D
  • Vitamin A
  • Dan lainnya.

Khasiat dan manfaat ginkgo biloba untuk otak serta kesehatan secara menyeluruh

Setelah kita mengetahui berbagai kandungan alami yang terdapat di dalamnya, maka tak heran jika manfaat herba inipun melimpah untuk kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melancarkan sirkulasi darah

Menurut The American Journal of Medicine, dalam jurnal Ginkgo Biloba extract for the treatment of intermittent claudication: a meta-analysis of randomized trials tahun 2000 disana jelaskan bagaimana ginkgo biloba bekerja secara efektif untuk mengurangi serta meradakan sirkulasi darah yang buruk pada penyakit claudication.

Kemampuannya ini dapat membantu memperbaiki kondisi pembuluh darah, melebarkan pembuluh darah dan merangsang aliran darah hingga ke ujung sel-sel tubuh.

2. Memperbaiki fungsi otak

Berdasarkan jurnal yang berjudul "The memory enhancing effects of a Ginkgo biloba/Panax Ginseng combination in healthy middle-aged volunteers" yang terbuita pada tahun 2000, di ungkapkan bahwasannya ginkgo biloba dapat memberikan stimulan positif untuk ingatan, daya pikir, konsentrasi dan mengatasi efek lelah atau penat pada otak.

Hal tersebut lantaran sejumlah enzim yang bekerja sebagai perangsang sistem neurotransmitter dan kandungan antioksidannya bekerja membersihkan jaringan dari radikal bebas, di samping  sirkulasi darah menjadi lancar. Sehingga tak sedikit yang menyatakan bahwasannya ginkgo biloba ini merupakan salah satu herbal otak terbaik.

Dan karena kemampuannya dalam menstimulasi kemampuan caognitif ini menjadikan ginkgo biloba juga banyak di akui secara medis mampu memberikan pengaruh positif terhadap gangguan kesegatan demensia dan juga alzheimer.  Stimulan di dalamnya mampu mencegah keruksakan neurotransmitter dan mengatasi kerukakan sistem saraf yang mengacaukan ingatan dan sistem kognitif.

3. Menjaga kesehatan mata

Selain untuk otak, kekuatan khasiat lainnya yang paling menonjoal adalah untuk penglihatan. Dalam Cochrane Library, anda bisa menemukan salah satu riset yang di publikasikan pada tahun 1999 yang bertajuk Ginkgo biloba extract for age-related macular degenaration.

Di jelaskan di dalamnya, bahwa ekstrak ginkgo biloba akan efektif untuk membantu menstimulasi sistem jaringan saraf pada mata, menjaga kesehatan jaringan pada mata dengan cara memperbaiki setiap keruksakan sel yang terjadi. Dan di jelaskan pula bagaimana mereka yang mengonsumsi daun ginkgo biloba tersebut secara rutin akan mendapatkan penglihatan yang lebih panjang di bandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

4. Membantu mengatasi depresi

Saat seseorang mengalami depresi, biasanya sejumlah hormon akan bekerja menurunkan metabolisme. Dan hal tersebut memicu penderita depresi merasa lemas dan tidak beredaya tak bersemangat. Namun kandungan ginkgo biloba akan bekerja berlawanan dengan kondisi tersebut. Caranya yaitu dengan menstimulasi darah dan metabolisme.

Sehingga supalai nutrisi dan juga energi meuju otak akan cukup kuat untuk kembali mengaktifkan himpunan sel halus dalam otak yang menurun fungsinya akibat depresi. Hal tersebut akhirnya akan memancing timbulnya hormon pemicu rasa senang dan bersemangat, seperti halnya hormon serotonin dan hormon dopamin. Maka dari itu, dengan mengonsumsi ginkgo biloba mampu mengembalikan mood hingga mengendalikan emosi.

5. Membantu mengurangi gejala nyeri sendi

Di dalam ginkgo biloba juga di ketahui mengandung antiinflamasi yang bekerja untuk mengatasi sejumlah keluhan peradangan dan juga inflamasi dalam tubuh. Sifat analgesik di dalamnya mampu membuatnya kerap menjadi pilihan herbal dalam mengatasi nyeri sendi akibat asam urat, artyhritis hingga rematik.

6. Mengobati migrain

Selain mampu meredakan nyeri sendi, sifat analgesik yang terkandung di dalam ginkgo biloba juga ternyata mampu menghilangkan migrain. Sifatnya yangh efektif mendorong siirkulasi darah juga akan mengahantarkan darah menuju otak atau mampu meningkatkan suplai oksigen ke otak. Dan di saat yang berasamaan, sirkulasi darah yang lancar akan menjadi stimulan beurotransmiter untuk bekerja lebih baik meredakan gejala migrain.

7. Memperbaiki keruksakan pada pembuluh darah

Pada dasarnya ginkgo biloba juga di ketahuo mampu mengatasi keluhan seputar sirkulasi darah seperti pendarahan, tekanan darah serta keruksakan dinding pembuluh darah. Kandungan terpenoid didalamnya bekerja meregenerasi sel pembuluh darah serta mengembalikan elastisitas pembuluh darah yang rusak akibat endapan plak kolesterol.

8. Bersifat sebagai antikanker

Antioksidan yang terdapat di dalam herba yang satu ini menurut laman Organictfact terdiri setidaknya lebih dari 5 macam. Diantaranya yaitu quercetin, terpenoid, flavonoid, klorofil dan juga polifenol. Berbagai kandungan antioksiodan tersebut bekerja cukup efektif dalam melawan oksidasi sel serta menjaga kemurniaan DNA. Antioksidan ini juga akan bekerja untuk mengatasi serta menetralkan sejumlah oksidan di dalam tubuh yang memiliki kemampuan untuk merusak.

9. Bersifat sebagai antipenuaan dini

Kemampuan manfaat daun ginkgo biloba dalam menstimulasi sirkulasi darah membuat aliran darah menuju sel tepi termasuk kulit akan menjadi lebih optimal. Kulit yang bernutrisi serta mendapatkan asupan oksigen memadai akan menghasilkan kulit menjadi lebih sehat dan juga bebas dari keriput.

Bahkan dalam riset yang di kembangkan oleh pakar dermatologi herbal asal Jepang, Yuji Naito di temukan bahwasannya khasiat ginkgobiloba terhadap kesehatan kulit, termasuk dalam mengatasi penuaan dini, Kandungan antibiotik serta antiinflamasi pada herba ini di ketahui efektif mengatasi keluhan jerawat dan juga jamur pada kulit. Bahkan herba yang satu ini juga di ketahui baik untuk kesehatan rambut.

Nah, itulah berbagai khasiat dan manfaat ginkgo biloba untuk otak dan kesehatan secara menyeluruh. Adapun bagi anda yang ingin merasakan manfaat dari ginkgo biloba secara praktis yang juga di kombinasikan dengan herbal alami sehingga memiliki manfaat yang lebih efektif, anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi Walatra berry jus. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat. Salam sehat!

By Nida Saripah - Manfaat Selasa, 21 November 2017 16:12:32

Related Post :
Kesehatan
Bahaya Minuman Keras Bagi…

Minuman keras atau minuman…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Gondongan…

Penyebab dan gejala gondongan…

Kesehatan
Waspada! Singkong Mentah Bisa…

Singkong merupakan salah satu…

Tips
3 Tips Tetap Cantik…

Meskipun sudah memasuki usia…

Kesehatan
Perubahan yang Terjadi Pada…

Walaupun menyehatkan, namun ada…

Kesehatan
Menu Makanan untuk Penderita…

Untuk membantu menurunkan kadar…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Daging Kerbau Bagi Kesehatan

Mengetahui kandungan nutrisi lengkap serta…

Manfaat
Jangan Buang Biji Pepaya! Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Beragam manfaat biji buah pepaya…

Manfaat
Jangan Dibuang! Kulit Telur Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

Jika biasanya kulit telur dibuang,…

Kirim Pertanyaan
Top