Awas! Meskipun Alami Jangan Gunakan Bahan Ini pada Wajah

Share dan Tag Temanmu di :

Saat ini, keberadaan bahan-bahan alami semakin populer di masyarakat. Biasanya bahan-bahan alami ini digunakan karena manfaatnya yang baik bagi kesehatan. Bahkan, bukan hanya itu saja, kini banyak bahan-bahan alami yang juga diketahui berkhasiat bagi kecantikan.

Di tengah-tengah maraknya berbagai produk kosmetik yang dapat memberikan manfaat bagi kecantikan, beberapa bahan alami masih cukup sering digunakan. Hal ini disebabkan karena banyak yang meyakini bahwa bahan alami ini memiliki khasiat yang tidak kalah ampuh dengan produk-produk kecantikan lainnya serta tidak memiliki kandungan bahan kimia apapun, sehingga minim efek samping. 


Ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Namun, meskipun alami jangan gunakan bahan ini pada wajah secara sembarangan. Karena ada beberapa bahan alami yang ternyata bisa menimbulkan bahaya. Beberapa bahan alami tersebut diantaranya adalah :

  • Telur mentah

Telur mentah, lebih tepatnya putih telur mentah sering kali disarankan sebagai masker wajah untuk membantu mengencengkan kulit dan menghilangkan komedo. Namun, perlu diketahui, telur mentah mengandung salmonella bacteria yang berbahaya bagi kesehatan jika Anda memakannya. Jadi, hati-hati ketika menggunakan masker putih telur. Jangan sampai putih telur masuk ke dalam mulut Anda. 

  • Perasan buah lemon

Selain putih telur mentah, perasan air lemon juga cukup sering direkomendasikan sebagai masker wajah alami. Lemon dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat atau memudarkan noda hitam di wajah. Namun, apakah hal tersebut aman untuk dilakukan, mengingat lemon memiliki sifat asam ?

Menurut seorang dermatologi di Danbury, CT, Mona Gohara, M.D., air perasan lemon tidak boleh digunakan pada wajah. Hal ini disebabkan karena sifat asam pada lemon bisa mengubah pH kulit dan menghancurkan barrier kulit yang bisa membuat kulit Anda jadi lebih mudah meradang, iritasi, dan bahkan bisa menimbulkan noda di wajah. Air perasan lemon juga bisa membuat kulit jadi lebih sensitif terhadap sinar UV.

  • Soda kue

Baking soda sering kali digunakan sebagai DIY mask dan biasanya dikombinasikan dengan madu atau bahan alami lainnya untuk meredakan jerawat adn sebagai scrub yang membuat wajah mulus. Namun, hal ini sangat tidak disarankan. 

Baking soda mengandung alkali dan pH yang terlalu tinggi untuk kulit wajah. Normalnya wajah memiliki kadar pH 4,5 - 5, sedangkan baking soda memiliki pH 9. Menggunakan bahan yang memiliki kandungan pH dan alkali yang tinggi bisa merusak lapisan minyak alami kulit yang bermanfaat untuk mencegah bersarangnya bakteri. Maka dari itu, sebaiknya tidak menggunakan baking soda sebagai salah satu bahan masker wajah Anda. 

Itulah 3 bahan alami yang sebaiknya tidak digunakan pada kulit wajah. Ada banyak bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik kulit wajah Anda. Namun, sebelum menggunakannya, alangkah baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 22 November 2017 11:36:47

Related Post :
Obat Kimia
Manfaat Obat Celecoxib Untuk…

Manfaat obat celecoxib untuk…

Penyakit
Ketahui Ciri-ciri Infeksi Saluran…

Ketahui ciri-ciri infeksi saluran…

Tips
Cara Sehat dan Aman…

Mengonsumsi daging kurban secara…

Kesehatan
Benarkah Terserang Flu saat…

Sakit tenggorokan, batuk, dan…

Kesehatan
Anda Penderita Maag? Hindari…

Berikut adalah berbagai menu…

Manfaat
Kandungan Dan manfaat Daun…

Bagi masyarakat Indonesia, daun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Pola Makan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Penting untuk penderita diabetes dalam…

Kesehatan
Makanan Pantangan bagi Penderita Rematik

Makanan pantangan bagi penderita rematik…

Kesehatan
Cara Mengubah Fast Food Jadi Makanan yang Lebih Sehat

Makanan cepat saji memang dapat…

Kirim Pertanyaan
Top