Sakit Tenggorokan Tak Kunjung Sembuh? Awas Penyakit Laringitis !

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit laringitis pada umumnya muncul secara tiba-tiba, yang di tandai dengan sakit tenggorokan dan gejala lainnya. Bahkan kondisi ini diketahui menjadi salah satu penyebab suara serak berkepanjangan. Namun bagi anda yang belum mengetahui apa itu laringitis pastinya, anda akan bertanya-tanya. Sebenarnya apa itu laringitis? Untuk mengetahui informasi selengkapnya, anda bisa mengetahui informasi berikut ini.


Laringitis adalah peradangan yang terjadi pada laring atau kotak pita suara yang terdapat didalam tenggorokan. Tak hanya di alami oleh dewasa, kondisi ini juga bisa dialami oleh anak-anak. Bahkan pada beberapa kasus, jika kondisi ini di alami oleh anak kecil, maka bisa menimbulkan masalah kesulitan untuk bernapas akibat struktur pernapasannya yang masih kecil.

Mengenal gejala dan penyebab dari penyakit laringitis

Pada umumnya, gejala laringitis yang sering kali muncul adalah nyeri tenggorokan, batuk, demam, suara serak hingga kehilangan suara sama sekali. Berbagai gejala tersebut umumnya muncul secara tiba-tiba, lalu memburuk selama 2 sampai 3 hari dan pulih dalam waktu satu minggu tanpa pengobatan. Suara serak dan kesulitan  mengeluarkan suara biasa menjadi gejala yang pulih terakhir di bandingkan dengan gejala lainnya.

Meski begitu, kondisi ini juga bisa bertahan hingga dua minggu bahkan lebih. Jika hal serupa terjadi, sebaiknya anda segera memeriksakan kondisi anda ke dokter. Terlebih gejala yang di alami semakin parah, seperti kesulitan bernapas, maka bantuan medis sangat di perlukan secepatnya.

Dan jika di lihat berdasarkan rentang waktu gejala terjadi, laringitis sendiri terbagi menjadi dua, yakni:

- Laringitis akut: Biasanya di sebabakan oleh virus maupun bakteri, yang di sertai dengan pita suara yang menegang.

- Laringitis kronis: Umumnya muncul akbat sinusitis kronis, reaksi alergi, irtasi dari asam lambung, asap rokok dan juga minuman keras.

Adapun untuk penyebab laringitis atau terjadinya radang maupun pembengkakan pada laringitis bisa di sebabakan oleh beberapa faktor, antara lain:

  1. Terjadinya keruksakan pada pita suara. Biasanya hal ini disebabakan karena adanya getaran pada organ tersebut yang melibihi batas ketahanan. MIsal akibat penderita berteriak atau bernyanyi dengan nada yang terlalu tinggi. Selain itu, kerukasan pita suara juga bissa di sebabkan oleh batuk berkepanjangan hingga cedera saat melakukan aktifitas fisik maupun mengalami kecelakaan.
  2. Infeksi virus, bakteri maupun jamur. Penyebaba yang sdatu ini juga tak jarang menjadi pemicu laringitis. Adapun virus yang umumnya menyebabkan laringitis adalah virus influenza. Sedangkan dari golongan bakteri adalah bakteri penyakit difetri, dan dari jenis jamur adalah jamur candida. Namun dari ketiganya infeksi jamur dan bakteri lebih sering terjadi pada kasus laringitis, terutama mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah.
  3. Reaksi alergi. Kondisi ini juga bisa menyebabkan laringitis. Baik itu reaksi alergi terhadap suatu zat kimia maupun paparan debu.
  4. Naiknya asam lambung ke tenggorokan maupun kerongkongan. Kondisi ini biasanya di alami oleh meraka yang mengalami penyakit refluks gastroesofageal (GERD). Sebab jika asam lambung mncapai tenggorokan maka resiko untuk terjadinya iritasi laring cukup tinggi.
  5. Mengering dan teriritasinya laring. Kondisi ini biasanya disebabkan akibat merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol. Sama seperti halnya kasus GERD, peluang terjadinya infeksi pada laring yang mengalami iritasi juga cukup tinggi.
  6. Penggunaan obat kortikosteroid hirup. Jenis obat ini adalah salah satu jenis obat untuk asma.

Selain daripada itu, orang yang yang banyak berbicara, berprofesi sebagai penyanyi, perokok dan suka mengonsumsi alkohol di ketahui memiliki resiko yang lebih tinggi mengalami kondisi ini dibandingkan dengan yang lainnya. Sehingga anda bisa kemungkinan penyakit ini dengan menghindari berbagai faktor resikonya.

Maka dari itu, bagi anda yang kini mengalami keluhan sakit tenggorokan serta suara serak yang tak kunjung sembuh dengan perawatan di rumah, sebaiknya anda memeriksakan kondisi anda ke pusat kesehatan terdekat. Karena selain radang tenggorokan pada umumnya, bisa juga itu merupakan ciri-ciri anda menderita penyakit laringitis. Salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 22 November 2017 13:33:01

Related Post :
Ibu Dan Anak
Cara Penanganan Asma Yang…

Berbagai cara penanganan asma…

Kesehatan
Efek Negatif Sering Mabuk…

Mengonsumsi minuman keras atau…

Tips
Cara Menjaga Kesehatan Payudara…

Cara menjaga kesehatan payudara…

Penyakit
Mengenali Penyebab Paratifus Serta…

Tahukah anda apa itu…

Kesehatan
Mengenal Lebih Dekat Kolostomi…

Mengenal lebih dekat kolostomi…

Manfaat
Manfaat Akupuntur Terapi Tusuk…

Manfaat akupuntur terapi tusuk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Waspadai Wabah Penyakit Yang Timbul Pasca Banjir

Waspadai wabah penyakit yang timbul…

Penyakit
Diagnosis Dan Pengobatan Kista Bartholin Secara Medis

Berikut adalah diagnosis dan pengobatan…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top