Kebaikan Konsumsi Makanan Yang Mengandung Omega 3

Share dan Tag Temanmu di :
Selain mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan vitamin, kita juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Karena ada manfaatnya untuk kesehatan bila mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3. Bahkan kita harus mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang seimbang.


Omega-3 ialah asam lemak tak jenuh yang setiap hari dibutuhkan oleh tubuh manusia. Omega-3 dibagi menjadi 3 jenis diantaranya ALA, EPA dan DHA. Kandungan ALA ditemukan pada tanaman, sedangkan EPA dan DHA ditemukan pada makanan laut. 

Kebaikan Konsumsi Makanan Yang Mengandung Omega 3

Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Kebaikan konsumsi omega-3 bagi kesehatan adalah menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kandungan omega-3 tidak hanya pada makanan saja, tapi juga ditemukan pada minyak ikan. Dan manfaat dari minyak ikan adalah mengurangi kadar trigliserida yang berlebihan.

Mengurangi peradangan di dalam tubuh


Selain dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, manfaat konsumsi omega-3 adalah mampu mengurangi serta mencegah peradangan di dalam tubuh, termasuk peradangan ringan dan kronik. Disebut peradangan ringan bila bagian kulit mengalami bengkak dan kemerahan. Sedangkan peradangan kronik ialah peradangan yang terjadi selama berminggu-minggu bahkan tahunan.

Menurunkan tekanan darah yang tinggi


Kebaikan lainnya konsumsi omega-3 adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Dan tekanan darah tinggi ini bisa menjadi faktor munculnya penyakit jantung.

Mengurangi resiko sakit jantung


Kebaikan konsumsi makanan yang mengandung omega-3 yaitu terdiri dari EPA dan DHA adalah mampu mengurangi resiko sakit jantung. Oleh karena itu konsumsi makanan yang mengandung omega-3 bila anda termasuk orang yang memiliki faktor resiko tinggi terkena penyakit jantung.

Manfaat omega-3 bagi ibu hamil

Saat sedang hamil harus memilih dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang termasuk mengandung omega-3. Dan manfaat mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 saat hamil adalah memelihara kesehatan jantung, mengurangi resiko kelahiran prematur, bagus untuk perkembangan otak janin dan mengurangi resiko serta mencegah pembekuan darah saat hamil tua. Ibu hamil dianjurkan untuk konsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega-3 1000 mg setiap harinya.

Masih banyak lagi manfaat mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 yaitu mencegah alzheimer, mampu meningkatkan daya ingat, mengurangi resiko terkena serangan jantung, menjaga kesehatan serta kekuatan plasenta.

Selain mengetahui manfaat konsumsi makanan yang mengandung omega-3, anda juga harus mengetahui daftar makanan yang mengandung omega-3. Berbagai makanan yang kaya akan kandungan omega-3 yaitu diantaranya ikan sarden, tuna, salmon, kacang-kacangan, bayam, brokoli, selada, daging sapi dan masih banyak lagi.

Selain makanan, omega-3 juga bisa didapat dai suplemen. Namun konsumsi suplemen omega-3 yang telah sesuai dosis serta resep dokter dan jangan dikonsumsi secara berlebihan.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 22 November 2017 14:36:59

Related Post :
Obat Kimia
Obat Tretinoin Topikal Untuk…

Jerawat merupakan masalah yang…

Kesehatan
Perbedaan Tumor dan Kanker…

Tidak semua benjolan yang…

Obat Kimia
Khasiat Obat Infeksi Jamur…

Obat infeksi jamur candida…

Kesehatan
Penyebab Tubuh Sering Terasa…

Berikut ini adalah berbagai…

Manfaat
12 Jenis Akar Tanaman…

Dari sebuah tanaman obat…

Kesehatan
Akibat Memakai Bra Saat…

Akibat memakai bra saat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Melahirkan

Makanan yang baik dikonsumsi setelah…

Kesehatan
Terapi Jus Sayur dan Buah untuk Mengatasi Rematik

Selain dengan mengonsumsi obat-obatan, ada…

Kesehatan
Mengenal Tingkatan Pada Luka Bakar Anak Dan Dewasa

Derajat dan tingkatan luka bakar…

Kirim Pertanyaan
Top