Ini Alasan Kimchi Jadi Salah Satu Makanan Tersehat di Dunia

Share dan Tag Temanmu di :

Pada hari Rabu kemarin, tepatnya tanggal 22 November 2017 Masyarakat Korea merayakan Kimchi Day. Bagi para penggemar K-Drama, mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Kimchi termasuk salah satu makanan tradisional khas negeri ginseng, Korea. Ini merupakan salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. 

Sayuran yang umum digunakan untuk membuat Kimchi yaitu sawi putih dan lobak. Setelah digarami dan dicuci, sayuran ini dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai merah. 


Di Korea, kimchi selalu dihidangkan pada waktu makan sebagai salah satu jenis bachan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu saat memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan masakan lainnya. 

Disamping itu, ternyata kimchi juga diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan. Bahkan lama kesehatan Health di tahun 2013 menyebutkan bahwa kimchi termasuk salah satu makanan tersehat didunia. Sebutan ini tentu tidak sembarangan diberikan, mengingat terdapat beberapa alasan kimchi jadi salah makanan tersehat di dunia yang menyertainya.

Kimchi merupakan makanan fermentasi yang berisi sayuran seperti lobak, kubis, wortel, sawi, daun bawang, dan berbagai bumbu dan herbal lainnya. Hal inilah yang membuat kimchi menjadi makanan yang memiliki kandungan kalori yang rendah namun kaya akan serat, vitamin seperti A, B, C, dan mineral.

Tidak hanya itu, hebatnya lagi, kimchi memiliki kandungan bakteri baik didalamnya yang dapat membantu menjaga menyehatkan sistem pencernaan. Ditambah lagi dengan beragam studi yang menyebutkan, bahwa mengonsumsi kimchi secara rutin ampuh untuk membantu menghentikan bahkan mencegah infeksi jamur dalam tubuh. 

Beberapa studi lainnya menunjukkan bahwa kubis yang difermentasi seperti yang terdapat dalam kimchi memiliki komponen yang bisa mencegah pertumbuhan kanker. 

Bukan itu saja, ternyata kimchi juga memiliki manfaat lainnya. Studi yang dilakukan peneliti Pusan National University, Korea pada tahun 2013, mengungkapkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi kimchi dapat menjaga atau menurunkan kolesterol dalam tubuh agar tetap normal. 

Kandungan bawang putih yang ada didalam kimchi diketahui kaya akan kandungan selenium dan allicin. Allicin merupakan salah satu komponen yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal ini tentu akan sangat membantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

Selain itu, selenium juga memberikan manfaat lain, yaitu mampu melindungi dinding arteri dari pembentukan plak. Hal ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit terkait pembuluh darah. 

Itulah beberapa alasan mengapa kimchi jadi salah satu makanan tersehat di dunia. Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari kimchi, kini makanan ini bisa ditemukan di pusat perbelanjaan. Kimchi tersedia dalam bentuk matang ataupun kemasan instan. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi kimchi yang segar dan lebih sehat, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 23 November 2017 11:28:42

Related Post :
Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Ubi…

Menurut penelitian, ubi ungu…

Kesehatan
Benarkah Sering Baca Berita…

Menurut sebuah survei, 65%…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Sehat…

Selain buahnya, biji anggur…

Penyakit
Gejala Impetigo Pada Anak…

Mengetahui berbagai tanda dan…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Kacang…

Manfaat kacang panjang untuk…

Alami
Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Dengan…

Tips dan cara mengatasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
10 Cara Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Berbagai cara untuk menjaga kesehatan…

Kesehatan
Ketahui Ciri-Ciri Makanan Yang Mengandung Formalin Dan Boraks

Inilah ciri-ciri makanan yang mengandung…

Kesehatan
Khasiat dan Kandungan Biji Mahoni Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan kandungan biji mahoni…

Kirim Pertanyaan
Top