Awas! Konsumsi Kimchi Berlebihan Bisa Picu Dampak Berikut

Share dan Tag Temanmu di :

Kimchi merupakan salah satu makanan khas Korea yang cukup banyak digemari. Kimchi merupakan sayuran yang difermentasi dan memiliki rasa yang pedas. Karena terbuat dari sayuran, kimchi diketahui memiliki beragam manfaat bagi tubuh dan termasuk makanan sehat. Bahkan, disebutkan juga bahwa kimchi jadi salah satu makanan tersehat di dunia

Walaupun begitu, ternyata kita tidak disarankan untuk mengonsumsi kimchi secara berlebihan, karena bisa menimbulkan masalah pada pencernaan. Hal ini disebabkan karena jumlah mikroorganisme dalam usus jadi tidak seimbang, sehingga bisa mengakibatkan diare. 


Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi kimchi dapat memperparah risiko pengembangan kanker lambung. Disamping itu, karena proses pembuatan kimchi dilakukan dengan fermentasu, maka kimchi yang kaya akan serat juga dapat menyebabkan masalah gas dan kembung pada mereka yang rentan. 

Dampak konsumsi kimchi berlebihan lainnya yaitu terjadi pada fungsi jantung dan tekanan darah. Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi harus berhati-hati ketika mengonsumsi kimchi. Hal ini disebabkan karena adanya konsentrasi gram yang tinggi yang semakin ditekankan selama proses fermentasi. 

Namun, kabar baiknya, sebuah studi yang dilakukan pada subjek hipertensi mengungkapkan bahwa mengonsumsi kimchi dengan sodium rendah kemungkinan tidak memberikan efek pada tekanan darah ataupun aktivitas jantung. 

Melihat dari dampak yang bisa ditimbulkannya tersebut, maka disarankan untuk mengonsumsi kimchi secara cukup dan tidak berlebihan. Batas toleransi masing-masing orang berbeda dalam mengonsumsi makanan hasil fermentasi, sehingga Anda lah yang dapat menentukan sampai dimana batasan yang tidak menimbulkan dampak terhadap tubuh. 

Di Korea sendiri, kimchi merupakan menu yang selalu ada di meja makan. Meskipun dikonsumsi setiap hari, namun tetap dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Hal ini disebabkan karea kimchi dijadikan sebagai menu tambahan. Selian itu, kimchi juga biasanya digunakan sebagai bumbu atau bahan pelengkap saat memasak.

Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 24 November 2017 11:17:04

Related Post :
Kesehatan
Gaya Hidup Sehat untuk…

Ada banyak cara yang…

Kesehatan
Mengenal Pentingnya Manfaat Mengonsumsi…

Mengenal pentingya manfaat mengonsumsi…

Penyakit
Faktor Yang Meningkatkan Risiko…

Faktor yang meningkatkan risiko…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Sawi Hijau…

Informasi tentang sawi hijau,…

Manfaat
Kandungan dan Manfaat Tepung…

Kandungan dan Manfaat Tepung…

Kewanitaan

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?

  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi


Kesehatan
Jangan Abaikan Garis Hitam yang Timbul di Kuku

Jangan abaikan dengan garis hitam…

Kesehatan
Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita Bisul Agar Cepat Sembuh

Berikut adalah berbagai jenis makanan…

Kirim Pertanyaan
Top