Ini Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Pengobatan Laringitis Kronis !

Share dan Tag Temanmu di :

Pengobatan laringitis yang berisifat akut maupun kronis sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter, sehingga penanganan yang di lakukan tepat dan hasilnyapun maksimal. Selain dari pada itu, anda juga bisa menyimak informasi berikut berupa panduan pengobatan yang tepat untuk laringitis di rumah dan juga secara medis.


Penyakit laringitis adalah salah satu gangguan kesehatan berupa membengkaknya pita suara yang menyebabkan suara menjadi parau bahkan hilang. Pita suara sendiri merupakan lipatan membran mukosa yang terdapat pada laring. Adapun pada saat pita suara meradang, suara yang terbentuk dari udara dan melewati pita suara menyebabkan suara serak.

Pada umumnya, laringitis bisa sembuh dalam jangka waktu 2-3 minggu. Namun penyakit inipun bisa bertahan lebih alama, sehingga sering kali di sebut dengan laringitis kronis. Biasanya laringitis kronis ini bisa sembuh dalam jangka waktu yang lebih lama tergantung penyebabnya.

Pengobatan laringitis akut dan kronis di rumah

Setelah pada kesempatan sebelumnya kami telah memaparkan berbagai penyebab dan gejala laringitis, sekarang giliran anda juga mengatahui bagaimana pengobatan dan perawatan laringitis yang bisa anda dilakukan di rumah. Karena pada kebanyakan kasus, laringitis bisa pulih tanpa menggunakan obat-obatan khusus dan pulih dalam jangka waktu satu hingga dua minggu.

Adapun tujuan daripada pengobatan berikut adalah untuk memperceopat kesembuhan dan meminimalisir gejala yang begitu mengganggu, seperti halnya nyeri pada tenggorokan. Adapun beberapa cara berikut di klaim dapat mempercepat penyembuhan dan meringankan berbagai gejala laringitis yang muncul:

1. Perbanyak mengonsumsi air putih. Hal ini bertujuan unuk mncegah dehidrasi yag dapat memperburuk kondisi penderita. Hindari juga mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan juga kafein.

2. Gunakan obat-obatan pereda sakit, seperti ibu profen atau paracetamol. Hal ini bisa anda lakukan jika andas merasakan gejala sakit kepala yang begitu menggaggu, yang juga di sertai dengan demam.

3. Mengatur tingkat kelembaban udara di rumah. Untuk ini anda bisa menggunakan alat humidifer atau vaporizer, sehingga udara yang anda hirup masuk ke rongga hidung dan saluran pernapasan bagian atas bukan udatra yang kering. Adapun humifider sendiri memiliki fungsi untuk menghembuskan kabut dingin ke dalam udara, sedangkan vaporizer memiliki fungsi untuk menghisap hawa napas.

4. Menghirup inhaler yang mengandung menthol. Hal ini bisa dilakukan jika saluran pernapasan anda tidak merasa nyaman. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi permen mint serta berkumur-kumur menggunakan air garam hangat atau obat kumur khusus yang bisa dibeli diapotik juga bisa membantu melegakan tenggorokan.

5. Berbicara secara perlahan, Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan yang terjadi pada pita suara yang sedang mengalami radang serta mempercepat proses penyembuhan.

6. Hindari paparan debu, rokok dan asapnya. Hal tersebut di ketahui mampu memperparah kondisi anda.

Berbicara secara perlahan, Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan yang terjadi pada pita suara yang sedang mengalami radang serta mempercepat proses penyembuhan.

Namun, apabila dari hasil diagnosis laringitis di ketahui di sebabkan oleh keondisi tertentu yang membutuhkan penanganan khusus, maka pemberian obat-obatan harus di lakukan untuk mengatasi faktor penyebab tersebut. Seperti halnya jika laringitis disebabkan oleh infeksi bakteri, maka dapat dilakukan pengobatan dengan menggunakan antibiotik.

Adapun pada kasusu laringitis akibat alergi, maka dapat diberikan antihistamin dan di sarankan untuk menghimndari berbagai sumber alergi seperti debu, makanan maupun zat kimia tertentu. Dan apabila penyakit laringitis ini disebabkan oleh GERD, maka obat yang bisa diberikan adalah obat-obatan yang dapat menurunkan kadar asam lambung.

Namun untuk selebihnya, sebaiknya anda langsung memeriksakan kondisi anda ke dokter. Dengan begitu penangan dapat di lakukan secara maskimal. Namun sebaiknya anda harus bersegera memeriksakan kondisi anda ke dokter jika laringitis bertahan lebih dari 2 minggu ataupun gejala yang muncul disertai dengan sesak, batuk darah, demam yang tak kunjung membaik, sulit menelan dan juga sakit tenggorokan yang semakin parah.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar langkah pengobatan laringitis kronis maupun akut yang bisa dilakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk kesehatan anda yang lebih baik. Salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 24 November 2017 16:04:15

Related Post :
Ibu Dan Anak
Jangan Khawatir! Ini Cara…

Cara mudah menghilangkan dan…

Kesehatan
Ada Benjolan Di Leher?…

Ada benjolan di leher?…

Penyakit
Cara Mengobati Infeksi Ginjal…

Cara mengobati infeksi ginjal…

Manfaat
Manfaat Telur Puyuh Bagi…

Selain telur bebek dan…

Kesehatan
Tanpa Disadari Hobi Ini…

Selain bertujuan untuk mengisi…

Tips
Mudah Lelah? Tingkatkan Stamina…

Cara mudah dan tepat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Mengenal Cara Diagnosis Dan Pengobatan Osteoporosis Secara Medis

Cara diagnosis dan pengobatan osteoporosis…

Penyakit
Mengenal Jenis Kanker Payudara

Kanker payudara biasanya terbagi menjadi…

Kirim Pertanyaan
Top