Ciri-ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula Akan Timbul Hal Ini

Share dan Tag Temanmu di :

Produk susu formula yang tersedia di pasaran tidak semua cocok untuk bayi bahkan ada beberapa produk yang dapat menimbulkan gejala karena tidak coco susu formula. LAlu mengapa bayi tidak cocok dengan susu formula? ada 2 hal yakni karena alergi pada susu formula dan karena bisa juga intoleransi laktosa.


Terkadang membuat bingung dengan adanya ciri-ciri bayi tidak cocok susu formula karena gejala yang ditimbulkan seperti alergi dan intoleransi laktosa kedunya hampir mirip namun padahal keduanya sebenarnya sangat beda. Alergi susu formula terjadi saat sistem imun tubuh bayi bereaksi pada salah satu protein yang ada pada susu formula yakni kondisi umum yang sering di alami bayi pada tahun pertama kehidupannya. Sedangkan intoleransi laktosa terjadi saat bayi mengalami kesulitan mencerna laktosa yaitu gula alami yang ditemukan dalam susu. Secara umum, intoleransi laktosa terjadi setelah infeksi saluran pencernaan akibat virus dan bisa langsung terjadi sekitar 4 minggu sebelum usus pulih dan mulai memecah laktosa kembali.

Ciri-ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula

Ciri-ciri bayi tidak cocok susu formula yang disebabkan karena alergi susu formula, seperti :

  • Reaksi pada kulit seperti gatal dan ruam merah atau pembengkakan pada wajah, bibir, dan sekitar mata.
  • Masalah pada pencernaan seperti kontipasi, diare, muntah, sakit perut, kolik, bahkan kadang BAB berdarah.
  • Gejala alergi seperti filek serta eksim yang tak kumjung membaik meskipun sudah melakukan pengobatan.
  • Gangguan pernafasan seperti sesak nafas, bunyi nafas mengi, batuk, sulit bernafas, bahkan gejala alergi parah seperti anafilaksis yang butuh segera penanganan medis.

Selain itu, cici-ciri lain bayi tidak cocok susu formula yang disebabkan intoleransi laktosa seperti :

  • Mengalami diare.
  • Perut kembung.
  • Terkadang muntah.
  • Nyeri perut atau keram.

Beberapa gejala diatas bisa timbul dalam waktu beberapa menit bahkan hingga beberapa jam setelah minum susu formula.

Tips Mengatasi Gejala Bayi Tidak Cocok Susu Formula

Apabila bayi tidak cocok dengan susu formula karena alergi susu maka anda dapat mencegah reaksi alergi dengan langkah berikut dibawah ini :

  • Untuk anda yang masih memberikan ASI pada bayi, hindarilah mengkonsumsi produk susu karena protein dalam susu yang anda konsumsi akan masuk ke ASI sehingga dapat menimbulkan reaksi alergi pada bayi anda. Dan tak lupa untuk memeriksa label makanan atau minuman yang anda konsumsi serta pastikan juga yang tidak mengandung susu. Selain itu, konsultasikanlah pada dokter ataupun ahli gizi mengenai sumber kalsium dan nutrisi penting lain yang harus anda penuhi maupun untuk bayi anda.
  • Bayi yang mengkonsumsi susu formula, sebaiknya anda konsultasi dulu pada dokter atau ahli gizi untuk mengganti produk susu formula apa yang lebih cocok untuk bayi anda. Selain itu, anda juga bisa mengganti susu formula dengan jenis susu formula hypoallergenic yaitu susu formula yang memiliki asam amino khusus yang bisa anda beli secara bebas atau bisa juga resep dari dokter.
  • Sebagai pengganti susu formula pada bayi dengan alergi susu formula dengan pemberian susu berbahan kedelai sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter karena sebagian bayi yang alergi susu formula juga alergi pada susu yang berbahan kedelai.

Dan apabila bayi anda tidak cocok dengan susu formula karena intoleransi laktosa, anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara dibawah ini :

  • Hindarilah semua makanan dan produk susu yang mengandung laktosa dan tak lupa untuk memeriksa label makanan serta pastikan yang tidak memiliki kandungan susu atau laktosanya.
  • Pada saat terjadi gejala intoleransi laktosa pada bayi perhatikan reaksinya. Ada sebagian bayi sangat sensitif dan ada juga bayi yang lainnya masih bisa mencerna laktosa meskipun dalam jumlah sedikit. Apabila bayi anda sensitif dengan laktosa maka hindari semua sumber minuman dan makanan yang memiliki kandungan laktosa. Apabila tidak terlalu parah maka anda masih bisa memberikan produk ASI dalam jumlah sedikit.
  • Apabila anda dan bayi harus menghindari produk susu maka pastikan kebutuhan nutrisi seperti vitamin A, vitamin D, fosfor, dan riboflavin serta kalsum lain harus dipenuhi seperti jus buah, sayuran hijau, brokoli, tahu, salmon, dan buah jeruk.
  • Anda juga masih bisa memberikan susu pada bayi dengan produk susu yang bebas laktosa dan tak lupa juga untuk konsultasi dulu dengan dokter mengenai susu formula yang cocok dan kebutuhan nutrisi penting untuk bayi dan juga anda.

Apabila bayi menunjukan ciri-ciri tidak cocok susu formula maka anda disarankan untuk menghentikan pemberian susu formula dan segera konslutasikan dengan dokter.

By Ana Rediana - Ibu Dan Anak Sabtu, 25 November 2017 07:49:23

Related Post :
Kesehatan
Bahaya Abu Vulkanik Letusan…

Saat terjadi letusan gunung,…

Obat Kimia
Fenofibrate Obat Untuk Mengatasi…

Fenofibrate obat untuk mengatasi…

Daun
Daun Keji Beling Dan…

Daun keji beling dan…

Kesehatan
Pilihan Sumber Karbohidrat Selain…

Meskipun termasuk makanan pokok…

Ibu Dan Anak
Wajib Coba! 8 Buah…

Selain ASI bayi yang…

Ibu Dan Anak
Waspadai Gejala Penyakit Diabetes…

Waspadai gejala penyakit diabetes…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Lakukan Persiapan Penting Ini Sebelum Anak Di Khitan

Lakukan persiapan penting ini sebelum…

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top