Mengenal Penyakit Trisomi 13 yang Diidap Adam Fabumi

Share dan Tag Temanmu di :

Nama Adam Fabumi akhir-akhir ini tengah menjadi perbincangan publik. Bukan hanya karena sosoknya yang lucu dan menggemaskan, tetapi juga karena penyakit langka yang dialaminya, yaitu trisomi 13. Setelah melawan penyakitnya tersebut, bayi lucu ini dinyatakan meninggal dunia pada hari Rabu sore (22/11/17), pukul 15.35 WIB.


Kisah Adam ini mulai mencuat lewat media sosial Instagram dengan akun @adamfabumi yang sudah memiliki lebih dari 170 ribu pengikut. Sejak dalam kandungan dokter telah mendiagnosis Adam mengalami Dandy Walker Syndrome. Ini merupakan penyakit langka yang mengganggu perkembangan otak bayi karena tidak terbentuknya saluran pembuangan otak dalam kepala. Kondisi ini terjadi pada satu dari setiap 10.000 - 30.000 kelahiran.

Setelah dilahirkan, baby Adam langsung dimasukkan ke NICU. Setelah beberapa minggu berada di NICU, dokter meminta untuk dilakukan pemeriksaan kromosom, karena menduga baby Adam memiliki kelainan bawaan yang cukup banyak. 

Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan bahwa Adam juga mengidap penyakit Trisomi 13 atau Sindrom Patau. Mereka yang mengidap trisomi 13 pada umumnya memiliki kelainan jantung, saraf otak, dan beberapa kelainan. Lalu, apa itu trisomi 13 ?

Mengenali Penyakit Langka Trisomi 13 yang Diidap Adam Fabumi

Trisomi 13 atau dikenal juga dengan patau sindrom merupakan penyakit yang menyebabkan kelainan pada kromosom saat pembentukan janin, sehingga menyebabkan kelainan pada beberapa anggota tubuh bayi. Saraf otak, tulang belakang, dan jantung merupakan kelainan yang paling sering ditemukan. 

Sebagian besar bayi yang mengidap trisomi 13 diperkirakan tidak dapat melewati usia 7 hari. Meskipun bisa, sekitar 82% bayi akan meninggal dalam usia 1 bulan, dan sekitar 95% bayi meninggal pada usia 6 bulan. 

Hingga saat ini penyebab pasti trisomi 13 belum diketahui. Namun, para pakar menyebutkan terdapat beberapa hal yang mungkin dapat memicu timbulnya kondisi langka tersebut, seperti :

  • Genetik, dimana riwayat kelahiran dalam keluarga dengan kelainan genetik dapat meningkatkan risiko kejadian yang sama. 
  • Usia saat hamil. Wanita hamil yang berusia diatas 35 tahun berisiko mengalami kelainan genetik. Semakin tua usia ibu saat hamil, maka semakin tinggi risiko terjadinya kondisi tersebut. 

Penyakit trisomi 13 dapat menimbulkan beberapa komplikasi, sehingga seringkali bayi dengan kondisi ini dikatakan gagal tumbuh dan biasanya sulit untuk bertahan hidup dalam 1 tahun pertama. 

Memang penyakit ini terkesan sangat parah dan sulit untuk diobati, bahkan untuk memprediksi kesembuhannya pun cenderung kecil. Sampai saat ini, beberapa penelitian masih terus dilakukan untuk mencari penanganan yang optimal. 

Tindakan yang bisa dilakukan untuk trisomi 13 yaitu menangani permasalahan berdasarkan keluhan dari organ yang terkena satu per satu. Selain itu, dukungan secara moral dari pihak keluarga juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup penderita. 

Mengingat begitu berbahayanya penyakit trisomi 13 tersebut, maka setiap ibu hamil disarankan untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan diri dan juga kehamilannya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Sabtu, 25 November 2017 11:43:04

Related Post :
Tips
Cara Meredakan Nyeri Haid…

Tips dan cara meredakan…

Penyakit
Mengenal Gejala dan Penyebab…

Mengenal gejala dan penyebab…

Manfaat
Manfaat Daun Sambung Nyawa…

Manfaat daun sambung nyawa…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Inilah dia khasiat dan…

Obat Kimia
Obat Untuk Meringankan Gejala…

Obat untuk meringankan gejala…

Alami
Obat Stroke Ringan Yang…

Obat stroke ringan yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Cara Mencegah Penyakit Diabetes Pada Anak

Cara mencegah penyakit diabetes pada…

Ibu Dan Anak
Dampak Pengobatan Kanker pada Anak dan Cara Mengatasinya

Pengobatan kanker seperti kemoterapi akan…

Kirim Pertanyaan
Top