Mengapa Ibu hamil Mengalami Ngidam? Ternyata Ini Alasannya !

Share dan Tag Temanmu di :

Ibu hamil mengalami ngidam bukanlah hal yang aneh lagi. Biasanya ngidam sendiri di alami oleh sebagian wanita di awal kehamilannya. Kondisi tersebut umumnya membuat ibu hamil ingin mengonsumsi berbagai jenis makanan yang sedang terlintas di pikirannya. Seperti halnya makan rujak maupun buah masam di malam hari dan lain sebagainya.


Bahkan tak hanya berbentuk hidangan yang biasa di santap orang abnormal pada umumnya, ibu hamil juga mungkin ingin menyantap sesuatu yang tak bisa dikonsumsi

Ini alasan mengapa ibu hamil mengalami ngidam

Pada dasarnya, tidak ada alasan ilmiah yang jelas mengapa sebagai wanita hamil mengalami ngidam. Akan tetapi, ada sebuah teori yang menyatakan bahwasannya keinginan mengonsumsi sesuatu timbul pada saat tubuh ibu hamil mengalami kekurangan nutrisi tertentu.

Sebagai contoh, ibu hamil yang ngidam daging-dagingan, seperti burger, mungkin bisa menjadi pertanda bahwa tubuhnya mengalami kekurangan nutrisi berupa protein, kalium maupun natrium. Jadi, bukan makanan yang sebenarnya dinginkan, melainkan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Adapun bagi ibu hamil yang ngidam sesuati yang bisa membahayakan dirinyadan sang janin, seperti krayon, bedak maupun benda-benda kotor lainnya yang tidak layak untuk di konsumsi, bisa jadi pertanda bahwasannya tubuhnya kekurangan zat besi. Namun ada pula penelitian yang tiak melihat adanya kaitan ngidam dengan kebutuhan nutrisi tubuh.

Lalu, apakah ngidam pada ibu hamil sebaiknya harus dituruti atau malah diabaikan?

Pernahkah anda mendengar adanya mitos yang menyatakan, bahwasannya jika ngidam ibu hamil tidak terpenuhi, maka si kecil akan mengeluarkan air liur secara terus menerus? Ya, namun ternyata itu hanyalah sebatas mitos melaka. Anda khususnya sang suami wajibmengabaikan ngidam tersebut, jika dengan memakannya mampu menimbulkan dampak negatif bagi tubuh dan juga janin.

Anda juga sangat di sarankan untuk membatasi dan juga mengabaikan ngidam makanan yang memiliki kandungan nutrisi buruk. Batasi pula ngidam mengonsumsi makanan yang dengan kalori dan juga mengandung lemak tinggi. Sehingga dapat memicu pertambahan berat badan yang tidak normal. Dan juga dianjurkan untuk mengganti makanan tersebut dengan jenis makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi.

Berikut adalah beberapa contoh bentuk makanan yang diidamkan oleh ibu hamil yang kurang sehat, yang di ganti dengan asupan yang tepat untuk memnuhi ngidam sekaligus gizi harian bunda:

  • Jika ngidam es krim yang tinggi lemak, anda bisa menggantinya dengan es krim berlabel rendah lemak, sorbet, serta yogurt yang rendah lemak dan juga gula.
  • Apabila ngidam roti manis, anda bisa menggantinya dengan donat maupun jenis roti yang terbuat dari biji-bijian utuh.
  • Apabila anda ngidam keripik kentang, anda bisa menggantinya dengan berondong jagung atau popcornc(disarankan tanpa mentega), atau anda juga bisa menikmati kentang panggang.
  • Apabbila anda ngidam minuman bersoda, anda bisa menggantinya dengan jus buah.
  • Apabila anda ngidam coklat, anda bisa menggantinya dengan membuat cemilan khusus yang terdiri dari beberapa cokelat chips, kecang-kacangan dan buah-buahan kering.

Selain dari pada jenis makanan, hal yang harus anda perhatikan saat ngidam juga adalah kondisi kesehatan sang ibu. Misal, apabila ibu hamil memiliki penyakit diabetes, maka hindari makanan dengan kadar gula yang tinggi.

Ingat ya bun..! masa kehamilan  adalah masa dimana seorang wabita tidak lagi bebas untuk mengonsumsi makanan semaunya. Hal tersebut di takutkan dapat mempengaruhi janin. Oleh sebab itu, bunda sebaiknya hrus bisa mengatuur hawa nafsu, khususnya pada saat muncul keinginan untuk menyantap hidangan yang termasuk ke dalam pantangan ibu hami. Jadi intinya, jangan terlalu menuruti ngidam, melainkan utamakana kesehatan anda beserta janin.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini tekait alasan mengapa ibu hamil mengalami ngidam. Semoga apa yang telah kami uraikan bermanfaat khususnya bagi ibu hamil muda yang rendan dengan ngidam. Salam sehat.

By Nida Saripah - Ibu Hamil Senin, 27 November 2017 16:15:54

Related Post :
Manfaat
Khasiat Keladi Tikus Untuk…

Berikut ini manfaat dan…

Obat Cina
Obat Nyeri Sendi Herbal…

Obat nyeri sendi herbal…

Tips
Begini Cara Merawat Gips…

Cara merawat gips yang…

Penyakit
Waspadai Wegener Penyakit Langka…

Waspadai wegener adalah sejenis…

Tips
Cara Mencegah dan Mengobati…

Komedo merupakan salah satu…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Langka Hemofilia…

Meskipun terlihat memesona ketika…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Ibu Hamil
Tips Ibu Hamil Agar Lahirkan Anak Cerdas

Anak cerdas memang dambaan setiap…

Ibu Hamil
Kirim Pertanyaan
Top