Begini Cara Tepat Menambah Nafsu Makan Anak Dengan Temulawak

Share dan Tag Temanmu di :

Cara tepat menambah nafsu makan anak dengan temulawak adalah salah solusi alami orang tua dulu dalam mengembalikan nafsu makan anak yang hilang. Namun pada era moderen dan serba praktis seperti sekarang, cara ini sudah mulai jarang di terapkan oleh orang tua masa kini seiring dengan menjamurnya berbagai vitamin penambah nafsu makan di apotik.


Para orang tua umumnya selalu dibuat stres dan kebingungan manakala melihat buah hati tercintanya sulit makan. Bukan karena sakit, penyebab anak susah makan dalam kasus ini adalah lantaran tidak memiliki nafsu makan yang wajar. Dan bagaimana tidak cemas, para orang tua mengkhawatirkan dampak dari kurangnya nafsu makan ini, khususnya asupan gizi yang di perlukan si kecil tidak terpenuhi dengan baik.

Dan apa yang terjadi jika gizi anak tidak terpenuhi? Pastinya hal tersebut bisa memicu timbulnya penyakit. Selain itu tubuh anak menjadi kurus, sdan mereka cenderung lemas dan mudah lelah. Adapun selain dari pada itu masih banyak masalah kesehatan lainnya yang menghantui.

Namun jangan dulu berputus asa. Karena banyak hal yang bunda lakukan untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang tersebut. Salah satunya dengan memanfaatkan manfaat temulawak, yang merupakan ramuan alami resep orang tua dulu untuk menambah nafsu makan anak.

Cara tepat menambah nafsu makan anak dengan temulawak


Temulawak yang memiliki nama ilmiah Curcuma Xanthorriza adalah salah satu hasil dari kekayaan rempah alam asli Indonesia tepatnya berasal dari pulau Jawa. Rimpang yang satu ini sendiri banyak dijumpai di kebun yang ditanam di tanah gembur.

Pada dasarnya, temulawak sendiri termasuk kedalam jenis rempah yang sering kali di gunakan sebagai salah satu bahan atau pun bumbu untuk di gunakan memasak. Namun siapa sangka, selain dimanfaatkan untuk keperluan memasak, rempah yang satu ini juga bermanfaat sebagai tanaman obat herbal, yang mana salah satu khasiatnya diantaranya adalah meningkatkan nafsu makan secara alami khusunya pada anak.

Sehingga tak heran, jika mungkin anda melihat banyak iklan suplemen penambah nafsu makan yang di tayangkan di televisi mengandung ekstrak temulawak. Dan mungkin yang menjadi pertanyaan di benak anda kini adalah, apakah benar temulawak ini bisa mengembalikan nafsu makan anak yang hilang? Dan Jawabannya ya. Hal tersebut di dalamnya terkandung berbagai kandungan senyawa seperti:

- Pati
- Protein
- Abu
- Serat
- Kurkumin
- Minyak atsiri
- Phelandren
- Tumerol
- Dan lainnya

Namun, dari sekian banyaknya  kandungan zat yang terdapat di dalam temulawak tersebut, zat curcumin atau yang di sebut juga dengan zat curcuma ini inilah yang membuat manfaat temulawak bisa di gunakan untuk meningkatkan kembali nafsu makan pada anak maupun dewasa. Sehingga tak heran, dengan manfaat yang satu ini banyak orang yang memanfaatkan temulawak untuk mengatasi berbagai masalah pada anak.

Cara mengolah temulawak untuk menambah nafsu makan anak

Berikut kami pandu anda untuk membuat ramuan alami temulawak untuk meningkatkan nafsu makan anak dengan langkah yang tepat:

  • Siapkan terlebih dahulu 25 gram temulawak, 10 gram asam jawa dan gula merah secukupnya.
  • Setelah itu cuci temulawak dan kupas kulitnya.
  • Memarkan temulawak hingga sedikit pecah.
  • Masukan temulawak yang sudah di hancurkan tersebut bersama 2 bahan lainnya ke dalam panci.
  • Rebus kesemua bahan dengan menggunakan 600 ml air putih hingga tersisa hanya setengahnya.
  • Setelah dingin, saring dan berikan kepada anak untuk di minum secara teratur.

Selain sebagai penambah nafsu makan, khasiat temulawak lainnya juga sangat baik untuk kesehatan, seperti halnya ntuk memelihara fungsi hati, mengurangi masalah kesehatan sendi, mengatasi masalah pencernaan, menurunkan lemak darah, mencegah kanker, alternatif penyembuhan hepatitis, membantu meredakan gejala asma, pengobatan sakit ginjal, membantu mengatasi bisul, serta mengatasi morning sickness.

Adapun bagi anda yang ingin merasakan manfaat temulawak secara praktis untuk meningkatkan nafsu makan s kecil, maka anda bisa memberinya walatra Hexabumin, yang merupakan vitamin anak yang berkomposisikan madu, albumin (ikan gabus) dan temulawak. Selain anak menjadi makan lahap, suplemen kesehatan anak ini juga di percaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan kecerdasan otak anak. Informasi selengkapnya bisa anda Klik Disini.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar cara tepat menambah nafsu makan anak dengan temulawak. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat khussunya menambah pengetahuan para bunda dalam memanfaatkan bahan alami yang sering kita jumpai dirumah.

By Nida Saripah - Ibu Dan Anak Selasa, 28 November 2017 11:16:40

Related Post :
Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Berikut adalah pantangan makanan…

Penyakit
Mengetahui Gejala Penyebab dan…

Mengetahui gejala penyebab dan…

Kesehatan
Mengenal Berbagai Penyebab Dan…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Kesehatan
Dampak Negatif Terlalu Sering…

Mengonsumsi obat warung dalam…

Kesehatan
Hindari Kebiasaan Sepele Ini…

Meskipun dianggap sepele, namun…

Kesehatan
Pantangan Makanan dan Minuman…

Pantangan makanan dan minuman…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Kulit Bayi Baru…

Ibu Dan Anak
Gejala Dan Diagnosis Autisme Pada Anak

Memiliki anak dengan autisme memang…

Kirim Pertanyaan
Top