Manfaat Kandungan Amilase Pada Obat Digestan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat, Kandungan Amilase Pada Obat Digestan

Amilase merupakan salah satu kandungan obat digestan untuk mengatasi kekurangan enzim pankreas. Orang dengan kondisi kistik fibrosis, kanker pankreas, dan pankreatitis tidak mampu mencerna makanan dengan baik. Kondisi tersebut menyebabkan penderita tidak menghasilan enzim pencernaan seperti amilase, protease, dan lipase yang membantu proses pencernaan sebelum makanan diserap.

Obat digestan hadir untuk menggantikan enzim yang diperlukan tubuh saat pankreasi tidak bisa menghasilkan enzim pencernaan yang cukup. Amilase merupakan enzim untuk mencerna karbohidrat. Obat digestan tidak hanya mengandung amilase, tetapi juga mengandung lipase yang berfungsi untuk mencerna lemak dan protease untuk mencerna protein. Obat yang hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa ini tersedia dalam bentuk tablet dan kapsul.


Tes amilase dan lipase dipakai untuk membedakan apendisitis akut dari pankreatitis akut. Kedua tes ini dilakukan terhadap darah, sementara amilase bisa juga diuji dari sampel urin. Kadar normal amilase pada umumnya antara 30 sampai 100 u per liter pada orang dewasa, sedangkan nilai normal untuk lipase ada pada angka 10 sampai 140 u per liter. Setiap laboratorium akan memberikan rentang normal mereka sendiri sebagai referensi. Banyak kondisi medis dan pengobatan yang mempengaruhi hasil pengukuran diantaranya narkotika, penyakit ginjal, pengencer darah, diabetes, tekanan darah tinggi, serta kolesterol tinggi. Kondisi tersebut bisa mempengaruhi tes sehingga hasilnya tidak akan lagi akurat.

Bagi Anda yang sedang hamil, merencanakan kehamilan, maupun sedang menyusui, tanyakan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi obat digestan. Begitu juga jika memiliki alergi atau sedang menderita pankreatitis. Mengenai dosis amilase, umumnya hanya dikonsumsi 1 kapsul setelah makan. Namun untuk lebih jelasnya, dosis akan disesuaikan oleh dokter dengan kondisi Anda.

Sebelum mengonsumsinya, pastikan baca terlebih dahulu petunjuk yang ada pada kemasan obat. Tidak bisa sembarangan mengurangi atau menambahkan dosis tanpa sepengetahuan dokter. Disarankan untuk minum banyak cairan selama mengonsumsi amilase. Jika lupa mengonsumsi obat, sebaiknya segera mengonsumsinya begitu teringat jika jadwal dosis selanjutnya tidak begitu dekat. Tidak boleh menggandakan dosis obat pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang sudah terlewat.

Lalu apa saja efek samping dan bahaya amilase? Beberapa efek samping yang terjadi setelah mengonsumsi obat ini adalah diare, gangguan pencernaan, konstipasi, perut kembung, mual, serta muntah. Jika efek samping berkepanjangan sampai menggangu aktivitas Anda, segera konsultasikan dengan dokter.

By Ana Rediana - Obat Kimia Selasa, 02 Agustus 2016 09:28:29

Related Post :
Tips
Cara Mengatasi Migrain Yang…

Cara mengatasi migrain sebelah…

Kesehatan
Luar Biasa! Meski Tanpa…

Manusia termasuk makhluk hidup…

Penyakit
Mengenal Penyebab Dan Gejala…

Virus zika adalah virus…

Alami
Obat Darah Tinggi Alami…

Obat darah tinggi alami…

Kesehatan
Jenis Makanan Pembakar Lemak…

Daftar makanan pembakar lemak…

Kesehatan
Dampak Buruk Sering Patah…

Dampak buruk sering patah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Dimenhydrinate Untuk Meredakan Mabuk Perjalanan

Anda yang selalu pusing ketika…

Obat Kimia
Testosterone Obat Untuk Masalah Kesuburan Pada Pria

Testosterone obat untuk masalah kesuburan…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Untuk Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Antibiotik adalah jenis obat untuk…

Kirim Pertanyaan
Top