Timbul Lebam Meski Tak Terbentur? Mungkin Ini Penyebabnya

Share dan Tag Temanmu di :

Apa Anda pernah menemukan adanya lebam atau memar di kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya saat bangun tidur ? Kita  mungkin penasaran dan mengingat-ingat apakah sebelumnya sempat terbentur benda keras atau tidak. Sebagian orang mungkin akan menganggap lebam tersebut disebabkan karena terbentur pada saat tidur. 

Memang, jika terbentur benda keras, lebam akan mudah timbul. Namun, kadang-kadang lebam ini memang bisa timbul secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas. Banyak orang yang berpikir jika hal ini disebabkan oleh tubuh yang terlalu lelah atau bahkan tanda akan adanya maslaah kesehatan yang cukup serius. 


Namun, berikut ini merupakan penyebab lebam meski tidak terbentur menurut pakar kesehatan yang perlu diketahui :

  • Tubuh yang semakin tua

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa usia tubuh yang semakin tua bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Semakin tua kulit, maka kondsii kulit akan semakin tipis, bening, dan pucat. Bahkan, bagian paling luar kulit atau yang disebut dermis akan mengalami perubahan dengan signifikan. Hal inilah yang akhirnya membuat memar-memar cenderung lebih mudah timbul meskipun sebelumnya tidak pernah terbentur. 

  • Kurangnya asupan vitamin

Ini merupakan penyebab utama dari timbulnya lebam-lebam pada tubuh meskipun tidak terbentur. Beberapa jenis vitamin seperti vitamin C, vitamin K, dan vitamin B12 ternyata bisa memengaruhi timbulnya lebam-lebam tersebut. Jika tubuh kekurangan vitamin B12 misalnya, maka lebam-lebam bahkan akan terlihat jelas pada kulit. 

Maka dari itu, pakar kesehatan menyarankan untuk menambah asupan beberapa vitamin, khususnya vitamin C untuk menghilangkan lebam-lebam tersebut. Untuk memenuhi asupan vitamin tersebut, perbanyaklah konsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin C, seperti jeruk, kiwi, stroberi, dan lain sebagainya. Disamping itu, gunakan pula salep atau obat khusus untuk mengatasi lebam yang t erlihat cukup parah dan gelap. 

Itulah beberapa penyebab timbulnya lebam meski tidak terbentur. Kini Anda tidak perlu khawatir jika timbul lebam di tubuh, serta perbaiki gaya hidup sehat dengan memperbanyak konsumsi makanan bergizi untuk membantu memenuhi asupan vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk membantu mencegah timbulnya lebam di tubuh serta menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 29 November 2017 14:18:04

Related Post :
Kesehatan
Kesehatan
Inilah Jenis Penyakit Gigi…

Berbagai jenis penyakit pada…

Alami
Ramuan Obat Alami Sesak…

Anda sedang mengeluhkan sesak…

Kesehatan
Waspada! Ternyata Kebiasaan Sepele…

Berikut ini beberapa kebiasaan…

Tips
Begini Cara Melindungi Anak…

Begini cara melindungi anak…

Penyakit
Mengenal Kanker Vulva Serta…

Berikut adalah informasi tentang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Jangan Abaikan Garis Hitam yang Timbul di Kuku

Jangan abaikan dengan garis hitam…

Kesehatan
Kenali Penyebab Sistiserkosis Dan Cara Pencegahannya

Tahukah anda apa itu sistiserkosis?…

Kesehatan
Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Yang Digoreng

Suka mengkonsumsi makanan yang digoreng?…

Kirim Pertanyaan
Top