Selain Enak Menu Khas Indonesia Ini Juga Baik untuk Sarapan

Share dan Tag Temanmu di :

Sarapan termasuk salah satu rutinitas yang sering dilakukan sebelum menjalankan aktivitas di pagi hari. Sarapan sangat dianjurkan karena dapat memberikan energi untuk memulai hari baru, mengendalikan berat badan, serta meningkatkan konsentrasi dan kinerja. Namun sayangnya, ada sebagian orang yang memilih tidak sarapan karena berbagai alasan, seperti buru-buru dan takut terlambat bekerja. Padahal, beberapa gangguan kesehatan, seperti obesitas, gangguan fisik, dan lainnya bisa timbul akibat melewatkan sarapan pagi

Ada banyak menu yang biasanya disajikan saat sarapan, seperti sereal, susu, roti, telur, salad, buah, dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut sangat mudah dicari dan juga mudah disajikan. Namun, selain itu, apakah Anda tahu bahwa ada pula makanan khas Indonesia yang ternyata baik disajikan sebagai menu sarapan. 


Selain menambah energi tubuh, masakan khasi Indonesia juga lebih kaya rasa, sehingga mengehentikan keinginan ngemil. Bagi Anda yang ingin mencobanya, berikut ini beberapa menu khas Indonesia yang baik untuk sarapan, diantaranya :

  • Gohu ikan

Makanan ini mungkin terdengar asing bagi sebagian besar masyarakat. Gohu ikan merupakan salah satu makanan khas Ternate yang dikenal sebagai sashimi-nya Indonesia, karena pengolahannya menggunakna bahan dasar tuna mentah. Karena itulah, makanan ini dinilai sehat untuk tubuh.

Cara membuat makanan ini cukup mudah, potong kecil-kecil daging ikan tuna kemudian beri perasan air lemon dan lumuri dengan garam. Selanjutnya tumis minyak kelapa, daun kemangi, bawang merah, dan cabe rawit. Tuangkan tumisan tersebut ke atas daging tuna. 

  • Papeda

Makanan khas Papua dan Maluku ini biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui kunyit. Papeda memiliki tekstur yang lengket seperti lem. Namun, makanan khas Indonesia ini kaya akan kandungan serat, rendah kolesterol, dan bernutrisi tinggi. 

  • Bubur Manado

Bagi Anda yang sering mengonsumsi bubur sebagai menu sarapan, tidak ada salahnya untuk mencoba bubur Manado sebagai pengganti bubur ayam. Bubur Manado adalah makanan khas Sulawesi Utara yang berisi sayuran, seperti kangkung, jagung, bayam, singkong, daun kemangi, dan labu kuning. Makanan ini dipercaya baik untuk sarapan karena berisi berbagai macam sayuran yang dapat menambah nutrisi tubuh.

  • Gado-gado

Siapapun pasti mengetahui jika sayuran merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi, terlebih lagi jika diolah dengan benar. Gado-gado sendiri merupakan makanan khas yang terdiri dari berbagai jenis sayuran yang telah direbus, ditambah dengan telur rebus, dan dibumbui saus kacang. 

Makanan ini mirio dengan salad yang dibumbui dengan mayones. Diketahui gado-gado memiliki kadnungan vitamin A, C, D, E, serta zat besi yang baik bagi tubuh. 

  • Karedok

Sama halnya dengan gado-gado, karedok merupakan makanan khas Sunda yang terbuat dari berbagai sayuran. Bedanya, sayuran yang digunakan dalam karedok adalah sayuran mentah. Karena alasan itulah, makanan ini dikenal menyehatkan. 

Untuk membuatnya sangat sederhana, siapkan beberapa jenis sayuran seperti kacang panjang, kol, mentimun, tauge, kemangi, dan terong. Cuci semua sayuran tersebut hingga bersih, kemudian potong-potong kecil dan sajikan dengan bumbu kacang.

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang memiliki rasa nikmat juga baik dijadikan sebagai menu sarapan sehat. Bagi pecinta makanan tradisional, tidak ada salahnya untuk mencoba menghidangkan menu-menu tersebut saat sarapan. Selain dapat memanjakan lidah Anda, menu khas Indonesia tersebut juga dapat memberikan manfaat menyehatkan bagi tubuh.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 30 November 2017 13:39:07

Related Post :
Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita…

Selain minum obat-obatan, baik…

Kesehatan
Bahaya Racun Ikan Fugu…

Mengetahui dampak dan bahaya…

Alami
Cara Mengolah Bumbu Dapur…

Berikut ini cara mengolah…

Manfaat
7 Manfaat Rutin Konsumsi…

Suka konsumsi kacang polong?…

Kesehatan
3 Gerakan Sederhana untuk…

Bekerja di depan komputer…

Penyakit
Gejala Dan Perkembangan Tahapan…

Gejala dan perkembangan tahapan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Dalam Keadaan Mentah

Sangat penting untuk mengetahui makanan…

Kesehatan
Makanan Sehat untuk Penderita Trigliserida Tinggi

Mengatur gaya hidup sehat dan…

Kirim Pertanyaan
Top