Jangan Nekat Bikin Tato Mata! Ini Dampak Negatifnya

Share dan Tag Temanmu di :

Perkahan-lahan kini tato menjadi tren utama di masa sekarang. Variasi grafisnya beragam, sehingga tidak hanya menunjukkan kesan sangar, tetapi sebagian orang juga menganggap tato sebagai seni dan keindahan. 

Tangan, kaki, punggung, merupakan bagian tubuh yang umum di tato. Namun, saat ini ada yang melakukan tato pada bola mata. Hal ini mungkin terdengar cukup mengerikan, pasalnya, mata merupakan bagian tubuh yang halus dan cukup sensitif. 


Tato mata atau disebut juga Sclera Tatto adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses pewarnaan secara permanen di bagian sklera mata (bagian mata yang berwarna putih). Berbeda dengan tato pada umumnya, tato mata ini dilakukan dengan menggunakan campuran tinta dan garam yang disuntikkan pada mata dengan jarum kecil. Hasilnya, bola mata akan terlihat lebih berwarna. 

Menurut salah seorang yang aktif menato mata, tato mata ini menggunakan jarum khusus dengan tepi logam, warna akan masuk ke kornea dan menembus membran mata. Warna bola mata secara permanen akan berubah. 

Tato mata sebenarnya bukanlah hal yang baru. Tato mata ini mulai banyak dilakukan sejak tahun 2007. Beberapa dokter telah menggunakan tato kornea atau tato bola mata untuk menutupi bekas luka korena. Namun, sekarang cacat tersebut bisa dengan mudah ditutupi dengan menggunakan lensa kontak

Namun, penggunaan tato mata sebagai tren pada orang sehat sebenarnya berbahaya. Orang yang sangat terlatih dengan tato mata harus memahami bahwa mata merupakan organ yang sangat halus. Tato mata sangat berisiko dan harus dihindari. Organisme tertentu bisa masuk ke dalam mata dan menyebabkan peradangan akut dari lapisan internal mata saat proses penatoan berlangsung.

Selain itu, berikut ini merupakan dampak negatif tato mata yang harus diketahui dan diwaspadai, diantaranya adalah :

  • Perdarahan dan infeksi di tempat suntikan
  • Reaksi buruk seperti alergi parah terhadap tinta tato
  • Diagnosis kondisi medis tertunda yang belum terlihat dalam jangka panjang
  • Lebih peka terhadap cahaya. Anda mungkin akan lebih mudah pusing atau sakit mata ketika melihat sinar yang silau
  • Infeksi virus. Penularan virus misalnya hepatitis B dan C, serta HIV ini terjadi melalui darah yang ditularkan dari peralayan yang tidak dibersihkan dengan benar
  • Retina terpisah (retinal detachment). Retina terpisah terjadi karena retina ditarik jauh dari posisi normal di belakang mata. Hal ini bisa menyebabkan pandangan kabur bahkan kebutaan.
  • Simpatik oftalmia. Respons peradangan autoimun yang memengaruhi kedua mata dan dapat menyebabkan kebutaan. Kondisi ini cenderung terjadi ketika mata mengalami trauma karena ada sesuatu yang menembus mata bagian dalam. 
  • Perforasi (lubang) mata. Hal ini biasa terjadi karena sklera memiliki ketebalan kurang dari satu milimeter. Akibatnya, prosedur tato bisa merusak sklera hingga menyebabkan kebutaan. 
  • Endoftalmitis. Kondisi ini disebabkan oleh peradangan parah pada jaringan bagian dalam mata. Peradangan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga lebih dikenal dengan infeksi di dalam mata, yang bisa menyebabkan kebutaan. 

Itulah, beberapa dampak negatif yang bisa timbul jika Anda nekat melakukan tato mata. Sederhanya, risiko kebutaan akan semakin meningkat bahkan kemungkinan besar akan terjadi jika Anda melakukan tato mata. Jadi, apakah Anda akan tetap melakukan tato mata ?

Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 01 Desember 2017 14:43:17

Related Post :
Penyakit
Pengobatan Konjungtivitis Berdasarkan Jenis…

Konjungtivitis dibagi menjadi 3…

Manfaat
Khasiat Kopi Untuk Mengurangi…

Selain dapat menghilangkan rasa…

Kesehatan
Ingin Terhindar dari Depresi…

Tekanan pekerjaan dan aktivitas…

Alami
Obat Asam Urat Alami…

Obat asam urat dari…

Kesehatan
Ini Penyebab Artritis Serta…

Informasi tentang penyebab, faktor…

Kesehatan
Waspadai Aktivitas yang Dapat…

Beberapa aktivitas jika tidak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Ini Bahayanya Bila Terlalu Banyak Minum Minuman Kemasan

Selain menyebabkan obesitas, ini bahaya…

Kesehatan
Kenali Penyebab Penyakit Gondok Dan Gejalanya

Meskipun penyebab penyakit gondok belum…

Kesehatan
Sayur dan Buah yang Baik untuk Mengurangi Mata Minus

Mata minus memiliki tingkat penglihatan…

Kirim Pertanyaan
Top