Ingin Jantung Sehat? Hindari Kebiasaan Ini !

Share dan Tag Temanmu di :

Setiap orang tentu ingin memiliki jantung yang sehat karena membuat anda lebih bebas dalam melakukan berbagai aktivitas seperti bekerja, melakukan hoby hingga kumpul bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Namun harus selalu waspada karena penyakit jantung dapat menimpa siapa pun termasuk anda.


Menurut Kementrian Kesehatan Ri kematian dipicu oleh penyakit kardiovaskuler atau penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah diperkirakan mencapai 17.3 juta. Kemudian sekitar kurang lebih 3 juta kematian ini terjadi sebelum usia 60 tahun.

Lalu kebiasaan apa saja yang dapat memperburuk kesehatan jantung? Berikut penjelasannya dibawah ini !

  • Kebiasaan merokok

Mulai dari sekarang berhentilah merokok karena merokok dapat menyebabkan dua kali lebih tinggi terserang penyakit jantung. Dalam kandungan rokok terdapat nikotin yang tinggi yang terbukti dapat menurunkan kadar oksigen ke jantung, menyebabkan pembekuan darah, meningkatkan tekanan darah, bahkan merusak sel-sel diarteri koroner serta pembuluh darah utama lain. Jadi sangat dianjurkan sebaiknya kurangilah kebiasaan merokok.

  • Pola makan yang tidak sehat dan tidak seimbang

Kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji akan terjadi penimbunan beberapa senayawa seperti lemak tak jenuh, kolesterol yang tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh. Jika dibiarkan maka akan lebih rentan terkena penyakit mematikan misalnya jantung koroner, diabetes, obesitas, bahkan serangan jantung. Solusi paling ampuh untuk mengatasinya dengan perlahan mulai mengubah pola makan dan biasakan untuk memilih bahan pangan yang rendah lemak namun tinggi nutrisi dan serat misalnya buah dan sayur. Selain daripada itu, batasilah diri anda dan keluarga dalam mengkonsumsi daging merah, minuman pemanis buatan, dan makanan gorengan guna untuk menjaga kesehatan jantung anda.

  • Jarang menjaga kesehatan gigi

Ternyata kesehatan gigi ada kaitannya dengan kondisi jantung karena gigi dan mulut yang tak terawat bisa menjadi sarang bakteri porphyrimonas gingivalis yang kemudian masuk kedalam aliran darah sehingga menyebabkan pembekuan darah.

  • Malas berolahraga

Seringkali dianggap spele padahal berolahraga memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa penelitian yang menunjukan bahwa jika rajin berolahraga dalam seminggu setidaknya 3 sampai 4 kali terbukti ampuh dalam menurunkan tekanan darah, menjaga berat badan, dan menormalkan tingkat kolesterol.

Tak perlu nge gym , anda cukup berolahraga ringan seperti lari dipagi hari atau bersepeda bersama kerabat terdekat untuk menjaga kesehatan jantung dan organ tubuh lain.

Jadi sangat dianjurkan jika ingin jantung sehat sebaiknya anda menghindari kebiasaan buruk yang sudah dijelaskan diatas.

By Ana Rediana - Kesehatan Jum'at, 01 Desember 2017 15:44:28

Related Post :
Tips
Cara Mengatasi Migrain Yang…

Cara mengatasi migrain sebelah…

Manfaat
Manfaat Kunyit Untuk Mengobati…

Berikut adalah khasiat dan…

Manfaat
Manfaat Suplemen Natur-E untuk…

Manfaat suplemen Natur E…

Kesehatan
Ini Olahraga Yang Tepat…

Pilihan olahraga yang tepat…

Kesehatan
Penyebab Penyakit Liver Kronis…

Penyebab penyakit liver kronis…

Kesehatan
Berbagai Efek Samping Kemoterapi…

Berikut adalah berbagai efek…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mewaspadai Komplikasi yang Bisa Timbul pada Penderita ALS

Sama halnya dengan penyakit kroni…

Kesehatan
Dampak Negatif Terlalu Sering Mengonsumsi Obat Warung

Mengonsumsi obat warung dalam jangka…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top