Khasiat Dan Manfaat Daun Zaitun Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun zaitun mungkin belum begitu populer di kalangan masyarakat. Karena sejatinya kita selama ini hanya mengenal dan merasakan manfaat minyak zaitun, yang diolah dari buah zaitun. Minyak zaitun ini sendiri berkhasiat untuk menyehatkan tubuh serta berguna untuk kecantikan kulit dan wajah.


Namun tak hanya buahnya, daunnya juga ternyata memiliki beberapa khasiat penting untuk kesehatan. Lantaran di dalamnya diketahui mengandung beberapa senyawa yang dapat membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan kebal terhadap beberapa jenis penyakit.

Bahkan di Maroko, daun zaitun sendiri telah di manfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk menjaga kadar gula tetap normal bagi penderita diabetes. Dan seiring dengan banyaknya penelitian ilmiah yang mengkaji khasiat dari daun zaitun, kini masyarakatpun mulai memanfaatkan daun zaitun untuk pengobatan alternatif lainnya.

Kandungan senyawa daun zaitun

Di dalam daun zaitun diketahui terkandung 2 senyawa utama yakni bernama phytochemical dan oleuropein. Dan kedua senyawa tersebutlah alasan yang menjadikan mengapa daun zaitun menjadi salah satu herbal  yang paling di cari dalam pengobatan untuk mengatasi berbagai gejala penyakit.


Senyawa oleuropein sendiri diketahui sebagai senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antifungal, antiviral dan juga berfungsi untuk melawan berbagai macam jenis infeksi internal. Senyawa ini juga di kenal mampu meningkatkan produksi thermogenin yakni senyawa yang berfungsi untuk membakar lemak dalam tubuh secara efektif. Sehingga daun zaitun ini sangat cocok di manfaatkan bagi anda yang memiliki lemak berlebih didalam tubuh.

Khasiat dan manfaat daun zaitun untuk kesehatan

Dan berikut khasiat lengkap daun zaitun yang perlu anda ketahui untuk kesehatan anda.

1. Bersifat sebagai anti-bakteri

Manfaat dari daun zaitun yang pertama adalah beriosfat sebgai antibakteri. Sehingga dengan memanfaatkan daun ini, bisa membuat tubuh anda menjadi lebih kuat dalam menangkan berbagai jenis bakteri yan berusaha masuk kedalam tubuh. Selain itu juga mampu membersihkan bakteri yang telah terlanjur masuk ke dalam tubuh anda.

2. Bersifat sebagai antivirus

Selain bakteri, daun ini juga mampu menangkal virus yang berusaha masuk ke tubuh anda. Hal tersebut lantaran didalamnya sendiri terkandung senyawa alami antivirus yang ampuh untuk mencegah serangan virus ke tubuh anda, seperti halnya virus influenza dan virus penyakit lainnya.

3. Mencegah efek radiakal bebas

Khasiat dari daun zaitun yang juga tak kalah penting yakni mampu mencegah efek radikal bebas. Tidak sedikit orang yang menyadari bahwa tubuhnya telah terjangkit efek radiasi ini namun tidak mengatasinya dengan segera.

4. Menyehatkan tulang

Manfaat ekstrak daun zaitun untuk kesehatan tulang juga bisa diandalkan Kandungan senyawa yang terdapat didalamnya mampu menguatkan tulang anda. Sehingga tulang andapun sehat dan terbebas dari berbagai jenis penyakit termasuk pengeroposan tulang.

5. Mengatasi hipertensi

Menurut hasil dari beberapa penelitian, senyawa oleuropein yang terkandung didalam daun zaitun mampu menurunkan tekanan darah. Senyawa tersebut sendiri diketahui bersifat antioksidan poten yang bisa menghambat oksidasi lipid dalam darah, hingga mencegah penyakit kardiovaskuler.

6. Mengobati berbagai macam penyakit kronik

Dalam sebuah penelitian ilmiah diketahui bahwasannya senyawa antioksidan yang berasala dari tanaman ini memiliki manfaat kesehatan dan menekan resiko munculnya berbagai jenis penyakit kronik. Dan bahkan antioksidan yang terdapat di dalam daun zaitun telah di buktikan lebih tinggi ketimbang daun teh hijau.

7. Mencegah kanker

Di dalam dain zaitun juga diketahui terkandung senyawa yang bersifat antikanker sperti apigenin dan luteolin serta cinchonine yang mana merupakan sumber antimalarial. Bahkan hasil penelitian lainnya juga menunjukkan kankdungan asam aleanolic dari minyak zaitun juga mampu menghambat perkembangan kanker hati pada hewan uji coba laboraturium.

Selain dari pada itu, terapi daun zaitun juga dapat bereaksi dengan baik terghadap kanker hati dan juga kanker payudara. Kandungan asam oleatnya mampu memotong ekspresi gen yang berkaitan dengan perkembangan kanker payuidara dan telah diakui sebagai terobisan besar dalam memhami diet mediterania. Hal tersebut juga membuktikan bahwa daun zaitun cukup efektif dalam mencegah kanker yang berhubungan dengan inflamasi seperti usus besar, liver, prostat hingga kanker lambung.

8. Menurunkan kolesterol

Tingkat kolesterol yang tinggi umumnya bisa disebabkan akibat pola makan yang berlebihan. Namun. untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan herba dari daun zaitun. Daun di percaya memiliki  khasiat dalam mengusir kolesterol yang berlebih.

9. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun zaitun juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Daun ini sendiri akan masuk ke dalam sistem imun atau daya tahan tubuh anda sehingga bisa membuat tubuh anda bertahan dari serangan penyakit.

10. Mengatasi penyakit malaria

Penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk seperti malaria juga bisa diatasi dengan menggunakan daun zaitun. Kandungan yang terdapat di dalamnya akan menahan gejala malaria agat tidak menjadi lebih parah dan merusak tubuh.

11. Mengatasi penyakit kulit

Beberapa jenis penyakit kulit khususnya yang di akibatkan oleh jamur seperti gatal, panu, kudis, kurap juta nyatanya bisa diatasi dengan daun zaitun. Hakl tersebut juga menjadikan daun yng unik juga bisa dijadikan sebagai obat luar.

Selain daripada yang telah di uriakan diatas,daun zaitun juga masih memiliki beberapa manfaat lainnya seperti sebagai obat polio, mengatasi alergi, mengobatai pilek, menyehatkan paru-paru dan bagus untuk kesehatan gigi.

Resep terbaik untuk membuat teh daun zaitun

Perlu anda ketahui, bahwasannya ada cara tersendiri untuk mendapatkan manfaat rebusan daun zaitun, salah satunya yakni dengan mengiolahnya sebagai teh. Adapun untuk membuat secangkir teh daun zaitun, anda bisa mengikuti beberapa langakah berikut:

- Siapkan 15-20 gr daun zaitun kering.
- Didihkan air dan rebus daun zaitun keringdan biarkan hingga mendidih selama 2-3 menit.
- Biarkan daun zaitun tersebut di dalam air selama 10 menit, dan setelah itu tiriskan.
- Sajikan dalam keadaan dingin ataupun hangat dan tambahkan sedikit madiu kedalamnya.
- Jika anda suka, anda juga bisa menambahkan sedikit perasan air lemon ke dalamnya.
- Teh zaitun perlu diminum setiap hari agar anda bisa merasakan efek hasilnya
- Teh ini sendiri dianjurkan dikonsumsi sebagai terapi penyakit.

Bagaimana, manfaat buah dan daun zaitun sama luar biasanya bukan? Nah, sekarang kita hanya perlu memanfaatkan warisan pengetahuan ini secara konsisten untuk kesehatan. Selain efektif, pengobatan penyakit dengan menggunakan ekstrak daun zaitun juga mudah didapatkan. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 02 Desember 2017 11:23:05

Related Post :
Penyakit
Penyebab Sering Mual Setelah…

Penyebab sering mual setelah…

Kesehatan
Diagnosis Dan Pengobatan Sakit…

Informasi tentang diagnosis dan…

Manfaat
Khasiat Biji Buah Ketapang…

Pohon Ketapang atau yang…

Kesehatan
Ini yang Akan Terjadi…

Waktu olaharaga yang tepat…

Penyakit
Ketahui Ciri-ciri Gejala Penyakit…

Ketahui ciri-ciri gejala penyakit…

Kesehatan
Metode Diet Baru Isi…

Saat ini ada banyak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?

  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Akasia Untuk Kesehatan

Mengenal khasiat dan manfaat daun…

Daun
Daun
Manfaat Daun Kaca Piring Sebagai Obat Tradisional

Manfaat daun kaca piring sebagai…

Kirim Pertanyaan
Top