Bengkak Di Leher? Waspadai 9 Penyakit Ini

Share dan Tag Temanmu di :
Pernahkah atau sedang mengalami pembengkakan di leher? waspadai bisa jadi tanda dari penyakit serius. Setiap orang yang mengalami bengkak di leher tentunya berbeda-beda, ada yang tidak berbahaya ada pula yang berbahaya.  Seseorang yang mengalami bengkak di leher dan termasuk kondisi yang berbahaya bila bengkak di lehernya tidak mereda, semakin membesar bengkaknya dan disertai dengan gejala lain.


Gangguan Kesehatan Yang Dapat Menyebabkan Leher Membengkak

Gondongan

Bengkak di leher? waspadai bisa jadi merupakan gejala penyakit gondongan. Selain bengkak di leher, gejala lainnya penyakit gondongan adalah demam tinggi dan nyeri sendi. Jika bengkak di leher yang anda idap tersebut merupakan gejala penyakit gondongan, maka anda bisa melakukan perawatan di rumah yaitu dengan mengompres leher yang membengkak dengan air hangat dan penderita juga harus banyak istirahat.

Abses mulut

Gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan bengkak di leher adalah abses mulut. Gejala lainnya dari abses mulut adalah demam tinggi, sulit menelan, dan peradangan. Untuk menangani bengkak di leher yang sebabkan karena abses mulut  yaitu dengan minum obat pereda nyeri dan mencabut gigi.

Kista

Masalah kesehatan yang mampu menyebabkan leher membengkak adalah kista. pada umumnya kista tidaklah berbahaya, namun jangan disepelekan karena ukuran yang semakin membesar maka bisa berbahaya. Bila hal ini terjadi pada anda, maka periksakan diri anda pada dokter.

Difteri

Mengalami pembengkakan di leher? waspadai bisa jadi anda terkena penyakit difteri. Selain bengkak di leher, gejala lainnya dari penyakit difteri yaitu sulit bernapas, suara menjadi serak, hidung terus berair dan tubuh gampang lelah dan lemas.

Gondok

Selain difteria, penyakit yang dapat menyebabkan bengkak di leher adalah gondok. Gejala lainnya penyakit gondok adalah batuk, suara menjadi serak, kesulitan menelan dan sulit bernapas.

Infeksi parasit

Penyebab bengkak di leher adalah infeksi parasit. Bila bengkak di leher disebabkan oleh infeksi parasit, maka kurang makanan yang mengandung karbohidrat. Dan konsumsilah biji-bijian, kacang-kacangan dan makanan yang mengandung vitamin C.

TB paru

Berbagai faktor yang dapat menyebabkan leher membengkak adalah kondisi kesehatan salah satunya TB paru. Penyakit ini bisa diobati dengan antibiotik dalam jangka waktu tertentu. Dan pencegahan TB paru pada bayi adalah dengan imunisasi BCG.

Kelenjar getah bening

Bengkak dileher juga disebabkan karena kelenjar getih bengkak membengkak. Gejala lainnya yaitu nyeri tenggorokan, demam, berat menurun, dan keringan berlebihan. Untuk mengatasi kelenjar getah bening bengkak yaitu dengan perbanyak asupan cairan.

Pneumonia

Gangguan kesehatan lainnya yang dapat menyebabkan bengkak di leher yaitu penyakit pneumonia. Selain leher membengkak, gejala lainnya pneumonia adalah demam, berkeringat lebih, diare, menggigil, nyeri dada, mudah lelah, batuk, mual dan muntah. Untuk meredekan bengkak di leher dan meredakan nyeri minumlah obat pereda rasa sakit yang diresepkan oleh dokter.

Itulah berbagai penyakit yang dapat menyebabkan bengkak di leher. Oleh karena itu, bila anda atau salah satu keluarga anda mengidap bengkak di leher namun bengkaknya semakin membesar, maka segera periksakan pada dokter.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Sabtu, 02 Desember 2017 14:43:04

Related Post :
Kesehatan
Bahaya Sering Minum Minuman…

Bahaya sering minum minuman…

Penyakit
Ketahui Penyebab Sering Buang…

Ketahui penyebab sering buang…

Tips
Tips Cara Mencegah Dan…

Informasi tentang tips cara…

Tips
Cara Mengolah Bawang Putih…

Selain mengetahui khasiat bawang…

Kesehatan
Gejala Dan Diagnosis Jantung…

Jantung berdebar lebih cepat…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Mengkonsumsi…

Ketahui manfaat jamur kuping…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Tips Memilih Suplemen Herbal yang Benar dan Aman

Meskipun terbuat dari bahan alami,…

Kesehatan
Pentingkah Membaca Fakta Nutrisi pada Kemasan Makanan?

Sebelum membeli makanan kemasan, alangkah…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top