Wajib Tahu! Gejala HIV Ini Hanya Timbul pada Wanita

Share dan Tag Temanmu di :

Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. HIV sering ditularkan melalui hubungan seksual dengan orang yang sebelumnya telah terinfeksi. 

HIV belum bisa disembuhkan, tetapio terdapat pengobatan yang bisa dilakukan untuk memperlambat perkembangan penyakit. Pengobatan ini juga akan membuat penderitanya hidup lebih lama, sehingga bisa menjalani hidup dengan normal. 

Mengetahui Gejala Penyakit HIV yang Hanya Terjadi pada Wanita


Pada tahun 2015, diperkirakan terdapat sekitar 17,8 juta wanita diketahui mengidap HIV dan AIDS. Selain itu, diketahui juga bahwa penyakit HIV dan AIDS merupakan penyebab utama dari kematian wanita usia subur, yaitu antara 15-44 tahun. Cukup tingginya wanita yang mengidap HIV juga disebabkan karena kurangnya pengetahui terhadap ciri dan gejala HIV itu sendiri. 

Sebenarnya tidak ada perbedaan gejala HIV wanita dengan pria, keduanya akan mengalami gejala sesuai dengan tahapan infeksi HIV yang dialaminya. Namun, terdapat beberapa gejala HIV yang hanya timbul pada wanita yang perlu diketahui dan diwaspadai, diantaranya :

  • Perubahan siklus menstruasi

Wanita yang positif mengidap HIV bisa mengalami perubahan siklus menstruasi, bisa juga mengalami menstruasi yang lebih berat dari biasanya atau tidak mengalami menstruasi sama sekali. Penderita HIV juga memiliki gejala premenstruasi (PMS) yang lebih parah dari biasanya. 

PMS merupakan kondisi yang memengaruhi wanita menjelang haid. Biasanya kondisi yang sering dialami diantaranya kecemasan, depresi, jerawat, kelelahan, dan sakit kepala. PMS sebenarnya merupakan gejala yang umum dialami wanita yangmenstruasi, bahkan 85% wanita usia subur mengalaminya. Namun, pada mereka dengan HIV positif, gejala-gejala tersebut bisa terjadi lebih parah atau berat dari sebelumnya. 

  • Penyakit kelamin

Chlamydia, gonore, dan trikomoniasia yang disebabkan oleh Trichomonas vaginalis merupakan penyakit kelamin yang terjadi pada wanita penderita HIV. Ketiganya dapat ditularkan melalui hubungan seksual. 

Sebenarnya gonore bisa dialami oleh siapapun, baik pria ataupun wanita. Namun, terdapat perbedaan gejala gonore pada wanita dan pria. Gonore pada wanita hanya terlihat seperti gejala ringan saja, hampir mirip dengan infeksi bakteri dan jamur pada umumnya. Sedangkan gonore pada pria biasanya menunjukkan gejala yang khas, seperti kencing nanah.

  • Penyakti radang panggul

Penyakit radang panggul atau Pelvic Inflammatory Disease (PID) adalah infeksi yang terjadi di daerah rongga pelvis yang terdiri dari rahim, bagian tuba falopi, dan ovarium. Penyakit radang panggul yang terjadi pada wanita yang positif HIV biasanya sulit disebuhkan. Gejala yang timbul jugabisa terjadi lebih alam dari biasanya atau lebih sering kambuh.

  • Infeksi jamur di vagina

Vagina yang sehat sebenarnya mengandung bakteri dan jamur, namun ketika terjadi perubahan keseimbangan antara jumlah bakteri dan jamur, maka jamur bisa berkembang biak lebih banyak. 

Infeksi jamur vagina biasanya disebabkan oleh jamur candida albicans. Gejala yang bisa timbul diantaranya yaitu gatal, rasa seperti terbakar, nyeri saat buang air kecil ataupun ketika melakukan seks. Timbulnya jamur pada vagina ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah penurunan kekebalan tubuh yang sering dialami oleh penderita HIV. 

  • Infeksi human papilomavirus (HPV)

Infeksi ini dapat menimbulkan kutil di kulit kelamin yang menimbulkan rasa sakit, tidak nyaman, dan gatal. Pertumbuhan ini sangat berbahaya bagi wanita karena beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim) dan vulva. Tidak hanya wanita, sebenarnya penyakit kutil kelamin juga bisa dialami oleh pria, namun kasus pada wanita lebih rentyan terhadap komplikasi terjadinya kulit kelamin ini. 

Meskipun belum ada obat yang bisa menghilangkan HIV sepenuhnya, namun langkah pengobatan HIV yang ada saat ini cukup efektif dan bisa memperpanjang usia hidup penderita serta mereka bisa menjalankan pola hidup yang sehat.

Tanpa pengobatan, orang dengan sistem kekebalan yang terserang HIV akan menurun drastis. Dan mereka cenderung menderita penyakit yang membahayakan nyawa seperti kanker. Hal ini dikenal sebagai HIV stadium akhir atau AIDS. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 05 Desember 2017 11:12:44

Related Post :
Tips
Camilan Makanan Ringan Sehat…

Camilan Makanan Ringan Sehat…

Tips
Tips Cara Mengobati Telinga…

Tips cara mengobati telinga…

Penyakit
Diagnosis Hidradenitis Suppurativa dan…

Hidradenitis Suppurativa merupakan penyakit…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Inilah berbagai khasiat dan…

Kesehatan
Mengapa Mata Tidak Bisa…

Secara alami, sebagian besar…

Ibu Hamil
Inilah Ciri-Ciri Rubella pada…

Inilah ciri-ciri rubella pada…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Punya Phobia? Atasi dengan Cara Ampuh Ini

Punya phobia? Atasi dengan Cara…

Kesehatan
Mengenal Xanthelasma Serta Penyebab Dan Pengobatannya

Tahukah anda itu xanthelasma dan…

Kesehatan
Daftar Menu Sarapan Sehat untuk Penderita Diabetes

Daftar menu sarapan sehat untuk…

Kirim Pertanyaan
Top