Tips Sederhana Jaga Kesehatan Mata Bagi Pecandu Gadget

Share dan Tag Temanmu di :

Pada zaman sekarang ini, perkembangan teknologi sangat pesat. Diantara banyaknya teknologi yang bisa digunakan, gadget merupakan salah satu yang tidak bisa dipisahkan. Bahkan, kini hampir semua orang memiliki gadget yang memiliki beragam aplikasi untuk membantu aktivitas sehari-hari. 

Sayangnya, perkembangan ini membuat banyak orang yang tidak bisa lepas dari gadget, sehingga bisa menyebabkan ketergantungan yang tentu saja menyimpan risiko, salah satunya yaitu mengancam kesehatan mata. 


Mata termasuk salah satu organ penting yang harus dijaga dan diperhatikan kesehatannya. Penggunaan gadget bisa memicu kerusakan mata akibat paparan layar blue ray. Diantara sekian banyak dampak penggunaan gadget pada mata, diantaranya seperti mata merah, penglihatan kabur, dan mata mendadak mengalami nyeri. Selain itu, akibat aktifitas penggunaan gadget yang tidak cerdas juga bisa menyebabkan perubahan bentuk atau gerak bola mata. 

Maka dari itu, sangat disarankan untuk lebih cerdas dan bijak dalam menggunakan gadget saat beraktifitas agar mata tetap terlindungi dan tidak rusak. Berikut ini merupakan beberapa tips jaga kesehatan mata bagi pecandu gadget :

  • Atur pencahayaan

Pencahayaan yang baik dan tepat bisa menjaga kesehatan mata. Terlalu banyak pencahayaan bisa mengganggu kinerja mata. Sedangkan pencahayaan yang terlalu sedikit juga bisa menyebabkan mata tertekan untuk melihat.

Untuk mengurangi pantulan dari lampu, sebaiknya posisikan layar gadget dengan tepat. Jika Anda menatap layar pada malam hari, sebaiknya gunakan penerangan yang cukup agar mata tidak mudah sakit. Pencahayaan memang sangat penting agar mata tetap nyaman saat menatap layar gadget dalam waktu yang lama. 

  • Memperbesar teks

Bagi Anda yang memiliki penyakit mata permanen, seperti mata minus atau plus, memperbesar teks pada gadget dapat membantu agar Anda tidak menyipitkan mata. Hampir semua perangkat dapat disesuaikan menjadi teks yang lebih besar. Tentunya hal ini bisa membuat Anda lebih mudah untuk membaca teks yang terdapat di layar. 

  • Sesuaikan sudut layar

Layar pada gadget bisa membuat mata merasa silau dan pada akhirnya akan membuat mata sakit. Atur posisi layar dengan tepat untuk menjaga kesehatan mata. Posisi layar yang baik untuk kesehatan mata adalah 4-6 inci di bawah mata. Jika layar gadget masih terlalu silau, Anda juga bisa menggunakan lapisan anti silau untuk meredam cahaya dari gadget yang masuk ke mata. 

  • Atur waktu istirahat

Sama halnya dengan tubuh yang memerlukan istirahat untuk mengganti energi yang hilang, mata juga membutuhkan istirahat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah metode 20-20-20, yaitu istirahatkan mata selam 20 detik dan dilakukan setiap 20 menit. Lihatkan sesuatu yang jaraknya berada sejauh 20 kaki dari Anda. 

Selain itu, berkediplah sesering mungkin sebagai cara alami untuk mencuci mata. Selain dapat merusak mata, menatap layar gadget juga dapat mengurangi rasa kantuk, sehingga Anda akan sulit untuk tidur. 

Itulah beberapa tips sederhana jaga kesehatan mata bagi pecandu gadget. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa membantu menjaga mata tetap sehat. Selain itu, sebaiknya Anda lebih bijak dalam menggunakan gadget sehingga tidak menimbulkan risiko yang membahayakan kesehatan mata. 

By Sri Maryati - Tips Rabu, 06 Desember 2017 10:29:26

Related Post :
Kesehatan
Inilah Cara Alami Untuk…

Cara alami meredakan sakit…

Ibu Hamil
Cara Mudah Mencegah Stretch…

Cara Mudah Mencegah Stretch…

Alami
Cara Alami Mengobati Sakit…

Ada banyak cara mengobati…

Kesehatan
Apa Benar Micin Bisa…

Banyak yang berpendapat bahwa…

Kesehatan
Punya Masalah Bau Badan?…

Punya Masalah Bau Badan?…

Penyakit
Penyebab Gejala Vertigo dan…

Sensasi kepala serasa berputar…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Penyebab Dan Cara Mengobati Radang Sendi

Cara mengobati radang sendi yang…

Tips
Tips Cara Memilih Bedak Untuk Kulit Berminyak

Anda perlu cerdas dalam memilih…

Tips
Kirim Pertanyaan
Top