Waspada! Ini Jenis-Jenis Penyakit Tiroid Yang Jarang Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Jenis-jenis penyakit tiroid pada umumnya memiliki gejala dan penyebab yang berbeda-beda. Namun, gangguannya sama yakni tertuju pada kelenjar tiroid. Lalu sebenarnya, apa itu penyakit tiroid? Apa penyebab dan gejalanya? selengkapnya bisa anda ketahui dalam uraian singkat berikut.


Penyakit tiroid adalah berbagai gangguan ataupun masalah yang terjadi pada kelenjar tiroid. Kelenjar yang terletak di bawah jakun ini sendiri bertugas untuk mengatur berbagai sistem metabolisme didalam tubuh. Sehingga kelenjar ini di sebut-sebut sebagai salah satu bagian tubuh yang memiliki peranan penting bagi manusia.

Adapun kinerja kelenjar tiroid sendiri dikendalikan oleh otak, lebih tepatnya oleh kelenjar hipofisis (pituitary) dan hipotalamus. Pada dasarnya pada saat tubuh mengalami kekurangan maupun kelebihan hormon tiroid, otak akan merangsang kelenjar tiroid untuk menyesuaikan kinerjanya agar kadar hormon tersebut kembali seimbang.

Dalam sebagian besar kasus tiroid, terdapat beberapa penyebab penyakit tiroid atau faktor yang memicu kadar hormon tiroid menjadi terlalu tinggi maupun rendah. Diantaranya seperti:

  • Kadar iodin yang berlebihan di dalam tubuh.
  • Operasi pengangkatan kelenjar tiroid.
  • Pengaruh obat yang mengandung Litium (Li).
  • Kelenjar tiroid yang rusak, seperti akibat pajanan radiasi.
  • Terjadinya masalah pada kelenjar hipofisis atau hipotalamus di otak.

Jenis-jenis penyakit tiroid yang masih jarang di ketahui

Bagi sebagian besar orang awam, penyakit tiroid belum banyak di pahami dan dikenali, sehingga gejala yang muncul kerap kali dianggap sebagai gejala penyakit biasa yang bisa sembuh dengan sendirinya. Padahal kondisi tersebut memerlukan penanganan yang tepat, sebelum gejalanya berkembang menjadi lebih parah.

Adapun jika dilihat dari penyebab dan gejalanya, penyakit tiroid terbagi ke dalam beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Hipotiroidisme

Adalah salah satu jeenis penyakit tiroid yang ditandai dengan jumlah hormon tiroksin yang di produksi oleh kelenjar tiroid terlalu sedikit, sehingga tubuh mengalami defisiensi. Pada dasarnya kondisi ini lebih sering di alami oleh wanita, terlebih lansia yang telah memasuki usia 60 tahun ke atas. Adapun gejala hipoteroidisme yang umum diantaranya konstipasi, kulit kering, lebih sensitif terhadap hawa dingin, kelelahan, lemas, serta kenaikan berat badan tanpa sebab yang jelas.

2. Hipertiroidisme

Berbeda dengan hipotiroidisme, jenis penyakit tiroid yang satu ini umumnya  terjadi pada saat kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan dalam tubuh. Gangguan tiroid ini umumnya ditandai dengan detak jantung yang cepat atau tidak beraturan (dada terasa berdebar), penurunan berat badan yang cepat, banyak keringat, gelisah serta suasana hati yang cepat berubah.

3. Penyakit gondok

Penyakit gondok adalah pembengkakan kelenjar tiroid yang terlihat sebagai benjolan dileher. Pada umumnya, kondisi ini sering kali di disamakan dengan gejala gondongan. Padahal keduanyapun berbeda. Bahkan, apabila benjolan gondok tersebut telah menekan tenggorokan atau kerongkongannya, maka bisa terjadi perubahan suara, batuk, kesulitan bernapas hingga menelan.

4. Nodul tiroid

Merupakan benjolan padat berisi air yang terbentuk dalam kelenjar tiroid. Benjolan ini dapat berupa tumor maupun kista, dan jumlahnya bisa lebih dari satu. Pada dasarnya, kondisi ini sering kali tidak menimbulkan gejala, sehingga kondisi ini hanya bisa terdeteksi setelah menjalani pemeriksaan kesehatan umum. Akan tetapi, apabila nodul yang tumbuh berukuran besar, maka kondisi ini bisa menyebabkan kesulitan bernapas atau menelan. Dan terkadang, nodul tiroid ini juga memperoduksi hormon tiroksin sehingga menimbulkan gejala hipertiroidisme.

Adapun untuk pengobatan penyakit tiroid pada dasarnya biasanya dilakukan dengan beberapa penanganan seperti pemberian obat-obatan, terapi ablasi iodium radioaktif hingga prosedu operasi. Adapun penangan yang tepat untuk masalah penyakit tiroid anda, sebaiknya periksakan dan konsultasikan dengan dokter.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar jenis-jenis penyakit tiroid yang masih jarang diketahui. Setelah menyimak informasi ini, kami harap anda lebih waspada lagi akan penyebab dan gejala kondisi tersebut. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Kamis, 07 Desember 2017 11:33:47

Related Post :
Penyakit
Penyebab Sariawan Berkepanjangan yang…

Penyebab pasti terjadinya sariawan…

Manfaat
Manfaat Daging Domba Bagi…

Dibandingkan daging kambing, daging…

Manfaat
Manfaat Biji Kopi Hijau…

Beragam manfaat dna khasiat…

Kesehatan
Waspadai Inilah Bahaya Minum…

Waspadai Bahaya Minum Kopi…

Tips
Tips Tubuh Tetap Sehat…

Bagi para pekerja shift…

Alami
Minuman Segar yang Berkhasiat…

Selain obat, ternyata ada…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih

  • Kesehatan

    1 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat


Penyakit
Mewaspadai Penyebab dan Gejala Penyakit TBC

Mewaspadai penyebab dan gejala penyakit…

Penyakit
Mengenal Metode Pengobatan Hipertiroid Yang Sering Di gunakan

Berikut adalah metode pengobatan hipertiroid…

Penyakit
Ini yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Otak (Bag. 2)

Merasa takut merupakan hal wajar…

Kirim Pertanyaan
Top