Ini Gejala Dan Penyebab Hipertiroid Yang Perlu Anda Waspadai!

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab dan gejala hipertiroid, sudahkah anda mengatahuinya? jika belum, Sebaiknya anda menyimak informasi berikut. Karena masalah kesehatan ini bisa menyerang siapa saja dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu butuh pehaman dan pengetahuan yang akan kondisi ini, agar kita bisa lebih mewaspadainya.


Hipertiroid atau hipertiroidisme adalah salah satu diantara jenis-jenis penyakit tiroid, yang ditandai dengan kadar hormon tiroksin di dalam tubuh begitu tinggi. Hormon ini sendiri di hasilkan oleh kelejar tiroid, yang mana memiliki peranan penting dalam berbagai proses metabolisme. Sehingga, jika hormon ini terganggu maka dapat menyebabkan gangguan metabolisme didalam tubuh.

Adapun sejatinya, kondisi hipertiroid ini cenderung terjadi pada wanita. Namun tidak menutup kemungkinan kondisi ini juga bisa muncul pada pria  dan pada usia berapapun, termasuk anak-anak. Namun hipertiroid sendiri umumnya sering kali menyerang pada mereka yang berusia 20-40 tahun.

Gejala dan penyebab hipertiroid yang perlu anda waspadai

Hipertiroid sendiri umumnya bisa mempercepat proses metabolisme didalam tubuh, sehingga mengakibatkan timbulnya berbagai gejala pada tubuh manusia. Namun tiap penderitanya bisa mengalami tingkat keparahan, jangkauan serta frekuensi gejala yang berbeda-beda. Adapun gejala hipertiroid yang umumnya dialami oleh penderitanya adalah sebagai berikut.

- Berat badan turun tanpa alasan yang jelas
- Penderita mengalami hiperaktif atau tifak akan bisa diam dan dipenuhi dengan rasa cemas
- Menjadi emosional atau mudah marah
- Mengalami insomnia atau susah tidur di malam hari
- Terjadi penurunan daya konsentrasi
- Berkeringat secara berlebihan
- Libido menurun
- Otot terasa lemas
- Mengalami diare
- Mengalami kemandulan
- Siklus menstruasi menjadi tidak teratur bahkan berhenti sekaligus.
- Menyebabkan rasa haus dan sangat lelah terutama pada penderita diabetes.

Selain dari pada itu, beberapa tanda klinis maupun gejala lainya juga bisa ditemukan pada penderita hipertiroidisme. Diantaranya:

- Terjadi pembesaran kelenjar tiroid yang menyebabkan tejadinya pembengkakan dileher
- Palpitasi atau denyut jantung yang cepat bahkan tidak beraturan
- Kulit terasa hangat dan lemabab
- Mengalami kedutan otot
- Selalu gemetar (Tremnor)
- Munculnya biduran dan ruam
- Rambut mengalami kerontokan secara merata
- Telapak tangan berwarna kemerahan
- Struktur kuku yang longgar.

Pada dasarnya, kelenjar tiroid memproduksi dua jenis hormon, yakni triiodotiroin (T3) dan tiroksin (T4). Setiap hormon berfungsi untuk mengatur sel dan juga kinerja tubuh. Meski umumnya kelenjar tiroid akan memproduksi hormon dalam jumlah yang tepat. Akan tetapi, pada kondisi tertentu, produksi hormon yang di lakukan secara berlebih, terutama tiroksin (T4).

Penyebab hipertiroid atau banyaknya hormon tiroksin yang di produksi oleh kelenjar tiroid, pada umumnya dapat di sebabkan oleh banyak hal, diantaranya:

  • Penyakit graves. Adalah suatu kodisi yang terjadi akibat kelainanan sistem autoimun yang menyerang tubuh dan meningkatkan produksi hormon pada kelenjar tiroid. Selain hipertiroidisme, penyakit ini juga kemungkinan dapat mengakibatkan penglihatan menjadi tidak nyaman dan kabur hingga bola mata yang terlihat menonjol keluar.
  • Tirodoitis. Adalah peradangan yang terjadi pada kelenjar tiroid oleh infeksi bakteri, virus hingga saat tubuh memproduksi antibodi yang merusak kelenjar tiroid. Akibatnya, keruksakan ini menyebabkan kebocoran hormon tiroksin yang pada akhirnya menyebabkan hipertiroidisme.
  • Nodul tiroid. Adalah gumpalan yang terbentuk didalam kelenjar tiroid tanpa sebab yang jelas. Meski bersifat jinak dan tidak memiliki potensi berkembang menjadi kanker, nodul ini sendiri bisa mengandung jaringan tiroid yang abnormal.
  • Efek samping obat. Untuk memproduksi hormon tiroksin, kelenjar tiroid akan mmbutuhkan iodineyang terkandung didalam makanan. Dan hormon tiroksin akan mebnjadi terlalu banyak sehingga akhirnya menyebabkan hipertiroidisme jika sseorang mengonsumsi suplemen iodine atau obat yang mengandung zat tersebut, seperti amiodarone.
  • Kehamilan. Saat kehamilan, wanita hamil umumnya mengalami peningkatan kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG), yang mana hormon ini dapat memicu terjadinya hipertiroid, terlebih pada ksus kehamilan kembar dan kehamilan anggur, yang mana terdapat kadar hCG yang begitu tinggi.
  • Tumor adenoma pada kelenjar hifopisis. Adalah sejenis tumor jinak yang tumbuh pada kelenjar hipofisis atau pitutary atau kelenjar yang terletak didasar otak.
  • Kanker tiroid. Meski kanker ini tergolong langka, namun sel-sel ganasnya bisa menghasilkan banyak hormon tiroksin, sehingga penderitanya juga bisa mengalami hipertiroidisme.

Pada awalnya, gejala yang dialami penderita hipertiroid mungkin akan bersifat ringan. Namun seiring meningkatkan kadar tiroksin dalam darah maka kondisi hipertiroid pun akan semakin parah. Adapun jika anda mengalami bebberapa gejala diatas yang di sertai pula dengan gejala seperti pusing, napas pendek, detak jantung cepat dan tidak beraturan hingga kehilangan kesadaran, sangat disarankan untuk memeriksakan kondisinya ke pusat kesehatan terdekat agar mendapat penanganan yang tepat.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar penyebab dan gejala hipertiroidisme. Terimakasih bagi anda yang telah setia menyimak informasi kami hingga selesai. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan khususnya untuk kesehatan anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 08 Desember 2017 10:23:28

Related Post :
Penyakit
Ciri-Ciri Penderita HIV Atau…

Penyakit HIV/AIDS termasuk penyakit…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Kandungan nutrisi dan manfaat…

Ibu Hamil
Cara Mengatasi BAB Berdarah…

Cara mengatasi BAB berdarah…

Obat Kimia
Obat Bacitracin Pencegah Infeksi…

Obat Bacitracin Pencegah Infeksi…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Obat Kimia
Obat Pseudoephedrine Untuk Mengatasi…

Obat pseudeophedrine untuk mengatasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyebab Gejala Dan Pengobatan Hiperparatiroidisme

Penyebab gejala dan pengobatan hiperparatiroidisme…

Penyakit
Definisi Gejala Gagal Ginjal Kronis Dan Pencegahannya

Penyakit gagal ginjal kronis merupakan…

Penyakit
Ketahui Gejala Dan Penyebab Alergi Dingin Pada Kulit

Ketahui gejala dan penyebab alergi…

Kirim Pertanyaan
Top