Kenali Penyebab Dada Terasa Panas Yang Anda Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Selain nyeri di dada, masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang adalah terasa panas di dada. Namun, penyebab dada terasa panas belum diketahui oleh banyak orang. Karena sebagian dari mereka tidak memeriksakan diri mereka pada dokter saat terkena terasa panas di dada.


Penyebab Dada Terasa Panas

Mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu

Penyebab dada terasa panas adalah efek dari mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat memberikan efek panas di dada diantaranya kafein, sitrus, tomat, bawang, coklat dan peppermint. Oleh karena itu batasi konsumsi makanan atau minuman tersebut.
 
Obesitas

Faktor pemicu munculnya terasa panas di dada adalah obesitas. Untuk mengatasi dada panas efek dari obesitas adalah kurangi berat badan sengan olahraga secara rutin dan lakukan diet sehat.

Penyakit jantung koroner

Pernah atau sering terasa panas di dada? waspadai bisa jadi tanda atau gejala penyakit jantung koroner. Oleh karena itu bila anda mengalami panas di dada bahkan disertai dengan rasa nyeri maka segera periksakan diri anda pada dokter.

Untuk mengatasi terasa panas di dada yang disebabkan karena penyakit jantung koroner adalah minum obat secara teratur yang sudah diberikan oleh dokter, menerapkan pola hidup sehat, berhenti melakukan kebiasaan buruk merokok dan minuman beralkohol serta olahraga. Namun lakukan olahraga yang dianjurkan untuk penderita penyakit jantung. Karena tidak semua olahraga bisa dilakukan oleh penderita penyakit jantung.

Esofagitis

Selain penyakit jantung koroner, waspadai penyakit esofagitis bila anda mengalami terasa panas di dada. Selain itu, gejala lainnya dari esofagitis yaitu sulit menelan dan terasa nyeri di dada.

Esofagitis dibagi menjadi 2 jenis yaitu esofagitis infeksiosa dan esofagitis eosinofilik. Pengobatan pada penderita esofagitis infeksiosa adalah diberikan resep obat untuk infeksi bakteri, jamur atau parasit. Sedangkan esofagitis eosinofilik diatasi dengan obat pengurang reaksi alergi.

Gastritis

Terasa panas di dada juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan. Dan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan dada terasa panas adalah gastritis. Selain rasa panas di dada, gejala lainnya gastritis adalah terasa panas di lambung, perut kembung, cegukan, nafsu makan berkurang, nyeri perut, gangguan pencernaan, mual dan muntah.   
 
Tips mengurangi masalah gastritis adalah ubah pola makan, hindari makanan yang asam, pedas, dan berminyak. Berhenti melakukan kebiasaan buruk seperti minum minuman beralkohol.

Tukak lambung

Selain gastritis, penyakit lambung lainnya yang menimbulkan gejala terasa panas di dada yaitu tukak lambung. Bila tukak lambung sudah parah maka akan menimbulkan gejala pendarahan di lambung. Cara mengatasi tukak lambung adalah dengan mengonsumsi obat yang telah diberikan oleh dokter.  
 
GERD

Pernah mengalami dada terasa panas? waspadai bisa jadi terkena GERD. Untuk lebih memastikan apakah anda terkena GERD atau tidak, maka periksakan diri anda pada dokter. Gejala lainnya dari GERD yaitu nyeru ulu hati.

Untuk mengurangi masalah GERD maka konsumsi obat dari dokter. Selain itu ubah pola makan, batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tingg dan makanan pedas.

Bagi anda yang mengalami panas di dada secara tiba-tiba ataupun memang sering, maka periksakan diri anda pada dokter untuk memastikan apakah panas di dada yang anda alami tersebut merupakan gejala penyakit ataupun bukan.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Jum'at, 08 Desember 2017 10:47:55

Related Post :
Ibu Dan Anak
9 Makanan untuk Memperkuat…

Sistem kekebalan tubuh anak…

Ibu Hamil
Mengenal 3 Tahapan Dalam…

Ini 3 tahapan dalam…

Penyakit
Gejala Diabetes Tipe 1…

Gejala diabetes tipe 1…

Kesehatan
Langkah Dan Cara Pencegahan…

berikut adalah langkah dan…

Obat Kimia
Obat Yang Digunakan Untuk…

Sampai saat ini pengobatan…

Ibu Dan Anak
Bayi Sering Berkeringat Dingin?…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?

  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi


Kesehatan
Buah-Buahan Yang Bagus Untuk Diet

Bagi orang yang sedang menjalani…

Kesehatan
Gejala Infeksi Bakteri Listeria yang Perlu Diwaspadai

Ancaman bakteri listeria yang mengkontaminasi…

Kesehatan
Faktor Yang Bisa Memicu Terjadinya Depresi

Ada banyak faktor yang bisa…

Kirim Pertanyaan
Top