Selain Manis Buah Mangga Juga Memiliki Manfaat Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Siapa yang tidak mengenal buah mangga. Buah yang memiliki daging berwarna kuning dan manis ini begitu banyak digemari. Buah mangga teramsuk kelompok buah batu (drupa) yang berdaging, dengan ukuran dan bentuk yang sangat berubah-ubah bergantung pada jenisnya, mulai dari bulat (misalnya mangga gedong), bulat telur (gadung, indramayu, arumanis) hingga lonjong memanjang (mangga golek).

Daging buah mangga jika masak akan berwarna merah jingga, kuning atau krem, berserabut atau tidak, manis sampai masam dengan banyak air dan berbau kuat sampai lemah. Bijinya berwarna putih, gepeng, memanjang tertutup endokarp yang tebal, mengayu dan berserat. Biji ini terdiri dari dua keping, ada yang meonoembrional dan ada juga yang poliembrional. 


Buah mangga diketahui memiiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Zat gizi yang terkandung didalam mangga diantaranya adalah provitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, kalium, dan serat. Dengan kandungan gizi yang dimilikinya ini, selain menyegarkan, buah mangga ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga sangat direkomendasikan sebagai buah penambah kecerdasan otak.

Kebaikan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, maka tak heran jika mangga kaya akan manfaat dan khasiat yang baik bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan yang harus diketahui, diantaranya :

Menjaga kolesterol

Untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal, mangga merupakan pilihan yang tepat. Hal ini merupakan salah satu manfaat dari buah mangga yang jarang diketahui. Konsumsi mangga setelah mengonsumsi makanan berlemak seperti daging dan santan dapat membantu mengurangi kolesterol dalam darah. Jika kandungan lemak dalam darah tetap stabil, maka Anda akan terhindari dari risiko darah tinggi dan beberapa penyakit degeneratif lainnya. 

Cocok untuk penderita diabetes

Karena banyaknya keterbatasan pilihan, penderita diabetes seringkali mengalami kesulitan untuk mengatur pola makan. Mangga merupakan salah satu buah yang bisa dikonsumsi penderita diabetes setiap saat dengan tetap menjaga kadar gula seimbang. Mangga mengandung gula buah atau dikenal dengan fruktosa yang aman untuk darah.

Diabetes disebabkan karena ketidakmampuan tubuh mengubah gula menjadi bentuk lemak lipid untuk disimpan dalma darah. Insulin berperan penting dalam proses ini, namun penderita diabetes kekurangan bahkan kehilangan produksi insulin. Konsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat sangat dilarang. 

Menjaga pencernaan

Enzim yang terdapat dalam buah mangga tidak hanya dapat melancarkan pencernaan saja. Mengonsumsi buah mangga secara rutin juga dapat membantu memecah protein dan mempercepat penyerapan nutrisi dalam tubuh. Dengan terserapnya nutrisi dengan baik, maka akan meningkatkan sistem pencernaan. Selain enzim, buah mangga juga memiliki senyawa bioaktif seperti ester, terpenes, dan aldehil yang berkontribusi untuk meningkatkan nafsu makan dan sistem pencernaan. 

Mengobati anemia

Anemia atau kekurangan darah biasanya dialami oleh wanita. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengonsumsi buah alami sebagai zat penambah darah untuk mengobati anemia. Mangga merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan zat besi yang dapat memenuhi kebutuhan para wanita yang mengalami anemia karena menstruasi ataupun hal lainnya. Selain itu, buah mangga juga sangat cocok dikonsumsi oleh wanita yang sudah menopause serta wanita yang sedang hamil.

Meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan

25% dari akndungan vitamin dalma mangga adalah vitamin A. Banyak yang mengirang bahwa wortel dan tomat merupakan sumber vitamin A terbaik. namun mangga juga tidak bisa dianggap sepele. Sebagai sumber vitamin A, mangga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan. 

Mata merupakan organ yang sangat penting dan mudah mengalami defisiensi atau kemunduran kemampuan melihat. Defisiensi tidak hanya disebabkan oleh faktor usia, tetapi juga bisa disebabkan karena kekurangan nutrisi yang membantu menjaga stabilitas organ. Vitamin A merupakan bagian penting dari nutrisi tersebut dan mangga adalah pilihan yang tepat untuk menjaga dan mengembalikan kesehatan mata. 


Mencegah penyakit jantung

Buah mangga merupakan sumber asupan vitamin A, vitamin E, dan selenium yang baik. Kombinasi dari vitamin tersebut ternyata sangat baik untuk melindungi jantung dari serangan jantung. Selain memiliki vitamin yang membantu kesehatan jantung, buah mangga juga memiliki zat kalium. Ketika kalium naik bersamaan diikuti dengan turunnya asupan natrium dan perubahan dari pola makan, makan hal ini bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. 

Meningkatkan sistem kekebalan 

Tubuh memerlukan sistem kekebalan yang aktif sehingga mampu mencegah bakteri, penyakit atau virus dari luar. Vitamin dan mineral dalam buah mangga memiliki fungsi ganda sebagai pembentuk sistem kekebalan tubuh. Konsumsi buah mangga secara teratur baik bagi kesehatan dan mengembalikan sistem imunitas seperti sediakala.

Antioksidan dan pencegah kanker

Vitamin dan mineral yang ada pada mangga merupakan kandungan yang penting sebagai antioksidan. Perlu diketahui, antioksidan menangkap patogen atau bakteri yang masuk ke tubuh melalui kulit dan pencernaan. Fungsinya mirip seperti sistem kekebalan, hanya saja lebih aktif dan membentuk semacam tameng. 

Ketika berbicara mengenai radikal bebas, Anda akan diarahkan pada pencegahan kanker. Penyakit ini berada dalam daftar atas penyakit yang membunuh banyak manusia. Kanker memiliki beragam jenis dan semua terjadi karena kontaminasi sel-sel oleh radikal bebas sehingga berkembang menjadi sel ganas. 

Kesehatan reproduksi dan seksual

Mangga dikenal juga sebagai buah untuk meningkatkan vitalitas tubuh dan seksual atau dikenal sebagai aprosidiac. Buah mangga mengembalikan hormon reproduksi ke level normal sehingga meningkatkan kemampuan seksual. Tentu saja, laki-laki dan perempuan dianjurkan untuk mengonsumsinya. 

Jika dinilai dari senyawa penting yang ada didalamnya, buah mangga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Seperti yang dikatakan oleh banyak peneliti sebelumnya, bahwa kandungan senyawa dalam buah mangga sangat beramnfaat bagi tubuh. Terlebih lagi untuk tindakan pencegahan untuk beberap jenis penyakit. 

Untuk mengonsumsi buah mangga sendiri, Anda bisa langsung mengonsumsinya ataupun diolah menjadi makanan lain, dan juga dijadikan jus. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Manfaat Jum'at, 08 Desember 2017 11:33:23

Related Post :
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Okra…

Beragam manfaat yang akan…

Tips
Begini Cara Mengolah Belimbing…

Begini cara mengolah belimbing…

Kesehatan
Manfaat Rutin Berolahraga Bagi…

Manfaat rutin berolahraga bagi…

Kesehatan
Segera Tinggalkan! Ini Bahaya…

Segera tinggalkan! ini bahaya…

Kesehatan
Fakta Khasiat Minyak Bulus…

Fakta khasiat minyak bulus…

Manfaat
Manfaat Mengonsumsi Daging Unta…

Daging unta merupakan salah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat Konsumsi Makanan Yang Mengandung Serat

Berbagai manfaat konsumsi makanan yang…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Konsumsi Kacang Pistachio Bagi Kesehatan

Selain kacang mede, kacang pistachio…

Manfaat
Fakta Seputar Manfaat Infused Water Bagi Kesehatan Hingga Diet

Inilah fakta seputar manfaat infused…

Kirim Pertanyaan
Top