Cemilan Sehat Rendah Gula Cocok Bagi Penderita Diabetes

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengkonsumsi cemilan terutama makanan yang memiliki kadar gula tinggi karena akan kadar gula dalam darah akan naik dengan cepat.


Berikut ini beberapa rekomendasi cemilan sehat untuk penderita diabetes yang sebaiknya anda pertimbangkan dan konsumsi demi menjaga kadar gula tetap stabil, antara lain :

  • Buah dan keju

cemilan sehat yang layak dikonsumsi penderita diabetes yaitu buah dan keju namun bukanlah buang sembarangan dan harus buah yang aman untuk penderita diabetes dengan kadar gula darah tinggi seperti anggur, bluberry, apel yang bisa dicampur dengan 1 ons keju mozarella atau cheddar untuk dijadikan cemilan yang lebih enak. Jenis keju yang boleh dikonsumsi penderita diabetes yang mengandung lemak darah rendah agar dapat menurunkan resiko penyakit kolesterol tinggi.

  • Popcorn

Cemilan popcorn dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes karena popcorn terbuat dari bahan jagung yang memiliki bahan makanan mengandung serat tinggi tetapi juga memiliki kadar kalori rendag dan bernutrisi. Lebih disarankan mengkonsumsi popcorn yang proses masaknya memakai minyak zaitun dikompor atau memakai minyak kanola yang tidak ada perasa buatan.

Cara memasaknya, tuangkan 1 sdm minyak zaitun/kanola kedalam panci lalu panaskan minyak dan masukan jagung kernel tutuplah panci dan goyang-goyang beberapa waktu hingga akhirnya terjadi letusan jagung kemudian jika semua jagung telah meletus buka tutp panci dan tak lupa taburkan 1/4 sdt garam, 1/4 sdr bawang putih, serta keju parut sebanyak 1 sdm. Kandungan kalori dalam cemilan ini sekitar 40 kalori dan 5.8 gr karbohidrat secangkirnya sehingga tidak akan membahayakan kesehatan anda.

  • Keripik

Keripik tidak selalu berbahan kentang karena berbagai jenis sayuran dapat dipanggang sebagai keripik cemilan sehat. Cara mengolah dengan memanggang salah satu kunci supaya penderita diabetes mampu menghindari lemak trans, pengawet makanan, garam tinggi yang biasa ditemui pada makanan cemilan keripik kentang kemasan. Keripik yang terbuat dari daun kale tambahkan secukupnya minyak zaitun lalu campurkan garam dan merica kemudian taruh dalam loyang dan panaskan sampai krispi. Cemilan bikinan sendiri mampu membantu menormalkan kadar gula darah dan menhaga kesehatan tubuh tetap stabil.

  • Salad kacang hitam

Kacang hitam memiliki kandungan protein dan serat tinggi sehingga dapat dijadikan cemilan sehat bagi penderita diabetes yang dapat menjadi menstabilkan kadar gula darah dan mengenyangkan lebih lama. Selain itu, sayur dan tomat lainnya akan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Cara membuatnya, siapkan 15 ons kacang hitam yang memiliki kandungan sodium rendah dan terlebih dahulu sudah dibilas lalu campurkan kacang dengan 1/2 cangkir tomat yang telah di potong-potong dalam mangkok ukuran sedang bersama 1/2 cangkir paprika hijau dan mentimun yang telah dicincang. Tidak lupa juga tambahkan potongan alpukat 1/4 cangkir, 1 siung bawang putih yang sudah diiris, 1/8 sdt garam, dan 2 sdt jus lemon segar.

  • Makanan yang mengandung kedelai

Sebelum makan coba konsumsi makanan yang memiliki kandungan kedelai sehingga nafsu makan anda akan terkendali. Perlu anda ketahui, kedelai salah satu makanan dnegan indeksi glikemik yang cukup rendah sehingga tubuh bisa dicerna perlahan dan rasa kenyang tahan lama serta kedelai termasuk bahan makanan yang tidak membuat gula darah menjadi tinggi cepat jika dikonsumsi dnegan takaran yang sesuai.

  • Makanan indeks glikemik rendah

Seperti sayuran , oatmeal, kacang polong, gandum utuh dan gandum hitam bahkan tidak masalah jika ingin mengkonsumsi cemilan campuran karena proses pencernaan makanan akan jauh lebih lambat ketika dikonsumsi diwaktu yang sama. Agar dapat mencegah naiknya kadar gula dalam darah dan agar lebih kenyang sangat dianjurkan untuk menambahkan lemak sehat dan protein serta karbohidrat pada cemilan.

Itulah beberapa rekomendasi cemilan sehat bagi penderita diabetes. Jadi meskipun menderita penyakit diabetes anda tetap bisa nyemil dengan banyak jenis makanan namun harus sesuai takaran nutrisi dan pengolahan yang tepat.

By Ana Rediana - Kesehatan Jum'at, 08 Desember 2017 15:54:14

Related Post :
Tips
Tips Pengolahan Daging Kurban…

Tips Pengolahan daging kurban…

Penyakit
Mengetahui Kaitan Antara Sirosis…

Kanker hati seringkali dikaitkan…

Kewanitaan
Ini Ciri-ciri Keputihan Berbahaya…

Inilah berbagai tanda ataupun…

Penyakit
Jenis-jenis Kanker Serta Gejala…

Informasi tentang jenis-jenis kanker…

Kesehatan
Makanan Sehat untuk Bantu…

Musim hujan bisa membuat…

Manfaat
Manfaat Trigliserida dalam Tubuh…

Jika dalam kadar normal,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    0 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Makanan Sehat Yang Dianjurkan Bagi Penderita Fistula Ani

Makanan sehat yang dianjurkan bagi…

Kesehatan
Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Nyeri Sendi Lutut

Organ lutut berfungsi untuk memungkinkan…

Kesehatan
Sembelit Saat Hamil? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Kenali penyebab sembelit saat hamil.…

Kirim Pertanyaan
Top