Awas! Makan Ayam Broiler Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Ayam merupakan salah satu makanan yang cukup banyak digemari dan juga sering dikonsumsi. Berbagai menu makanan bisa dibuat dengan bahan dasar ayam. Bahkan, anak-anak juga sangat menyukai makanan yang satu ini. Selain itu, harganya yang lebih murah dibandingkan dengan daging sapi ataupun kambing, menjadi salah satu alasan daging ayam banyak dipilih sebagai menu sehari-hari. 

Ada beberapa jenis ayam yang biasa dikonsumsi, yaitu ayam kampung dan ayam potong atau ayam broiler. Tekstur kedua jenis ayam ini berbeda, ayam broiler terasa lebih empuk daripada ayam kampung. Sedangkan ayam kampung memiliki daging yang lebih berserat. 

Namun, ayam broiler lebih banyak dipilih daripada ayam kampung. Hal ini dikarenakan harga ayam broiler lebih murah. Secara umum, usia pertumbuhan ayam broiler terbilang relatif lebih cepat dibandingkan dengan jenis ayam lainnya.


Banyak yang beranggapan bahwa kedua ayam ini memilki kandungan gizi yang sama Padahal, keduanya sungguh sangat berbeda. Ayam kamping dinilai lebih bergizi karena tidak ada suntikan zat kimia dalam tubuhnya. Ayam ini dibiarkan tumbuh dan berkembang bebas di alam. Sedangkan ayam broiler biasanya diternak dikandang khusus. Peternak juga biasanya akan menambahkan zat kimia dengan tujuan agar ayam terlihat lebih berisi. 

Karena hal tersebutlah, ayam broiler memiliki beberapa dampak negatif bagi kesehatan. Berikut ini merupakan bahaya makan ayam broiler bagi kesehatan yang patut diwaspadai, diantaranya :

  • Pubertas dini pada perempuan

Ayam broiler yang disuntik hormon secara rutin agar lebih cepat dipanen bisa menyebabkan pubertas dini. Hal ini disebabkan karena hormon yang diberikan biasanya sejenis hormon steroid, yang pada umumnya disuntik melalui leher dan sayap ayam. Hormon ini akan mengendap di dalam daging, khususnya di bagian tubuh yang disuntik. Karena zat ini tidak alami, maka kemungki8nan besar akan berakibat tidak baik bagi kesehatan. 

  • Gangguan pencernaan

Ayam broiler sangat identik dengan bakteri dan virus. Bakteri yang paling sering ditemukan di ayam broiler adalah bakteri salmonella dan bakteri Eschericia Coli. Bakteri Salmonella adalah bakteri yang dapat memicu penyakit tipes, sedangkan bakteri Eschericia Coli berperan aktif dalam terjadinya gangguan pencernaan dalam tubuh. Beberapa gangguan pencernaan yang bisa timbul akibat bakteri ini diantaranya adalah diare dan infeksi usus. Untuk menghindari bahaya ini, maka pastikan bahwa ayam dimasak dengan matang sempurna. 

  • Risiko gangguabn pernapasan

Pada ayam broiler biasnaya terdapat berbagai bakteri dan kotoran. Adapun bakteri yang tumbuh adalah Staphylococcus aureus. Jika bakteri ini masuk ke dalam tubuh manusia, maka bisa berisiko memicu timbulnya gangguan pernapasan. Ini sangat tidak baik bagi tubuh jika tidak segera ditangani. 

  • Gangguan kulit

Orang yang terlalu sering mengonsumsi ayam broiler, terutama yang tidak dimasak dengan benar dan matang, maka akan berisiko terkena alergi dan berbagai gangguan kesehatan kulit lainnya. Gejala awal yang timbul antara lain kulit di beberapa bagian tubuh akan terasa gatal, timbul ruam merah, bahkan hingga timbul bintil-bintil merah yang terasa panas. Salah satu jenis alergi kulit yang dapat terjadi adalah eksim atopik. Jika gejala gangguan kulit atau ciri-ciri alergi ini timbul, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. 

  • Tubuh kebal antibiotik

Antibiotik merupakan jensi obat yang paling umum digunakan untuk mencegah timbulnya penyakit akibat bakteri. Jika tidak menggunakan antibiotik, mungkin ayam broiler tidak banyak yang bisa bertahan hidup hingga masa panen. Namun, residu antibiotik dapat mengendap dalam hati dan daging ayam, kemudian masuk ke dalam tubuh manusia. 

Menurut penelitian, jenis antibiotik yang digunakan adalah penisilin. Antibiotik ini sebenarnya digunakan untuk mengobati infeksi pada manusia. Jika zat ini masuk ke dalam tubuh manusia, maka efek jangka panjangnya adalah manusia akan kebal terhadap antibiotik. Ketika tubuh sakit, maka akan sulit untuk disembuhkan. 

  • Pemicu karsinogen

Karsinogen adalah zat pemicu kanker dalam tubuh manusia. Berbagai kandungan zat kimia sangat aktif dalam memicu pertumbuhan zat ini, terlebih lagi jika penumpukan zat ini rutin setiap hari dan terjadi dalam jangka waktu yang lama. Zat karsinogen ini merupakan pemicu segala jenis kanker. 

Agar berbagai gangguan kesehatan tersebut bisa dihindari, maka mulai dari sekarang sebaiknya kita mulai sadar untuk memilah dan memilih ayam yang akan dikonsumsi. Bagi Anda yang suka makan ayam, termasuk ayam broiler, alangkah baiknya untuk memilih bagian paha dan dada. Hal ini disebabkan karena pada bagian leher, jeroan, kulit, kepala, dan ceker biasanya mengandung kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, perhatikan pula cara pengolahannya. Masak ayam hingga matang sempurna, sehingga bisa menghilangkan berbagai bakteri yang terdapat didalamnya dan mencegah timbulnya risiko penyakit. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 11 Desember 2017 11:04:01

Related Post :
Penyakit
Gejala-Gejala Kurap Yang Perlu…

Beberapa gejala yang muncul…

Kesehatan
Wajib Tahu! 10 Buah…

Selain minum obat, untuk…

Kesehatan
Makanan Yang Baik Dikonsumsi…

Ada beberapa makanan sehat…

Ibu Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Makan…

Bolehkah ibu hamil makan…

Kesehatan
Ternyata Ini Arti dari…

Pada kemasan obat sering…

Penyakit
Gejala Penyakit Brucellosis Dan…

Brucellosis merupakan infeksi yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    0 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Tak Disangka! Ternyata Keputihan Juga Memiliki Manfaat

Tidak selalu membahayakan, ternyata keputihan…

Kesehatan
Dampak Negatif Trigliserida Tinggi Bagi Ibu Hamil

Dampak nehatif trigliserida tinggi bagi…

Kesehatan
Waspadai Ini 3 Bahaya Olahraga Setelah Makan

Waspadai ini 3 bahaya olahraga…

Kirim Pertanyaan
Top