Ini Bahaya Dari Komplikasi Hipertiroid Yang Perlu Anda Waspadai!

Share dan Tag Temanmu di :

Komplikasi hipertiroid diketahui cukup membahayakan kesehatan tubuh, terlebih jika terjadi pada ibu hamil. Maka dari itu, pengobatan hipertiroid sebaiknya segera dilakukan untuk mencegah berbagai kondisi tersebut. Adapun untuk anda agar lebih mewaspadainya, anda bisa bisa menyimak ulasan singkat berikut ini.


Seperti yang kita ketahui bersama, bahwasannya sesuatu yang berlebihan, tentu tidak baik terlebih untuk kesehatan. Hal tersebut juga berlaku pada kasus kelebihan hormon tiroksin yang terjadi dalam tubuh atau yang akrab disebut dengan hipertiroid.

Hipertiroid atau hipertiroidisme ini adalah salah satu kelainan yang terjadi pada kelenjar tiroid, yang mana memproduksi hormon tiroksin secara berlebihan. Dan sebagai akibatnya, tubuh memiliki metabolsme yang tinggi dan menyebabkan tubuh menjadi lebih sering berkeringat, sulit tidur, diare, detak jantung yang terlalu cepat hingga penurunan berat badan meski nafsu makan anda tengah meningkat.

Bahaya dari kompikasi hipertiroid yang perlu anda waspadai

Meski wanita diketahui memiliki kemungkinan yang lebih besar dalam mengalami gejala hipertiroid, yakni 5-10 kali lebih besar kemungkinan dibandingkan pria, namun para pria juga tak boleh lengah akan penyakit ini. Sebab penyakit yang juga bisa di alami oleh anak hingga ibu hamil ini juga, bisa saja dialami oleh pria.

Sebab hipertiroid sendiri adalah kondisi yang sangat serius dan dapat banyak menimbulkan banyak komplikasi apabiila tidak segera diatangani. Adapun berbagai komplikasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Oftalmopati Graves

Kondisi gangguan pada mata ini oda dasarnya disebabakan oleh penyakit graves. Adapun gejala yang bisa muncul dari kondisi ini meliputio mata kering atau mengeluarkan air mata scara berlebihan, penglihatan menjadi kabur, mata bengkak, serta sensitivitas terhapa cahaya yang berlebihan.

2. Keguguran dan preeklampsia

Ini adalah bagian dari komplikasi hipertiroid pada ibu hamil yang juga adapat terjadi pada wabita hamil dengan riwayat penyakit graves. Adapun mereka yang memiliki riwayat penyakit tersebut dapat mengalami kompliaksi berupa keguguran, preeklampsia dan eklampsia (kejang-kejang pada masa kehamilan), kelahiran prematur serta bayi dengan bedan lahir rendah.

3. Hipotiroidisme

Salah satu dampak dari penngobatan hipertiroid adalah kelenjar tiroid yang terlalu sedikit menghasilkan hormon tiroksin dan triiodotironin. Dan sebagai akibatnya, terjadilah hipotiroidisme. Beberapa gejala hipotiroidisme ini diantaranya adalah kelelahan, konstipasi, sensitif terhadap dingin, depresi hingga peningkatan berat badan.

4. Badai tiroid (thyroid storm)

Adalah kondisi munculnya gejala yang parah dan tiba-tiba akibat sistem metabolsime tubuh yang terlalu cepat. Pada umumnya kondisi ini bisa terjadi pada saat hipotiroidisme tidak tertangani atau tidak terdiagnosis secepat mungkin. Selain dari pada itu, badai tiroid juga bisa terjadi akibat infeksi, kehamilan, tidak mengonsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter serta terjadinya keruksakan kelenjar tiroid akibat cedera pada leher.

Adapun badai tiroid sendiri adalah kondisi atau keadaan daraurat yang membutuhkan penanganan medis dengan segera. Adapun gejala yang meliputinya seperti nyeri dada, diare, demam, menggigil, merasa ketakutan serta kebingungan, dan kuning pada kulit dan bola mata.

5. Gangguan jantung

Apabila tidak segera mendapatkan penangan yang tepat, penderita hipertiroid juga bisa mengalami komplikasi berupa gangguan jantung seperti detak jantung yang cepat, kelainan irama jantung serta gagal jantung.

6. Osteoporosis

Sejatinya, kekuatan tulang bergantung pada jumlah kalsium dan mineral lain didalamnya. Tubuh akan kesulitan memasukan kalsium ke dalam tulang ketika terganggu dengan banyaknya hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid.

Sekian informasi yang dapat kami sampaik pada kesempatan kali ini seputar bahaya dari komlikasi hipertiroid. Semoga apa yang telah kami sampaikn dapat bermanfaat dan menjadi wawasan anda untuk lebih baik lagi menjaga kesehatan tubuh.

By Nida Saripah - Penyakit Senin, 11 Desember 2017 11:47:38

Related Post :
Kesehatan
Buah Dan Sayur Ini…

Berbagai pantangan makanan bagi…

Kesehatan
Anjuran Makanan Untuk Penderita…

Selain melakukan pengobatan, penderita…

Kesehatan
Jangan Anggap Sepele! Ini…

Meski setiap orang memiliki…

Kesehatan
Ini Penyebab Anyang-Anyangan Pada…

Ini penyebab anyang-anyangan pada…

Tips
Inilah Cara Agar Berat…

Ini beragam cara agar…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Ini khasiat dan manfaat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Ketahui 4 Bahaya Keloid Jika Tidak Segera Diobati

Ketahui 4 bahaya keloid jika…

Penyakit
Cara Mengurangi Dampak Penyakit Lupus

Penyakit lupus atau Lupus eritematosus…

Penyakit
Waspada! Ini Dia Ciri-Ciri Saluran Tuba Falopi Tersumbat

Berikut adalah tanda dan ciri-ciri…

Kirim Pertanyaan
Top