Cara Kerja Tamsulosin untuk Obati Pembesaran Prostat Jinak

Share dan Tag Temanmu di :

Anda menderita prostat? Bisa jadi Anda akrab dengan tamsulosin yang biasa digunakan untuk mengobati kondisi pembesaran kelenjar prostat jinak atau yang dikenal juga sebagai Benign Prostatic Hyperplasia (BPH). Prostat biasanya dialami oleh pria yang berusia di atas 50 tahun. Selain untuk mengobati, tamsulosin juga bisa dipakai untuk mencegah terkena kondisi BPH.


Cara kerja tamsulosin untuk obati pembesaran prostat jinak adalah dengan menenangkan serta melemaskan otot di sekitar kelenjar prostat dan saluran kemih untuk membuat urin menjadi lancar. Obat ini bisa membantu mengurangi gejala gangguan saluran kemih bawah terkait dengan penyakit BPH. Hanya dipakai oleh pria dewasa, obat ini berbentuk tablet larut dan kapsul. Perhatikan penggunaan obat ini untuk penderita yang sedang menjalani pengobatan penyakit lain dalam waktu yang bersamaan seperti operasi katarak. Hati-hati pula jika dikonsumsi oleh orang yang menderita gangguan fungsi hati atau ginjal, orang yang mengalami pusing atau biasa pingsan saat berdiri atay setelah buang air kecil, orang yang pernah mengalami reaksi alergi terhadap obat-obatan, hipotensi ortostatik, serta orang yang sedang dalam pengobatan seperti vardenafil HCL.

Dosis tamsulosin HCL dalam bentuk tablet larut maupun kapsul biasanya sebanyak 0,2 sampai 0,4 miligram sebanyak satu kali per hari. Hal ini setara dengan 183,5 sampai 367 mikrogram tamsulosin. Tamsulosin berupa tablet larut sebaiknya dikonsumsi setelah makan dengan diletakkan di atas lidah sampai larut dengan sendirinya. Kemudian telan bersama air putih ataupun air liur. Sementara tamsulosin yang berbentuk kapsul bisa diberikan dengan maupun tanpa makanan dengan cara ditelan secara utuh dengan bantuan air putih dan jangan dikunyah maupun dihancurkan.

Dosis tamsulosin untuk obati pembesaran prostat jinak bisa berubah sesuai dengan respon tubuh dan kondisi penyakit. Efek samping tamsulosin biasanya berupa pusing, berkeringat, menjadi mudah lelah sehingga disarankan begitu beres mengonsumsi obat ini, Anda harus banyak berbaring sampai gejala hilang. Penggunaan obat ini juga berdampak pada kemampuan berkendara sehingga tidak dianjurkan untuk berkendara sebelum reaksi obat menghilang. Dilarang untuk mengonsumsi tamsulosin bersama dengan alkohol, minuman berkafein, dan rokok karena bisa memperburuk reaksi obat dan bisa meningkatkan risiko efek samping.

Kenali pula efek samping dan bahaya dari penggunaan tamsulosin untuk obati pembesaran prostat jinak seperti sakit kepala, gatal, ruam kulit, gelisah, penurunan tekanan darah, kelelahan, ikterus, gangguan pencernaan, palpitasi, gangguan fungsi organ hati, obstruksi nasal, hipotensi ortostatik, takikardia, kebocoran urin penyebab mengompol, edema, hingga gangguan ereksi.


By Sri Maryati - Obat Kimia Kamis, 04 Agustus 2016 13:31:18

Related Post :
Penyakit
Mengenal Lebih Jauh Tentang…

Mengenal lebih jauh tentang…

Kesehatan
Ini 5 Pantangan Makanan…

Berikut adalah pantangan makanan…

Ibu Dan Anak
Anak Sering Berteriak ?…

Berteriak bisa menjadi kebiasaan…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Aorta Dissection…

Setelah lama tak terdengar…

diet
Berani Coba Metode Penurunan…

Saat ini ada banyak…

Penyakit
Hindari Makanan dan Minuman…

Selain polusi udara, rokok,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Haloperidol Obat Untuk Masalah Kejiwaan

Haloperidol Obat Untuk Masalah Kejiwaan…

Obat Kimia
Propanolol Obat Untuk Mengatasi Masalah Pada Jantung

Propanolol obat untuk mengatasi masalah…

Obat Kimia
Obat Penetralisir Asam Lambung Aluminium Hidroksida

Obat Penetralisir Asam Lambung Aluminium…

Kirim Pertanyaan
Top