Cara Mengobati Hipertiroid Dengan Cepat Secara Tradisional

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mengobati hipertiroid tak harus selalu dengan perawatan medis, melainkan juga dapat dilakukan dengan beberapa bahan alami yang bisa kita dapatkan dengan mudah di rumah. Adapun untuk mengetahui informasi selengkapnya, anda bisa menyimak informasi berikut.


Hipertiroid adalah salah satu dari jenis-jenis penyakit tiroid. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwasannya  kelenjar tiroid sendiri adalah kelenjar berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak pada bagian depan leher. Kelenjar ini sendiri menghasilkan hormon tiroid yang memiliki fungsi penting dalam berbagai proses kimiawi di dalam tubuh manusia.

Hipertiroid atau yang di sebut dengan kelenjar tiroid overaktif ini sendiri adalah suatu kondisi dimana hormon tiroksin yang juga di hasilkan oleh kelejar tiroid terlelau berlebih. Dan kondisi semacam ini dapat mengganggu proses metabolisme didalam tubuh. Pada umumnya, kondisi hipertiroid ini lebih banyak dialami oleh wanita berusi 20 hingga 40 tahun. Namun meski begitu, pria maupun anak-anak juga tak menutup kemungkinan dapat mengalami kondisi ini.

Adapun berapa diantara gejala hipertiroid diantaranya adalah:

  • Mengalami penurunana berat badan secara drastis
  • Tubuh mengeluarkan keringat secara berlebihan
  • Suasana hati cepat berubah
  • Mengalami tremor atau gemetaran
  • Telapak tangan berwarna kemerahan
  • Rambut mengalami kerontokan secara tidak merata
  • Siklus menstruasi menjadi tidak teratur
  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar tiroid dan berdampak jug pada leher
  • Detak jantung menjadi tidak teratur
  • Timbulnya ruam pada kulit
  • Mata terlihat menonjol
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meski banyak penderitanya yang melakukan pengobatan secara medis, namun nyatanya pengobatan hipertioid juga bisa dilakukan dengan nonmedis atau secara alami, jika gejala yang dialami masih tergolong nasih ringan.

Cara mengobati hipertiroid dengan cepat secara tradisional

Jika anda kini terdiagnosisi mengalami hipertiroid dengan status ringan, anda bisa mencoba beberapa metode pengobatan berikut yang memanfaatkan bahan alami yang bisa anda dapatkan di rumah maupun lingkungan sekitar anda. Adapun rincian informasinya daalah sebagai berikut.

1. Ciplukan

Cara mengobati hipertiroid dengan ciplukan bisa menjadi laternatif pertama yang bisa anda lakukan. Untuk itu, anda bisa memanfaatkan seluruh bagian dari tanaman ciplukan tersebut, baik itu akar, batang daun maupun buah lainnya. Adapun cara memanfaatkannya adalah sebagai berikut:

- Keringkan tanaman ciplukan di bawah sinar matahari  secara tidak langsung.
- Kemudian rebus tanaman ciplukan yang telah kering tadi dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa hanya setengahnya.
- Setelah dingin, minum ramuan tersebut 2 kali sehari, yakni pagi dan sore hari.

Adapun terdapat penelitian terkait khasiat ciplukan sebagai obat hipertiroid sudah terbukti, dengan adanya suatu penelitian yang dilakukan oleh Mahmood Vessal dari Shiraz Universityof Medical Sciences, yan mana telah membuktikan bahwasannya tanaman ciplukan mampu mengatasi hipertiroid. Penelitian tersebut juga dilakukan dengan menyuntikan ekstrak tanaman ciplukan pada tikus betina dewasa. Dan hasilnya terbukti, bahwa ekstrak ciplukan mampu menjadi imunomudulator atau peningkat kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya pembengkakan kelenjar tiroid.

2. Kulit manggis

Kulit manggis adalah bahan herbal yang kaya akan kandungan antioksidan didalamnya. Selain berguna untuk pengobatan alami hipertiroid, kulit manggis juga di ketahui cukup efektif dalam mencegah perkembangan sel kanker didalam tubuh. Adapun jenis antioksidan yang terdapat di dalam kulit manggis adalah bernama xhantone. Senyawa tersebut berguna untuk mencegah terjadinya pemebengkakan kelenjar hipertiroid serta menekan perkembangan sel kanker yang bisa saja muncul pada pemebengkakan kelenjar tiroid tersebut.

Adapun untuk pemanfaatannya, anda hanya perlu mengeringkan kulit manggis kemudian merebusnya dengan beberapa gelas air. Minum ekstrak ramuan kulit manggis tersebut secara rutin 2 kali sehari. Adapun jika anda nggan membuat ramuan ekstrak kulit manggis, maka anda bisa membeli ekstrak kulit manggis yang bisa anda temukan di toko-toko obat.

3. Daun sirsak

Daun sirsak juga diketahui memiliki efek yang sama bagi tubuh seperti halnya pada kulit manggis, yakni memiliki peranan yang cukup penting sebagai antioksidan yang mampu melawan perkembangan sel kanker didlam tubuh. Daun sirsak sendiri diperkaya dengan kandungan senyawa acetogenin yang memiliki daya kerja 10.000 kali lebih kuat diabndingkan dengan kemoterapi.

Keefektifan daun sirsak tersebut itulah yang berguna untuk mencegah pembengkakan kelenjar tiroid dan juga menormalkan produksi hormon tiroksin didalam tubuh sehingga proses metabolisme didalam tubuh kembali normal. Untuk mengobati hipertiroid dengan menggunakan daun sirsak anda bisa merebus 5 lembar daun sirsak dengan menggunakan 2 gelas air sehinggahanya tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin, anda bisa meminum air rebusan daun sirsak tersebut setiap pagi dan sore hari.

4. Buah mengkudu

Siap yang menyangka buah mengkudu juga ternyata bisa kita manfaatkan sebagai cara menagatasi penyakit hipertiroid. Adapayn berbagai kandungan senyawa yang terdapat didalamnya yang bermanfaat dalam pengobatan hipertiroid dioantaranya adalah xeronine, alizarin, Lycine, arginine, prexorinine dan juga scolopetin. Didalamnya juga mengandung sifat antialergi dan juga antiradang sehingga juga efektif untuk mengatasi gejala hipertiroid seperti pembengkakan kelenjar tiroid maupun gejala ruam pada kulit.

Selain dari pada itu. kemungkinan berkembangnya sel kanker pada kelenjar tiroid juga bisa diatasi dengan mengonsumsi buah sekaligus herba ini. Adapun untuk mengatasi hipertiroid, anda cukup mengonsumsi langsung buah mengkudu atau juga mengonsumsinya dalam bentuk jus maupun ekstrak buah mengkudu dalam bentuk kapsul.

5. Bekatul

Mungkin anda tak pernah menyangka sebelumnya bahwa bekatul juga ternyata berguna untuk mengatasi masalah hipertiroid. Dan yang menjadi alasannya adalah karena bekatul kaya akan kandungan vitamin B5. Adapun manfaat dari vitamin B5 sendiri adalah mampu menormalkan proses metabolisme didalam tubuh kita. Dan seperti apa yang telah dijelaskan sebelumnya, akibat dari hipertiroidisme ini fungsi metabolisme tubuh akan terganggu.

Adapun dengan menognsumsi bekatul ini, gejala metabolisme yang terganggu tersebut di percaya bisa segera teratasi. Dan adapun selain mengatasi penyakit hiper tiroid, mengonsumsi bekatul juga bisa berguna untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya seperti hipotiroid, kencing manis, kolesterol tinggi serta berbagai jenis macam penyakit lainnya yang mampu menyebabkan metabolisme tubuh menjadi terganggu.

Adapun jika gejala hipertiroid yang anda alami cukup berat dan parah, ada baiknya anda segera memerikasakannya ke pusat kesehatan terdekat dan jangan dibiarkan begitu saja. Sebab, bahaya dari komplikasi hipertiroid sendiri dapat membahayakan kesehatan tubuh anda.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar cara mengobati hipertiroid secara tradisional. Semoga apa yang telah kami informasikan dapat bermanfaat dan menjadi referensi alternatif yang tepat untuk pengobatan penyakit nanda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Alami Selasa, 12 Desember 2017 14:04:34

Related Post :
Manfaat
Manfaat Daging Belut Bagi…

Mengingat begitu banyaknya kandungan…

Penyakit
Ini yang Perlu Anda…

Sebagian besar kasus kanker…

Manfaat
Manfaat Vitamin B6 untuk…

Vitamin B6 selain baik…

Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Buah Leci…

Bahaya mengonsumsi leci saat…

Obat Kimia
Efek Samping Obat Palsu…

Peredaran obat palsu ditengah-tengah…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Obat Herbal Hidrosalping Paling Ampuh Tanpa Operasi

Obat herbal hirosalping atau penumpukan…

Alami
Cara Mengatasi Penebalan Dinding Rahim Dengan Bahan Alami

Cara mengatasi penebalan dinding rahim…

Alami
Minuman Segar yang Berkhasiat Sebagai Obat Asam Urat

Selain obat, ternyata ada resep…

Kirim Pertanyaan
Top