Manfaat Gula Merah Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Siapapun pasti mengenal gula merah, terutama bagi mereka yang menyukai makanan atau minuman manis. Gula merah biasanya digunakan sebagai tambahan bumbu masak, bahan untuk membuat makanan atau minuman manis. 

Gula merah atau gula aren merupakan pemanis yang dibuat dari nira yang berasal dari tanda bunga jantan pohon enau. Gula aren biasanya juag diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarha palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan.


Gula merah dikenal sebagai gula alami karena pengolahannya yang masih dibuat secara tradisional (khusunya di Indonesia) tanpa campuran bahan kimia didalamnya. Gula merah juga dikenal sebagai gula yang memiliki rasa manis khas. Selain itu, gula merah juga dikenal sebagai salah satu gula yang memiliki segudang manfaat mengagumkan bagi kesehatan tubuh. 

Gula merah memang memiliki harga yang lebih mahal dari gula pasir, namun hal ini sesuai dengan manfaat dan khasiat dari gula merah itu sendiri. Didalam gula merah ini dipercaya terkandung beberapa nutrisi dai vitamin yang diperlukan tubuh. 

Beberapa study menyebutkan bahwa didalam gula merah terkandung vitamin C, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, seng, zat besi, tembaga, beberapa fitonutrein, polifenol, falvonoid, dan Anthocyanidin. Selain itu, gula merah juga dipercaya mengandung sejumlah nutrisi lain berupa vitamin B inositol yang dapat membantu menenangkan perasaan dan membuat tubuh lebih kuat serta berstamina. 

Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, maka tak jeran jika gula merah kaya akan khasiat serta manfaat yang mengagumkan bagi tubuh. Berikut ini manfaat gula merah bagi kesehatan yang jarang diketahui, yaitu diantaranya :

Mengatasi masalah pencernaan

Bagi Anda yang ingin memiliki sistem pencernaan yang sehat, cobalah untuk mengganti gula pasir pada minuman sehari-hari dengan gula merah. Cara ini akan membantu Anda untuk mendapatkan sistem pencernaan yang sehat dan terawat.

Mencegah anemia

Sebagai sumber zat besi yang baik, gula merah sangat dipercaya mampu mengatasi masalah kurang darah ataupun anemia. Konsumsi gula merah setidaknya 1 gram sehari untuk membantu mencegah anemia dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Meredakan nyeri saat menstruasi

Nyeri saat datang bulan merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh wanita. Untuk meredakan nyeri ini, Anda bisa memanfaatkan gula merah. Makan sedikit gula merah utuh, lalu istirahat. Nyeri menstruasi ini akan berkurang secara perlahan. Agar nyeri lebih cepat reda, Anda bisa membuat ramuan dari gula merah dan kunyit. Caranya, parut 2 rimpang kunyit, peras dan campur dengan satu gelas air. Masak air kunyit dengan 20 gram gula merah hingga mendidih. Tunggi pati kunyit mengendap dan minum ramuan kunyit ini.

Mencegah asma

Beberapa study menyarankan agar penderita asma mengonsumsi gula merah alami untuk mengatasi penyakit asma yang dialaminya. Sifat anti alergi yang terkandung dalam gula merah menjadi salah satu alasan mengapa gula tradisional ini dikatakan bisa mencegah bahkan menyembuhkan penyakit asma. 

Mengobati dan mencegah jerawat

Jerawat memang merupakan masalah kulit yang menjengkelkan dan sulit untuk diatas. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena cukup dengan memanfaatkan gula merah sebagai masker wajah, maka masalah jerawat bisa diatasi. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam gula merah sangat dipercaya dapat mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat di wajah ataupun bagian tubuh lainnya.

By Sri Maryati - Manfaat Selasa, 12 Desember 2017 15:29:38

Related Post :
Penyakit
Penyebab Utama Terjadinya Migrain…

Penyebab utama terjadinya migrain…

Kesehatan
Haid 2 Kali Dalam…

Beragam penyebab haid 2…

Kesehatan
Salah Membersihkan Telinga Bisa…

Salah membersihkan telinga dengan…

Ibu Dan Anak
Kenali Gejala Penyakit DBD…

Mengenali gejala penyakit DBD…

Kesehatan
Selalu Merasa Lapar Jika…

Mayoritas masyarakat Indonesia menjadikan…

Alami
Obat Gejala Tipes Pada…

Berikut ini merupakan beberapa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Kandungan dan Manfaat Terong Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan dan manfaat terong untuk…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Temu Giring Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Berikut adalah manfaat temu giring…

Manfaat
Inilah Manfaat Sehat Lada Hitam Selain Sebagai Bumbu Dapur

Selain dijadikan sebagai bumbu dapur,…

Kirim Pertanyaan
Top