Ada Benjolan Di Leher? Awas Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius!

Share dan Tag Temanmu di :

Adanya benjolan di leher mungkin sangat meresahkan mereka yang tengah mengalaminya. Meski pada dasarnya benjolan di leher diketahui  tuidak berbahaya, namun pemeriksaan secara teliti tetap perlu di lakukan sebaba bisa jadi benjolan tersebut merupakan salah satu diantara tanda dan gejala dari penyakit serius.


Mungkin sebagain orang pernah atau sedang memiliki benjolan di leher mereka.  Entah itu benjolan di leher, sebelah kiri, kanan, depan maupun bagian belakang. Benjolan tersebutpun bisa terasa nyeri atau tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali  saat di pegang. Teksturnyapun bisa lembek maupun keras. Namun yang menjadi pertanyaan utamanya adalah, apakah benkolan di leher berbahaya ?

Adapun untuk mengetahuinya, anda bisa menyimak beberapa penyebaba benjolan dileher berikut ini.

Penyebab benjolan dileher yang bisa menjadi petanda penyakit serius

1. Pembengkakan kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar di tubuh yang bentuknya mirip dengan kupu-kupu dan berada tepat tenggorokan anda. Pada dasarnya, kelenjar ini tidak terlihat. Namun akibat beberapa sebab, kelenjar ini bisa menimbulkan penyakit tiroid, membengkak serta menimbulkan benjolan dileher atau yang kerap disebut dengan gondok. Adapun pembengkakan tersebut bisa disebabakan oleh banyak hal seperti kekurangan yodium, kelenjar terlalu atau kurang aktif hingga kanker tiroid.

2. Pembengkakan kelenjar getah bening

Pembengkakan ini pada umumnya terjadi pada saat tubuh mengalami infeksi, diantaranya seperti infeksi tenggorokan, infeksi gigi, pilek, campak, TBC, autoimun (lupus) dan sifilis. Adapun benjolan yang timbul di leher bisa kempeas dengan sendirinya seiring kondisi kesehatan anda mulai membaik.

3. Kista

Bejolan dileher juga bisa disebabakan oleh kista.  Coba anda pegang benjolan di leher anda tersebut. Jika bentuknya kecil, teraba, dan seperti sebuah kacang dan begeser di bawah kulit jika di tekan, bisa jadi benjolan dapat hilang dengan sendirinya tanpa bantuan pengobatan apapun.

4. Batu dikelenjar ludah

Bahan kimia yang terdapat air liur juga terkadang bisa mengendap dan membentuk batu kecil. Batu tersebut pada dasarnya menyumbat air liur ke dalam mulut anda. Kondisi ini pula tak jarang menyebabakan pembengkakan dileher.

5. Kanker

Diantara semua penyebab benjolan di leher, kanker merupakan pemicu terjadinya benjolan di sekitar leher yang paling menakutkan. Anda sangat beresiko memiliki benjolan yang bersifat kanker jika menjalani gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan juga mengonsumsi minuman yang beralkohol. Nah, pada daarnya kanker mulut, lidah, pita suara dan tenggorokan akan menyerang mereka yang terus meneruskan kebiasaan ini.

Selain dari pada itu, adanya benjolan dileher juga bisa menjadi pertanda anda mengidap leukimia atau kanker darah, kanker payudara dan juga kanker paru-paru. Adapun resiko terkena kanker akan lebih tinggi jika anda berusia diatas 40 tahun.

6. Pertumbuhan kulit berlebih atau skin tag

Kondisi ini biasanya terjadi pada saat kulit sering bergesekan dengan kulit dibagian lain atau bergesekan dengan pakaian sehingga kulit ditumbuhi oleh daging kecil berwarna kecoklatan mirip kutil. Kondisi ini umum terjadi, tidak merasakan rasa sakit, tidak berbahaya dan juga bisa hilang dengan sendirinya. Kondisi ini sendiri bisa dialami oleh siapa saja, terutama penderita diabetes, obesitas, wanita hamil dan juga orang tua akan lebih umum mengalami kondisi ini.

Namun terlepas dari berbagai penyebab tersebut, untuk lebih memastikan apakah benjolan yang anda miliki berbahaya atau tidak, coba anda perhatikan benjolan dengan seksama, apakah benjolan ayang anda miliki memiliki kriteria sebagai berikut?

  • Perhatikan, apakah anda memiliki benjolan tidak kunjung kempes hingga lebih dai sebuulan.
  • Terlihat terus membesar
  • Terasa mengeras atau tidak bergerak saat disentuh
  • Diiringi dengan demam, sulit menelan, mengalami penurunan berat badan, peningkatan denyut jantung, suara serak, adanya darah pada air liur hingga terjadi perubahan kulit.

Nah, apabila anda memiliki benjolan dengan kriteria yang telah disebutkan diatas, ada baiknya anda segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dan dokter kemungkinana akan menyarankan anda untuk menjalani beberapa tes untuk mengecek penyebab munculnya benjolan tersebut. Adapun beberapa tes yang mungkin akan anda jalani diantaranya adalah tes darah, HIV, X-ray, USG, MRI serta biopsi.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar berbagai penyebab benjolan di leher. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi anda agak lebih baik dalam menjaga kesehatan.

By Nida Saripah - Kesehatan Rabu, 13 Desember 2017 11:05:49

Related Post :
Kesehatan
4 Kebiasaan Buruk Penyebab…

Mengetahui 4 kebiasaan buruk…

Alami
Ramuan Alami Untuk Mengobati…

Ramuan alami untuk mengobati…

Kesehatan
Heboh! Pil PCC Sebabkan…

Penyalahgunaan pil PCC seperti…

Manfaat
Tak Terduga! Inilah Manfaat…

Selain dijadikan bubur sagu…

Kesehatan
Ternyata Ini Arti dari…

Pada kemasan obat sering…

Penyakit
Waspadai Ini Ciri-ciri Tipes…

Waspadai ini ciri-ciri tipes…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Awas! Makan Ayam Broiler Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

Daging ayam termasuk makanan yang…

Kesehatan
Ini Penjelasan BPOM Terkait Viralnya Kopi Instan Mudah Terbakar

Baru-baru ini masyarakat dihebohkan dengan…

Kesehatan
Ini Bahayanya Bila Terlalu Banyak Minum Minuman Kemasan

Selain menyebabkan obesitas, ini bahaya…

Kirim Pertanyaan
Top